Forum Diskusi Kota

form login member

Email:

Password:

9 Top Users

Members Online

NO Judul Kategori All
1 UKM Semarang
Berbagi info baik trik dan tips seputar dunia UKM beserta penyajian produk barang dan jasa yang dijalani oleh pelaku UKM Kota Semarang
14
2 Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air-Energi Sumber Daya Mineral Kota Semarang
 Sebagian ratus bangunan liar menutupi saluran air di ruang Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air-Energi Sumber Daya Mineral Kota Semarang, Jawa Tengah, katakan sebagian ratus bangunan liar itu berdiri di atas saluran air.

Pelaksana Pekerjaan (Plt) Kepala PSDA-ESDM Kota Semarang Ayu Enthys menjelaskan, dalam revitalisasi Kota Lama, menurut Ayu, Dinas PSDA-ESDM kebagian pekerjaan membereskan dan menormalisasi saluran-saluran air, sebab saat ini sudah banyak yang mampet dan ditutupi oleh bangunan liar.

Ia menjelaskan sebenarnya sudah melakukan langkah normalisasi saluran air yang dimulai penertiban bangunan-bangunan liar dengan melibatkan SKPD tentang, adalah unit polisi pamong praja (PP). " Memang belum semuanya (saluran dibenahi, red.), masih tetap sedikit. Namun, sudah kami mulai. Periode waktu dekat, kami akan selekasnya memberikan pengaturan saluran-saluran air di Kota Lama, " kata dia di Semarang, Jumat (14/4) usai pertemuan Badan Pengelola Ruang Kota Lama (BPK2L) Semarang dengan unit fitur kerja daerah (SKPD) tentang buat mengupas inspirasi revitalisasi ruang Kota Lama.

Ayu mencontohkan saluran air yang ada di sepanjang Jalan Kepodang, Semarang, yang banyak tertutupi bangunan liar jadi satu diantaranya prioritas pengaturan yang selekasnya digerakkan Dinas PSDA-ESDM. Menurut dia, langkah persuasif selalu diprioritaskan dalam penertiban bangunan liar sebagai konsekwensi normalisasi saluran air, salah satunya dengan mengajak yang punyai bangunan berkomunikasi.

" Kami sudah berkomunikasi dengan sebagian yang punyai bangunan. Rata-rata mereka sudah menyetujui walau terdapat beberapa yang masih tetap 'ngeyel'. Ya, kami dekati. Kami akan bekerja bersama dengan satpol PP, " tukasnya.

Bukan hanya itu, ia menjelaskan koordinasi dengan pemangku tempat setempat, adalah kecamatan dan kelurahan diistemewakan agar system penertiban bangunan liar yang ada di Kota Lama jalan lancar. " Bangunan niat doa puasa liar di atas saluran air akan dihilangkan. Mereka (yang punyai bangunan) yang sekarang ini menempati sudah bersedia dirapikan. Tinggal tunggulah waktu saja. Yang tentu, selekasnya, " tegasnya.

Diawalnya, Ketua BPK2L Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menerangkan pengaturan ruang Kota Lama Semarang melibatkan lintas bagian atau antarSKPD tentang, termasuk Dinas PSDA-ESDM buat saluran air. " Setiap SKPD tidak bisa jalan sendiri, namun harus keduanya sama kompliti, seperti kesusahan kebersihan, saluran air, jalan, hingga perizinan, " kata Ita yang juga Wakil Wali Kota Semarang.
1
3 Peminat Apartemen di Kota Semarang Masih Rendah
Kesukaan warga Kota Semarang tinggal di apartemen dinilai masihlah rendah. Keadaan itu di pengaruhi oleh tingkat kemacetan di pusat Kota Semarang masihlah rendah serta akses masuk kesana masihlah enteng ketimbang kota besar lain.

“Itu argumen mengapa ketertarikan menghuni apartemen di Kota Semarang tidak saat tinggi, ” kata Wakil Ketua Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah Sektor Tata Ruangan Joko Santoso, Senin, 22 Agustus 2016.

Menurut Djoko, tingkat kemacetan di Kota Semarang yang masihlah rendah dan akses menuju pusat kota dari daerah pinggir yang condong niat sholat mayit enteng membuat penduduk Kota Semarang ada banyak menentukan rumah perumahan. “Ini membuat perumahan di pinggir lebih laris ketimbang apartemen, ” kata Djoko, mengimbuhkan.

Ia sebutkan, dari tujuh apartemen di Kota Semarang, satu salah satunya yang telah dapat di huni masihlah minim peminat. Meskipun tidak menyebutkan angka terang, Djoko sangat percaya dari jumlah itu cuma sedikit yang doa sholat tahajud membeli serta duduki. “Kalaupun ada yang membeli, cuma buat investasi. Mereka yang banyak uang, ” tukasnya.

Direktur paling utama PT Propernas Chavidz Ma'ruf, salah satunya pengelola apartemen di Kota Semarang, menjelaskan lagi tengah menggenjot penjualan apartemen yang lagi tengah ia bangun. “Kami lagi tengah mengoptimalkan tata cara sholat hajat penjualan block sell disektor produktif. Banyak pada investor luar kota yang telah tertarik beli blok-blok itu, ” tukasnya.

Chavidz bangun apartemen Sentraland yang di kembangkan PT Propernas Griya. Apartemen itu disadari sebagai salah satunya usaha menyangga bacaan tahlil pembangunan Kota Semarang sebagai prinsip Perumnas dalam wujudkan rumah tengah kota. “Kami membidik habis (dipesan) pada akhir th. ini, ” tangkisnya.

Menurutnya, harga apartemen di Sentraland pada Rp 700 juta sampai Rp 1, 4 Miliar, sedang unit Kondotel di jual dengan harga Rp 1, 4 miliar sampai Rp 1, 6 miliar. Tidak cuman itu, dia sedia kan kantor dengan harga Rp 29 juta per mtr. persegi
0
4 Ini Cara Wali Kota Semarang Tangani Banjir Rob di Rumah Warga
Banjir rob di Kota Semarang, Jawa Tengah, tdk cuma menggenangi jalan raya. Rob nyatanya juga menggenangi perumahan masyarakat, lebih-lebih mereka yang tinggal di dekat aliran sungai Babon serta kali Banger.

Beraneka langkah dijalankan buat kurangi debet air pakai supaya tak senantiasa ada dirumah masyarakat. Pemerintah Kota Semarang juga punya tiga langkah buat melaksanakan “operasi” pengeringan rob.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memaparkan tiga cara barusan, yakni dengan merawat saluran air, mengerahkan dinas pemadam ucapan tahun baru islam kebakaran serta bikin tanggul darurat. Tiga cara barusan diklaim dapat bikin lokasi pemukiman masyarakat jadi kering dari air pakai.

“Cara itu telah bisa di buktikan sanggup memberikannya perlakuan yang optimal. Tempo hari di daerah Bugangan yg tidak pernah tidak ada dari genangan air, tetapi saat ini daerah itu udah kering, ” kata Hendrar dalam launching yang di terima, Senin (15/8/2016).

Usaha merawat saluran air dijalankan puasa bulan muharram supaya warga tak buang sampah di bantaran sungai. Apabila tertutup sampah, sungai bakalan tidak dapat optimal menyimpan air sampai pada gilirannya air meluber ke daratan.

Teristimewa usaha itu, Wali Kota memberikan tugas petugas buat mengawasi saluran air. Apabila diketemukan sampah, petugas diperintah mengambil sesegera barangkali.

Sesaat usaha membawa Dinas Pemadam Kebakaran lantaran mobil pemadam dapat masuk ke rumah-rumah masyarakat.

“Mobil pemadam kebakaran kami minta buat gambar ucapan tahun baru islam menyedot air rob yang menggenangi tempat tinggal warga lantas dibuang ke kali besar, ” lanjutnya.

Mobil pemadam kebakaran ini nampak menyedot air di selama Sungai Banjir Kanal Timur, lebih-lebih di lokasi Barito, Semarang.

Sesaat langkah paling akhir yakni dengan khutbah jum'at penyiapan tanggul darurat dengan mengfungsikan anyaman bambu. Anyaman bambu itu jadi di isi material pasir membuat suatu tanggul buat penahan air.

Pengentasan problem rob di Kota Semarang sendiri masuk sebagai salah satunya prioritas kemampuan wali kota sepanjang lima th. pemerintahan. Diawalnya, wali kota juga udah menentukan rob sebagai darurat bencana.
0
5 dfdsa
[url=http://fordiskot.semarangkota.go.id/]harga[/url]
0
6 Gianyar Dinilai Tim Penilai WTN Pusat
Gianyar kembali dinilai Aktivitas Wahana Tata Nugraha (WTN) Th. 2016 oleh Tim Penilai Lapangan Step II serta III dari Kementrian Perhubungan RI. Tim penilai yang di pimpin oleh, Ariandi Ariyus, S. SiT, M. Mtr, di terima Kapala Dinas Perhubungan, Kabar serta Komunikasi (Dishubinfokom) Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa, (22/8).

Penilaian dikerjakan dengan lakukan penilaian, pemotretan dan peninjaun ke sebagian titik jalan. Peninjauan pertama dikerjakan di Terminal Batubulan lalu berlanjut ke Kantor Dishubinfokom.

Di dua tempat ini, tim penilai yang terbagi dalam 5 (lima) orang lakukan peninjauan pada sebagian samsung android fasilitas serta prasarana yang ada di kantor itu salah satunya alat uji kendaraan. Peninjauan selanjutnya, menyasar sebagian titik jalan raya dan transportasi, termasuk juga fasilitas serta prasarana yang ada.

Kepala Dishubinfokom Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa menyampaikan penilaian waktu ini adalah penilaian lapangan yang dikerjakan dengan mendatangi segera sebagai object penilaian. Sedangkan, untuk pemaparan program serta kebijakan dikerjakan (23/8). Ada 14 item penilaian WTN misalnya manajemen transportasi, keadaan jalan, rambu-rambu jalan raya, biaya transportasi sampai integritas sumber daya manusia.

Cokorda Gde Rai Widiarsa memberikan, berdasar dari raihan WTN terlebih dulu, Pemkab Gianyar selalu berusaha tingkatkan kemampuan penyelenggaraan serta operasional transportasi. Berbagai program juga dikerjakan salah satunya, pengadaan serta pemasangan ATCS (Ruang Traffic Controlling Sistem) yang dilengkapi dengan harga samsung android CCTV pemantau arus jalan raya dan pingindalian Traffic Light dari ruangan pusat kendali Dishub Infokom Gianyar. Diluar itu mengelar Car Free Day/Car Free Night, penentuan awak kendaraan umum teladan, Marka Zoss (zona selamat sekolah), dan penyuluhan keselamatan berlalu lintas.
0
7 pembangunan taman di masing-masing kecamatan
Dinas Kebersihan serta Pertamanan (DKP) Kota Semarang, Jawa Tengah merencanakan bangun 16 taman kota yang menyebar di semua kecamatan di kota itu pada 2017.

" Kami telah programkan pada 2017 kelak bakal bangun taman-taman kota di 16 kecamatan, " kata Kepala Bagian Pertamanan DKP Kota Semarang Budi Prakosa di Semarang, Sabtu.

Menurutnya, pembangunan taman di semasing kecamatan itu adalah bentuk service terkait dengan kehadiran area terbuka umum yang ada di semasing lokasi.

Dari 16 taman itu, ia mengatakan sejumlah delapan taman di bangun di kecamatan-kecamatan pinggir sebagai pengembangan, sesaat delapan taman ada di pusat kota.

" Jadi, kelak di tiap-tiap kecamatan ada taman sebagai area terbuka umum sebagai tempat warga untuk berhubungan keduanya. Ya, bersamaan keperluan warga, " katanya.

Bahkan juga, kata dia, warga yang tinggal di lokasi pinggir dapat nikmati taman di kurang lebih wilayahnya serta tidak mesti niat puasa jauh-jauh datang ke tengah kota untuk nikmati keindahan taman kota.

Untuk 2016 ini, ia menyampaikan DKP Kota Semarang telah bangun sedikitnya 5-6 taman baru, seperti Taman Pandanaran, Taman Lantas Lintas di Mangkang, sesaat selebihnya rehabilitasi taman.

" Kalau untuk taman yang direhabilitasi sangat banyak. Kami di inspirasi dari kemajuan Taman Tirto Agung di Tembalang serta Taman Jatisari di Mijen yang banyak dikunjungi warga, " tuturnya.

Jadi dari itu, Budi menyampaikan diinginkan th. untuk th. makin banyak taman yang ada di Semarang hingga dapat digunakan warga untuk berhubungan serta berkegiatan positif.

" Bagaimana bentuk atau rencananya (taman, red.), kami kemungkinan bakal selenggarakan sayembara design taman seperti di Taman Brumbungan. Jadi, desain-desainnya kan dapat lebih variasi, " tuturnya.

Selain taman lokasi di 16 kecamatan, kata dia, DKP juga merencanakan bangun sejumlah tiga taman tematik, dan penambahan estetika kota dengan bangun jalur-jalur bunga.
0
8 Stok Lawas Pemain Muda PSIS Punya Kans Isi Skuad Baru
Pelatih anyar PSIS Semarang, Subangkit setidaknya memiliki waktu sekitar satu bulan untuk menentukan pemain yang akan berlaga di musim kompetisi awal tahun depan. Dalam dua kali kesempatan bertemu, mantan arsitek Persekabpas Pasuruan  tersebut memberi sinyal jika suka dengan pemain muda yang lincah dan enerjik. Meski belum secara gamblang disebutkan akan seperti apa tetapi dengan memakai tenaga muda plus kombinasi beberapa pemain senior akan memberi keseimbangan dalam sebuah tim. Ia pun sempat menyebut Semarang punya talenta muda yang cukup bagus.

"Saya melihat Semarang punya sejumlah pemain potensial baik yang senior maupun muda. Kalau ini bisa dikombinasikan saya kira bisa jadi tim yang baik. Meski begitu saya masih harus mencari dulu siapa saja pemain muda yang pas dengan kebutuhan tim, saya masih butuh masukan," ungkapnya. Perihal perburuan pemain ini, sejumlah suporter pun ikut rembug. Menurut Roeswantiono skuad Mahesa Jenar musim kemarin sebetulnya punya cukup banyak pemain yang punya talenta.

Sekretaris Umum SneX tersebut menyebut nama nama semacam Dani Raharjanto, Ahmad Agung, Anhar serta Rio Saputra bisa dibilang punya talenta. Menurutnya para pemain muda PSIS Semarang ini cukup mengalami perkembangan yang pesat selama mengikuti turnamen ISC B kemarin. harga cctv "Saya melihat beberapa pemain muda PSIS kemarin cukup bermain bagus terus mengalami peningkatan seperti Rio, Agung, Dani dan Anhar. Dan saya rasa mereka patut untuk dipertahankan," ujarnya.

Ros, biasa disapa, mengaku selain sejumlah para pemain muda tersebut beberapa pemain senior PSIS Semarang seperti Dedi Cahyono, Harri Nur serta Johan Yoga juga pantas untuk masuk skuad baru Mahesa Jenar. Penampilan mereka termasuk yang stabil selama mengikuti ISC B lalu. "Beberapa pemain senior saya kira juga pantas untuk dipertahankan. Mereka tak hanya ikon tapi juga punya penampilan yang stabil selama turnamen kemarin, apalagi Johan Yoga termasuk striker produktif," katanya.

Sementara itu Sekertaris Umum Panserbiru, Wisnu Adi mengatakan secara umum hampir sebagian besar materi lama PSIS masih cukup baik untuk dipakai di musim kompetisi tahun depan. Meski begitu ia menyebut bahwa semua tergantung dengan keputusan pelatih sebab dia yang tahu kebutuhan dan karakter seperti apa yang diinginkan. "Saya kira materi yang lama masih banyak yang bagus. Tetapi kan semua diserahkan ke pelatih karena dia yang tau karakter seperti apa yang dibutuhkan," ujarnya.
0
9 Wisata Religi di Kota Semarang
JIKA Anda menginginkan berwisata religi, mungkin saja Semarang dapat jadikan obyek wisata yang pas. Lantaran disini ada Gua Maria sebagai tempat bermakna untuk pemeluk agama Katolik.

Di th. 1954, th. dimana paus John Paul II dideklrasikan, di th. yang sama gua ini dapat dirapihkan untuk tingkatkan kesetiaan serta ketaatan pada Bunda Maria.

Ini adalah goa ketiga di Jawa yang didedikasikan untuk Bunda Maria, terkecuali disini ada Gua Sedangsono di Yogyakarta serta Goa Maria di Sriningsih, Klaten.

Gua Maria Kerep Ambarawa atau Gua Kerep di bangun didalam goa seperti di Prancis Selatan. Goa ini berdiri diatas 5 hektar serta terdapat banyak scene sebagai kunci momen kehidupan Jesus. Ini termasuk juga Laut dari Galilee, ucapan tahun baru 2017 Sungai Yordania, Buket Kana, Dibawah pohon Fig Tree, Jalan untuk menyebrang serta Pusaran Jesus.

Gua Maria Kerep ini telah direnovasi sekian kali hingga pada akhirnya mendatangkan sarana seperti ruang meeting serta tempat melaksanakan ibadah yang menyimpan tiga ribu orang serta tempat berdoa yang begitu besar.

Walau gampang untuk dibuka, gua ini berada jauh dari jalan tol tepatnya di Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu serta Danau Rawa Pening sebagai tempat sembahyang yang menyatu dengan alam bebas serta situasi tenang.

Langkah Menuju kesana
Seperti diambil dari Indonesia Travel, Rabu (9/11/2016), Gua Maria Kerep berada di Ambarawa, 900 mtr. dari Semarang serta Magelang, tetapi tak jauh dari Yogyakarta. Anda dapat memakai bus mini sebagai transportasi dari Yogyakarta serta mengonsumsi saat perjalana 1-2 jam.
0
10 Museum Batik Pekalongan Perkuat Promosi
Pendapatan asli daerah yang didapat dari hasil ticket masuk ke Museum Batik Pekalongan meraih Rp 56 juta atau melampaui tujuan yang ditetetapkan sebesar Rp 50 juta.

" Promosi yang selalu kami kerjakan sudah beresiko positif pada tercapainya tujuan PAD pada 2016. Tingkat kunjungan ke museum batik juga selalu bertambah, " tutur Kepala Museum Batik Pekalongan, Tanti Lusiani di Pekalongan, Jumat.

Ia menyampaikan tujuan PAD Museum Batik yang diputuskan pemkot tiap-tiap tahunnya selalu bertambah, yakni bila pada 2015 cuma Rp 45 juta naik pada 2016 jadi Rp 50 juta.

" Kami memperkirakan tujuan PAD 2017 bakal naik lagi lantaran tiap-tiap tahunnya tingkat kunjungan ke museum batik selalu bertambah. Kami optimistis tujuan PAD 2017 yang bakal diputuskan oleh pemkot bakal terlampaui, " tuturnya.

Ia menyampaikan untuk mendekatkan khutbah jum'at potensi museum batik pada kunjungan orang-orang, pihaknya bakal lakukan program membatik masuk ke swalayan.

" Yang pasti, program itu selekasnya direalisasikan oleh pemkot sebagai usaha mendekatkan kerajinan batik pada orang-orang.

Menurutnya, dalam aktivitas program membatik di swalayan ini, pemkot akan buka " workshop " membatik, mengenalkan batik, serta kursus pada warga.

" Kami mengharapkan program ini dapat digunakan oleh warga. Diluar itu, dengan lewat program ini, orang-orang semakin lebih menyukai lagi dengan kerajinan batik ini sekalian sebagai usaha tingkatkan kunjungan wisatawan ke museum batik, " tuturnya.
0
11 Jajanan Tak Sehat Ancam Siswa Sekolah di Semarang
Beberapa anak terlihat mengerubungi satu gerobak pedagang makanan keliling diluar SD Islam Siti Sulaechah 01, Jalan Mayangsari Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Semarang, Jumat (16/12), sekitaran jam 10. 00.

Anak-anak itu tampak asik terlibat perbincangan dengan sang pedagang, lalu satu per satu mereka terima jajanan yang dibeli serta menikmatinya sembari jalan.

Didik Sutardi (26), satu guru di sekolah itu, mengakui kuatir bakal kesehatan anak didiknya lantaran camilan yang dijajakan diluar lingkungan sekolah.

" Saya begitu mencemaskannya, lantaran nyaris dua bln. ini telah ada sekitaran lima peristiwa murid saya sesudah jajan diluar lingkungan sekolah mendadak sakit perut, pusing, serta terasa mual, " papar pria yang sudah mengajar di SD Islam Siti Sulaechah sepanjang lima th. itu.

Sampai saat ini ia mengakui bingung untuk melarang beberapa penjual makanan yang datang di tempatnya mengajar. Pihak sekolah harga nuriskin tidak paham jam berapakah beberapa pedagang itu datang, lantaran masihlah repot dengan aktivitas mengajar.

Walau sekian, Didik menjelaskan, terdapat banyak pedagang yang telah minta izin untuk berdagang, serta sudah diizinkan. Pihak sekolah juga sudah memberi sosialisasi berkaitan dengan dagangan yang layak untuk dikonsumsi anak-anak.

" Sesungguhnya kami telah menyosialisasikan pada pedagang tentang prasyarat makanan yang sehat untuk dikonsumsi anak. Kami dapat juga mengontrol kelayakan makanan itu bila mereka izin ke pihak sekolah (untuk berdagang-Red), " katanya.

Didik menyebutkan, pihak sekolah sesungguhnya juga sedikit terbantu karenanya ada pedagang yang sudah izin untuk berdagang, lantaran sekolahan sampai saat ini belum mempunyai kantin.

" Sebagai permasalahan yaitu pedagang yang mendadak datang serta jual jajanan tak sehat, itu dapat membahayakan kesehatan siswa kami. Saat kami temukan pedagang itu, kami segera ambillah aksi serta kami berikan peringatan, namun tetap harus masihlah dapat kecolongan, " tuturnya.

Ada yang nakal

Mengenai, Slamet, seseorang pedagang keliling di sekolah itu, mengaku, terkadang memanglah ada penjual yang nakal, mencampurkan makanan dengan bahan yg tidak semestinya, seperti minuman umumnya digabung dengan sari manis atau pemanis buatan.

" Jadi konsumen mesti waspada pada makanan yang di jual beberapa pedagang keliling, " kata pria yang telah berjualan keliling di beberapa SD ataupun SMP di Kota Semarang sepanjang 25 th. itu.

Walau sekian, pedagang yang juga warga Manyaran, Semarang itu juga pernah menjelaskan kekecewaanya pada sebagian sekolah yang melarangnya berjualan diluar lingkungan sekolah.

" Saya heran mengapa dilarang, walau sebenarnya makanan yang saya jual berani dites kebersihannya, " katanya.

Kepala Bagian Sertifikasi serta Service Info Customer Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) Kota Semarang, Aryanti mengungkap, pihaknya berbarengan pemerintah senantiasa lakukan pengawasan pada produsen makanan.

" Kami juga memberdayakan orang-orang untuk mengawasi makanan yang di jual di orang-orang. Untuk sekolah-sekolah kami mengedukasi lewat tuntunan tehnis (Bintek) mengenai keamanan pangan sekolah, namun kami juga miliki terbatasnya, lantaran ada sekitaran 21 ribu sekolah di Jateng, " tuturnya.

Aryanti mengharapkan, pihak internal sekolah mesti mengontrol serta bekerja bersama untuk keamanan pangan sekolah. " Bila ada masalah ketidaklayakan pangan, segera laporkan ke kami, " tandasnya.
0
12 Ingin Wujudkan Parlemen yang Modern
Beberapa prestasi ditorehkan DPRD Kota Semarang selama th. 2016 ini. Prestasi itu tunjukkan kemampuan DPRD Kota Semarang makin bertambah intinya dalam melakukan pekerjaan pokok serta manfaatnya. Sesuai sama amanat Undang-Undang, DPRD mempunyai pekerjaan tugas pokok yaitu sebagai legislasi atau bikin ketentuan daerah, budgeting atau biaya, serta pengawasan.

Menurut Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, selama th. 2016 instansi yang di pimpinnya sukses membuat serta mengesahkan 18 ketentuan daerah atau Perda Kota Semarang.

Perda ini ada yang datang dari usulan Pemkot, ada pula yang disebut inisiasitif anggota DPRD Kota Semarang. Hasil 18 Perda ini, menurut Supriyadi begitu utama lantaran jadi payung hukum dan guidenceuntuk membenahi Kota Semarang jadi tambah baik. ”Banyak perda yang sudah disahkan maksudnya adalah untuk tingkatkan kesejahteraan orang-orang Kota Semarang. Seperti Perda mengenai Penanggulangan Kemiskinan di Kota Semarang, maksud begitu terang bagaimana menangani masalah kemiskinan ini, ” katanya.

Berdasar pada data Bappeda Kota Semarang, angka kemiskinan di Kota Semarang meraih 367. 848 jiwa. Mereka masuk katagori begitu miskin, miskin, sholat jenazah serta nyaris miskin. Dari angka itu yang terbesar memanglah termasuk juga katagori nyaris miskin. ”Untuk yang begitu miskin serta miskin cuma 5 %, namun masih tetap saja masalah itu mesti diatasi. Lewat Perda Penanggulangan Kemiskinan diinginkan angka kemiskinan di Kota Semarang makin menyusut, ” tutur politisi asal PDI Perjuangan ini.

Perda lain yang sukses disahkan yaitu Perda 11/2016 mengenai Service Umum. Perda ini di buat dalam rencana meyakinkan service umum yang makin baik.

Terlebih, menurut Supriyadi service umum adalah satu diantara pekerjaan pemerintah untuk orang-orang. ”Melalui perda ini diinginkan service umum makin baik, akuntabel, transparan serta ada kepastian hukum, ” tegasnya.

Step Final

Di th. 2017, Supriyadi optimistis DPRD Kota Semarang dapat merampungkan 22 Raperda yang sudah disusun. Sesungguhnya, kata dia, selama th. 2016 DPRD Kota Semarang mengulas 23 raperda. Dari jumlah itu 17 raperda sukses disahkan serta lima yang lain dalam step finalisasi. ”Diharapkan kurun waktu dekat dapat disahkan, ” imbuhnya.

Tentang manfaat budgeting, sebagai mitra eksekutif, DPRD Kota Semarang berbarengan pemkot aktif membuat biaya yang berpihak pada umum.

Hal semacam ini, tuturnya, dapat tercermin dari tingginya biaya yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, serta penanggulangan kemiskinan di Kota Semarang. Diluar itu kajian juga telah sesuai sama saat yang sudah diputuskan oleh Undang-Undang. ”Seperti kajian APBD 2017 mesti disahkan pada tanggal 30 November 2016, kami dapat merampungkan pas saat, ” tuturnya. Ke depan bersamaan dengan perubahan zaman, pihaknya menginginkan wujudkan parlemen modern. Ciri paling utama parlemen modern yaitu senantiasa terbuka dengan orang-orang, akuntabel, transparan serta memakai tehnologi info untuk mempermudah dalam rencana melakukan pekerjaan pokok serta manfaatnya.

Sekarang ini DPRD Kota Semarang telah mempunyai laman resmi yang dapat dibuka oleh umum setiap waktu. ”Masyarakat dapat terhubung facebook DPRD Kota Semarang atau instagram di dprdkotasemarang. Bukan sekedar itu, DPRD juga mempunyai facebookresmi, yang dapat jadi arena sosialisasi serta hubungan dengan orang-orang. Orang-orang tak mesti menulis surat lantas di kirim ke DPRD Kota Semarang, tetapi dapat mengemukakan masukan lewat bermacam sosial media yang dipunyai DPRD Kota Semarang serta anggota DPRD Kota Semarang, ” tutur Supri, sapaan akrab Supriyadi.

Demikian pula dalam mempermudah komunikasi, DPRD Kota Semarang memakai tehnologi info. Satu diantaranya dengan kurangi seminimal mungkin saja pemakaian kertas atau paperless. ”Undangan atau yang lain dapat di kirim melalui surat elektronik hingga dapat kurangi pemakaian kertas, ” tandasnya.
0
13 Tantangan Budaya Samin, Mempertahankan Nilai Kejujuran dan Persaudaraan
SEMARANG Budaya Samin yang di kenal mempunyai banyak nilai mulia kehidupan dinilai banyak pihak butuh selalu diperkuat serta dijaga kelangsungannya dalam konteks perubahan terbaru. Kekuatan melestarikan kearifan lokal yang begitu asli Indonesia itu diinginkan ikut memperkuat tatanan kehidupan kebangsaan. Hingga, nilai kearifan lokal serta kebhinnekaan Nusantara bisa bertahan dalam hadapi tantangan baik dari dalam ataupun luar tatanan kebutuhan bangsa.

Ajaran Samin sendiri sudah demikian lama ini hadapi tantangan dari dalam serta luar lingkungannya untuk tetaplah bertahan sebagai satu diantara pagar paling akhir kebudayaan Jawa. harga keramik Walau sekarang ini ajaran Samin masihlah bisa hidup di beberapa lokasi di Blora, Pati, Kudus, Rembang, Bojonegoro serta lokasi lain di Jawa Tengah, tetapi terjangan kebutuhan yang mempolitisasi warganya dinilai semakin jadi membesar.

Ajaran ini sejatinya sama dengan kejujuran serta paseduluran (persaudaraan, red). Dengan rencana sosial ‘sedulur sikep’ yang disimpulkan kalau semuanya yaitu sedulur untuk disikep, dirangkul dengan erat, jadi harusnya permusuhan sekecil apapun tak masuk dalam tatanan hidup Samin.

Paseduluran untuk golongan samin, tak melihat ras, suku serta agama. Mereka lebih mengutamakan pada sesama mahkluk sosial ciptaan Sang Khalik, Tuhan Yang Maha Esa. Tidak cuma sesama makhluk sosial atau sesama manusia. Dengan alam, tumbuhan serta binatang juga mempunyai derajat yang sama sebagai ciptaan-Nya.

Hal semacam ini tersingkap dalam Sarasehan Budaya bertopik " Bertahan Jadi Samin ", di Taman Budaya Raden Saleh, Semarang, Kamis (15/12) tempo hari. Acara yang di gelar Sie Budaya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah bekerja bersama dengan Teater Lingkar Semarang ini di buka Ketua PWI Jateng Amir Mahmud. Ada sebagai pembicara Mbah Poso serta Mbah Lasio (Sesepuh Sedulur Sikep Samin Klopoduwur Blora), Dr Agus Maladi (pengajar FIB Undip), Moh Rosyid (peneliti Samin serta pengajar STAIN Kudus), dan Prie GS (budayawan).

Aktivis Seni Budaya Jawa Tengah Daniel Hakiki menyampaikan kalau kebudayaan mempunyai ranah sendiri yang harusnya tak dapat dibaurkan dengan sebatas keperluan duniawi orang semata, terlebih di jaman saat ini. Jika dibaurkan, di kuatirkan nilai dari kebudayaan tersebut bakal alami degradasi serta makin lama bakal ditinggalkan.

“Saat ini orang-orang Samin tengah banyak disorot. Pemahaman hidup orang Samin di rasa mulai berubah pada ranah politik. Ditandai dengan adanya banyak gerakan politik yang masif dari beberapa warganya. Warna itu yang saat ini membawakan eksistensi orang-orang Samin pada umumnya, " tutur Daniel.

Hal semacam itu di kuatirkan bisa kurangi kearifan atau keluhuran ajaran Samin tersebut. Samin harusnya senantiasa kental dengan nuansa welas asih serta kejujuran. Sebagai ajaran kebudayaan, Samin adalah ajaran yang begitu pas untuk hindari pertikaian serta persoalan. Seperti yang diyakini juga dalam histori gerakan India, melawan tanpa ada kekerasan.

Dalam peluang yang sama, peneliti Samin serta sejarawan STAIN Kudus Moh. Rosyid menilainya sudah berlangsung pergeseran gerakan Samin dari frame-work aslinya. Timbulnya gerakan bernama Sedulur Sikep saat ini jadi gerakan yang tak akan memperjuangkan hak basic wong Samin, satu diantaranya seperti pernyataan agama Adam. Gerakan Sedulur Sikep saat ini condong larut jadi LSM konvensional yang menyuarakan masukan atas gosip sosial terbaru atau penolakan atas gagasan pembangunan atau industrialisasi umpamanya.

“Padahal tak semuanya warga Samin setuju dengan gerakan perlawanan sejenis itu. Ciri khas gerakan Samin harusnya yaitu pasif, privat, otonom, serta tak berjejaring. Kredonya yaitu wong Samin weruhe te-e dewe, atau tak ikut serta masalah pihak lain”, terang Rosyid.

Menurut dia, hal yang lebih utama diperjuangkan warga Samin yaitu melawan kemiskinan yang dihadapi warga Samin akibat kegagalan pertanian lantaran ada banjir, wabah penyakit tanaman, kekeringan dsb. Imbas dari kegagalan panen, banyak warga Samin sebagai pekerja di kota atau luar negeri (TKI). Efek jelek dari lupanya menguatkan kekokohan internal orang-orang Samin itu sudah bikin hubungan warga Samin dengan sekitar lingkungan jadi terbatas atau teralienasi.

Disamping itu, satu diantara tokoh Pakar Waris Kendeng (AWK) Suyitno memiliki pendapat seirama. Telah demikian lama ini keadaan sosial serta ekonomi warga Samin yang tinggal di sekitaran Pegunungan Kendeng, Pati, tak alami pergantian yang bermakna. Sebagai contoh, dalam pola pertanian serta kwalitas kesehatan warga sedikit beralih. Cuma saja saat ini warga telah banyak yang mencari sumber penghidupan baru dalam usaha jualan serta pertukangan tempat tinggal.

Cuma saja, menurut dia, ada ketidaksamaan pandangan yang cukup tajam dalam menanggapi sebagian gagasan investasi atau industri di Pati. “Sepertiga warga Samin di Pati ada yang menampik gagasan pembangunan serta investasi. Tetapi itu tidak dapat dik
0
14 Jelang Akhir Tahun, Tiga Raperda Belum Disahkan
Sesudah di buat repot dengan kajian APBD 2017 yang berjalan dengan cara maraton, akhir November lantas. Masuk akhir th. 2016, DPRD Kota Semarang masihlah menyisahkan tiga Rancangan Ketentuan Daerah (Raperda) yang belum disahkan.

Walau sebenarnya, th. 2017 tinggal 1 minggu lebih. Menurut Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, berdasar pada tujuan awal di th. 2016, jumlah Raperda yang bakal dikerjakan sejumlah 22 buah. Tetapi, sampai saat ini baru 18 Raperda yang sudah disahkan. Hingga, bekasnya mesti selekasnya dikerjakan sebelumnya th. 2016 selesai.

“Jadi masihlah ada kajian 3 Raperda lagi. Mudah-mudah akhir th. sebelumnya saat Reses dapat disahkan sebagai Perda, ” katanya tanpa ada menerangkan tiga raperda yang disebut, Senin (19/12).

Diluar itu, menurut politisi PDI P ini, dewan juga memiliki keharusan untuk mencabut 4 Perda yang sudah dicabut oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Idealnya kata dia, setiap th. minimum dapat merampungkan 20 Raperda. Tetapi di th. 2016 dapat mensahkan kian lebih umumnya.

“Baru di th. ini dapat mensahkan 22 Raperda. Ditambah lagi ada perda yang perlu kita cabut. Kami berharap dewan dapat kerja dengan baik serta pas saat tanpa ada tidak pedulikan kwalitas Perda yang dibuat, ” harapnya.

Setelah itu tiga Raperda yang belum disahkan itu, bakal dibicarakan lewat Panitia Spesial (Pansus) yang sudah dibuat bacaan sholat berdasar pada hasil rapat Tubuh Musyawarah (Bamus). Hal semacam ini disibakkan Sekretaris DPRD Kota Semarang, Fajar Purwoto, waktu di konfirmasi tentang hal itu.

“Minggu-minggu ini tinggal dikebut beberapa pekerjaan tempat tinggal yang perlu usai, termasuk juga kajian sampai pengesahan tiga raperda supaya jadi perda. Hingga dapat jadi product hukum nanti, ” ujarnya.
0
15 Nasmoco Kucurkan Bantuan Rp 150 Juta Untuk Tiga Sekolah Binaan
SEMARANG - Nasmoco Grup menyerahkan pertolongan fasilitas prasarana kelas dambaan serta beasiswa pendidikan ke tiga sekolah basic negeri binaan, di Nasmoco Training Centre Kota Semarang, Selasa (13/12/2016).

‎Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di bagian pendidikan itu diserahkan perwakilan SDN Kembangsari 1, SDN Kembangsari 2, serta SDN Karanganyar 1 Semarang.

‎Adapun keseluruhan pertolongan untuk fasilitas pendidikan sebesar Rp 150 juta, serta beasiswa sejumlah R 40 juta.

HR&GA Division Head PT New Ratna Motor‎, Agus Dwi Parwoko menyampaikan, pertolongan fasilitas serta harga sembako prasarana pendidikan itu diinginkan bisa dipakai untuk tingkatkan mutu serta kwalitas aktivitas belajar mengajar.

" Diinginkan sekolah dapat jadi tempat belajar yang nyaman serta kondusif. Hingga meningkatkan siswa untuk meraih prestasi, " terang dia, Selasa (13/12/2016).

Mengenai beberapa peralatan fasilitas pendidikan salah satunya computer, LCD, proyektor, sound sistem, dan design kelas yang atraktif.

‎Selain pertolongan pendidikan serta beasiswa dari program binaan Nasmoco Grup, ada juga program beasiswa untuk siswa sekolah basic di semua lokasi Jateng serta DI Yogyakarta.

Program itu berjalan mulai sejak 2007 serta berkepanjangan sampai saat ini.

Totalnya setia th. ada kian lebih 1. 000 siswa yang rasakan beasiswa itu.

" Kami sadari kwalitas mengajar yang baik cuma bisa terwujud saat ada keterlibatan serta kesungguhn dari semuanya pihak, " ucap dia.

Siswa kelas V SDN Kembangsari 2 Semarang, Ahmad Maulana Dzaki‎ mengakui suka memperoleh pertolongan fasilitas serta prasarana computer untuk pendidikan.

" Ya suka, jadi dapat belajar computer di sekolah, " tuturnya.

Dzaki sapaannya, juga mengharapkan bisa makin mahir dalam memakai computer lantaran telah ada di sekolahnya.

" Saat ini telah dapat computer namun masihlah sedikit-sedikit. Bisanya main game, " ucap dia.
0
16 PLTS Semarang Ditarget Beroperasi Tahun 2018
SEMARANG - Progres Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS) dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang Semarang diprediksikan baru bakal dapat beroperasi di th. 2018. Hal semacam ini karena masihlah menanti Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memastikan siapa yang bakal bangun serta mengelola pembangkit listrik sampah.

General Manager PT PLN Persero Distribusi Jateng serta DIY. Dwi Kusnanto menyampaikan, Pemkot Semarang berbarengan PT PLN sudah di tandatangani MoU kesepakatan pembelian listrik dari bumbu seblak pemrosesan sampah TPA Jatibarang nantinya sesudah instalasi berdiri serta beroperasi.

Nanti PLN cuma untuk konsumen listrik dari pembakit listrik hasil pemrosesan sampah di TPA Jatibarang. PT PLN bakal beli listrik dari sampah seharga USD18, 77 sen atau Rp 2. 496 per kwh untuk tegangan tinggi serta menengah. Sesaat untuk tegangan rendah PLN bakal beli seharga USD 22, 43 sen atau sekitaran Rp 3. 000 per kwh. " Untuk semua infrastruktur serta pengelolaanya bakal dikelola pihak ketiga yang ditetapkan oleh Pemkot Semarang, " kata Dwi Kusnanto dalam Gathering PLN dengan Wartawan, Rabu (14/12/2016)

Pembelian listrik tenaga sampah itu kata dia, sesuai sama Ketentuan Presiden Nomer 18 Th. 2016 mengenai Percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Berbasiskan Sampah. Dari Perpres itu, pembelian listrik hasil dari pengelolaan sampah, diantaranya bakal dikerjakan oleh Propinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Surabaya, serta Kota Makassar.

" Untuk Semarang progresnya masihlah jauh diprediksikan operasi baru 2018 yang akan datang. Harapan kita dapat secepat-cepatnya. Sedang untuk yang di TPA Putri Cempo Solo sekarang ini telah dikerjakan lelang serta ditetapkan pengelolanya hingga dapat dipercepat, " lebih Dwi Kusnanto.

Potensi listrik tenaga sampah yang dibuat di TPA Jatibarang menurut Dwi Kusnanto begitu kecil bila dibanding dengan pembangkit-pembangkit yang telah ada, cuma sekitaran 150 kilo watt. " Walau kecil namun paling akan tidak dapat memberi keandalan kelistrikan di Jateng serta DIY. Serta berapapun yang dibuat bakal kami beli, " imbuhnya.

Kepala Dinas Kebersihan serta Pertamanan (DKP) Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki, Kamis (15/12/2016) menyampaikan kalau potensi listrik di TPA Jatibarang Semarang bakal dimaksimalkan. " Untuk pembangunan pembangkit listrik TPA Jatibarang, sekarang ini kami tengah lakukan studi kelayakan. Gagasannya pada Januari 2017 kelak bakal di gelar pelelangan untuk perusahaan swasta untuk memproses sampah di TPA Jatibarang jadi daya listrik. Sesudah ada pemenang lelang, baru pembangunan fisik bakal dikerjakan, " ungkap Ulfi Imran Basuki.
0
17 DPKAD Kota Semarang Terapkan E-Tax Untuk Capai Target Pajak Daerah
Dinas Pengelolaan Keuangan serta Aset Daerah (DPKAD) Kota Semarang mengelola 11 pajak daerah. Pada 2016, tujuan pajak daerah sebesar Rp 886 miliar serta sampai 23 Desember 2016 sudah melampaui tujuan yaitu sebesar Rp 986 miliar atau sekitaran 111, 9 %.

Kepala DPKAD Kota Semarang, Yudi Mardiana menyampaikan pada 2017 tujuan pajak daerah makin tinggi sebesar Rp 1, 08 triliun. Untuk penuhi tujuan itu, Yudi bakal mempersiapkan penarikan pajak lewat e-tax (electronik tax).

" Kami telah memakai e-tax untuk pajak restoran serta hiburan. Th. depan kami bangun aplikasi penarikan pajak hotel serta parkir, " katanya, Rabu (28/12).

Sampai kini, lanjut Yudi, penarikan pajak dihitung sendiri belum memakai elektronik. " Bila memakai e-tax jadi ketahuan berapakah mobil yang parkir atau berapakah orang yang makan di restoran.

Ada terobosan e-tax ini, kami menginginkan memanjakan harus pajak untuk tak perlu bersama-sama niat puasa ramadhan ke kantor kas daerah. Cukup hanya system e-tax saja. Kami berharap tujuan tercapau serta dapat membiayai pembangunan Kota Semarang, " katanya.

Yudi menyampaikan e-parking bakal diujicobakan di 10 titik potensi parkir paling banyak di Bandara Ahmad Yani, Mall Paragon, Stasiun Poncol, serta Stasiun Tawang.

" Titik lain masihlah dibicarakan yang mempunyai potensi parkir paling banyak. Penyediaan mesin e-parking kami bekerja bersama dengan Bank Jateng. Dengan memakai system elektronik diinginkan pendapatan pajak dapat dipotimalkan. Dengan menempatkan alat serta tak dapat dibohongi, " katanya.

Serapan Biaya Tinggi

Yudi menyampaikan serapan APBD 2016 cukup tinggi dibanding serapan APBD 2015. Per 28 Desember, APBD 2016 terserap 86, 66 % dari keseluruhan APBD 2016 sebesar Rp 4, 4 triliun.

" Di banding th. lantas serapan biaya cuma 65, 27 % dari keseluruhan APBD 2015 sebesar Rp 4, 3 triliun. Bila serapan dapat 90 % itu mengagumkan " katanya.

Serapan tinggi dikarenakan prinsip Walikota serta Wakil Walikota yang mengadakan rumpun SKPD. " Pak Wali serta bu Wakil kerap mengingatkan SKPD mengenai kesusahan dalam penyerapan biaya. Alhamdulillah akhirnya serapan tinggi, " katanya.

Yudi menyampaikan Bekas Lebih Pemakaian Biaya (Silpa) APBD 2016 kisaran Rp 400 miliar-Rp 600 miliar. " Bila Silpa tentunya sesudah 30 Desember. Di banding th. lantas Silpa meraih Rp 1, 2 triliun, " katanya.
0
18 Ini Sejumlah Jalan di Semarang yang akan Berlaku Searah
SEMARANG -- Beberapa ruas jalan di Kota Semarang bakal diberlakukan satu arah. Kebijakan ini digerakkan mulai 2017 untuk mengurai pada kendaraan bermotor di Ibu Kota Jawa Tengah itu.

Kasat Lalu Polrestabes Semarang AKBP Catur Gatot Efendi di Semarang, menyampaikan beberapa ruas jalan yang bakal mulai berlakukan satu arah itu mencakup lokasi Taman KB Semarang dan Jalan MT Haryono. Diluar itu, beberapa Jalan Pemuda Semarang, Jalan Imam Bonjol, Jalan Thamrin serta Jalan Gajah Mada akan diberlakukan satu arah.

" Untuk sekitaran Taman KB serta Jalan MT Haryono mulai berlaku Januari ini, " kata Catur, Ahad (1/1).

Ia menerangkan di lokasi Taman KB, jalan raya bakal diberlaku searah dengan jarum jam. Ia mencontohkan kendaraan dari arah Jalan Menteri Supeno yang bakal menuju Jalan Pahlawan nanti akan tidak dapat segera.

" Kendaraan mesti melingkari Taman KB dulu, " katanya sambil menerangkan hal itu berlaku untuk kendaraan dari arah Jalan Pahlawan serta Jalan Pandanaran.
Di Jalan MT Haryono velg motor untuk penggalan simpang Peterongan sampai Bangkong, kata dia, bakal diberlakukan satu arah ke utara. Jadi kelak kendaraan dari Jalan Ahmad Yani atau Jalan Majapahit tak dapat segera ke selatan, namun mesti berputar dulu.

Mengenai untuk ruas Jalan Pemuda serta Jalan Imam Bonjol, kata dia, bakal mulai diberlakukan pada Februari. Ruas Jalan Pemuda yang bakal diberlakukan searah dari mulai persimpangan Mal Paragon menuju Tugu Muda. Lalu untuk Jalan Imam Bonjol, jalan searah diberlakukan mulai arah Tugu Muda sampai persimpangan Jalan Indraprasta.

Ia mengungkap sosialisasi serta eksperimen bakal dikerjakan pada pemakai jalan.
Untuk yang tidak mematuhi, kata dia, untuk sesaat cuma hanya di beri peringatan. Menurutnya, ketentuan pemberlakukan jalan satu arah ini adalah hasil perjanjian dengan pemerintah kota setempat. " Di eksperimen dahulu, namun kelak bakal berlaku selama-lamanya, " tegasnya.
0
19 Calon Prajurit TNI Angkatan Laut Geruduk PMI Kota Semarang, Antre Donorkan Darah
SEMARANG - Sejumlah 72 calon prajurit TNI Angkatan Laut datang bersama-sama ke PMI Kota Semarang, Jalan Soegiyopranoto 31, Kamis (12/1/2017) jam 13. 00 WIB.

Mereka antre mendermakan darahnya manfaat menolong sesama.

Pendaftaran TNI AL yang di buka pada 21 November 2016 saat ini telah meraih step seleksi daerah.

Mengenai seleksi pusat bakal berjalan pada 6 Maret 2017.

" Kami datang untuk berdonor dibawah koordinasi pelatih kami. Hasil kontrol oleh PMI tadi menyebutkan tiga rekanan yamaha vixion saya tidak diijinkan berdonor, " tutur Sibro Malisi, seseorang calon prajurit asal Rembang.

Menurut dia, aktivitas ini sangat positif.

Tidak heran apabila dia serta bebrapa rekanan seangkatan terasa ketertarikan.

W Vindra Putri dari Sisi Rekrutmen Donor di PMI kota Semarang mengakui pihaknya begitu terbantu.

Sumbangan darah dari calon prajurit itu bernilai besar untuk kehidupan.

" PMI telah bekerjasama dengan TNI AL sebelumnya aktivitas ini, " tutur Vindra.

Pendamping dari TNI AL, Kopda Lukmayana Meta, menyebutkan donor darah sebagai aktivitas yang teratur dikerjakan dinasnya.

Aktivitas ini dapat sisi dari rangkaian seleksi calon prajurit.

" Donor darah untuk calon tamtama satu tahun tiga kali. Untuk calon bintara setahun 2 x, " papar Lukmayana.

Program ini mempunyai tujuan supaya prajurit TNI AL bertindak aktif di bagian sosial.
0
20 Tiga Harimau Ini Menangis di Pelukan Wali Kota Semarang
Kelahiran tiga bayi harimau itupun memberi koleksi Taman Margasatwa lebih di kenal dengan nama Kebun Binatang (Bonbin) Mangkang jadi 11 ekor. Kehadiran Hendi, sapaan wali kota, sekalian memberi nama pada ketiganya.

" Koleksi Bonbin Mangkang jadi tambah lagi. Hari ini (kemarin-Red) lahir tiga bayi harimau, dua jantan, satu betina. Jantan warna putih saya berikan nama Berani agar jadi harimau pemberani.

Lalu si kembar, yang jantan warna coklat saya berikan nama Landep lantaran tadi meraungnya kencang, sedang yang betina coklat saya berikan nama Lantip agar jadi harimau pandai. Harimau putih tidak sering didapati. Ini calon bintang, " tuturnya.

Hendi lalu memungut Berani untuk digendong. Mungkin saja kerena terganggu tidurnya, Berani selalu menangis sepanjang di pelukan Hendi. " Wah, Berani nangis selalu, tahu bila bukanlah dipeluk pawangnya, " katanya, sambil tersenyum.

Bonbin Mangkang, kata Hendi, jadi satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) walau dengan semua terbatasnya sepanjang dikelola Pemkot Semarang.

" Lantaran bonbin masihlah dikelola pemkot, hingga tak diperbolehkan untuk lakukan pembelian serta pertukaran hewan. Karenanya ucapan selamat Bonbin Mangkang belum dapat berkembang, " tuturnya.

Hendi menjelaskan, th. ini Bonbin Mangkang bakal dikelola perusahaan daerah (perusda) dibawah holding company. Ditargetkan th. ini Bonbin Mangkang dapat berkembang tambah baik lagi.

" Sesudah dikelola perusda bakal kami benahi. Mustahil seperti Taman Safari, lantaran lahannya tak luas. Bakal kami benahi infrastruktur, jalur-jalur hijau, serta koleksi hewan yang tertangani serta bermacam. Hingga wisatawan baik dari Kota Semarang ataupun luar Semarang dapat lihat keanekaragaman koleksi hewan disini, " tuturnya.

DED Telah Selesai

Kepala Dinas Kebudayaan serta Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Masdiana Safitri mengungkap, ketentuan daerah tentang holding company pengelolaan perusda telah disahkan.

Sekarang ini tengah kajian tentang penyertaan modal. " Bonbin Mangkang sekarang ini masihlah dikelola UPTD (Unit Pelaksana Tehnis Dinas) hingga kami kesusahan meningkatkan lokasi ini. Satu prasyarat menambahkan koleksi satwa yaitu kebun binatang mesti telah tersertifikasi. Untuk memperoleh sertifikasi, kebun binatang mesti berupa perusda, " terangnya.

Masdiana menuturkan, Detil Design Engineering (DED) pengembangan lokasi seluas 15 hektare itu telah usai ditangani, menyusul penyelesaian pengelolaan lewat perusda.

" Investor sesungguhnya banyak yang melirik untuk berinvestasi. Kelak sesudah dikelola perusda system pengelolaan ataupun sarana fasilitas prasarana tentu selalu diperkembang, hingga dapat jadi satu destinasi wisata yang menarik untuk orang-orang. Hal semacam ini pasti bakal memberi PAD Kota Semarang semakin besar lagi, " tandasnya.
0
21 Si Cepat, ICU Bergerak Perpanjang Nyawa Warga Kota Semarang
Semarang - Untuk memberi kesempatan hidup lebih tinggi untuk pasien kritis darurat, Pemerintah Kota Semarang meluncurkan Si Cepat. Bukan sekedar lajunya cepat, Si Cepat Ambulan Hebat juga diperlengkapi dengan sarana standard perlakuan kegawatdaruratan (ICU).

" Mobilnya baru, jadi sesuai sama namanya Si Cepat Ambulan Hebat, jadi dapat jalan lebih cepat serta pasien bakal cepat hingga ke tempat tinggal sakit, " tutur Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, pada Liputan6. com, Jumat (20/1/2017).

Untuk step awal, Hendi, sapaan akrabnya, resmikan lima unit Si Cepat yang berjenis volkswagen itu sebagai satu diantara fasilitas kesehatan di Kota Semarang. Warga yang bakal memakai service itu dapat menelepon ke call centre di nomer 1500 - 132.

" Si Cepat Ambulan Hebat adalah ambulans reaksi cepat yang bisa digunakan untuk orang-orang dengan cara gratis dengan sarana komplit serta petugas kesehatan yang standby sepanjang 24 jam, " tutur dia.

Sarana pertolongan pertama yang dipunyai Si Cepat yaitu ambulans stage 2, minus dc shock, perlengkapan kritis darurat medis, doa hamil obat-obatan kegawatdaruratan, serta perlengkapan seperti gantungan infus.

Diluar itu, ada juga lampu check pasien, jok dokter serta jok paramedik atau pengantar, APAR, tabung oksigen, automatic ambulance stretcher, extrication colar, long spinal-board, ALS emergency, serta transport pasien monitor.

Untuk menjalankan Si Cepat, Pemkot Semarang menyiagakan 25 perawat, lima dokter umum, 25 bidan, 25 drier, lima operator call center, dan empat tenaga admin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono menerangkan, kehadiran Si Cepat Ambulan Hebat salah satunya dilandasi angka kematian menurut tempat peristiwa kematian. Kematian paling banyak berlangsung dirumah sejumlah 64, 5 %, 30, 1 % dirumah sakit, tempat yang lain 3, 4 %, dan sarana kesehatan lain 1, 5 %.

0
22 Pemkot Siapkan Rusunawa
SEMARANG – Pemkot Semarang tengah mempersiapkan tempat tinggal susun simpel sewa (rusunawa) untuk warga yang terserang efek normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT). Terkecuali yang telah ada, akan di bangun delapan twinblock lagi.

”Kami tengah menginventarisasi rusunawa yang ada di Semarang. Mana-mana yang masihlah kosong bakal didata. Kami tawarkan warga yang terserang efek normalisasi BKT untuk geser ke rusunawa, ” tutur Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, tempo hari.

Di Kota Semarang, ada tujuh tempat rusunawa, yaitu di Pekunden, Bandarharjo, Plamongansari, Karangroto, Kaligawe, Kudu serta Jrakah. Rusunawa di Jrakah, spesial untuk buruh serta pekerja.

Pendataan diinginkan bisa usai secepat-cepatnya. Berkaitan normalisasi tiga sungai, yaitu BKT, Sringin serta Tenggang, doa adzan pria yang akrab disapa Hendi ini menyampaikan, prosesnya selalu jalan. Lelang normalisasi Sringin serta Tenggang telah dikerjakan akhir th. lantas. Mengenai normalisasi BKT bakal dikerjakan Agustus. Untuk PKL di sekitaran BKT, sambungnya, bakal dipindahkan ke Pasar Klitikan Penggaron, serta daerah sekitaran pasar itu.

Pemkot sudah mempersiapkan biaya Rp 18, 5 miliar untuk penyelesaian pembangunan Pasar Klitikan serta menyiapkan daerah sekitaran. ”Secepatnya kami kerjakan, pembebasan tempat serta relokasi PKL-warga. Harapannya, tak menghalangi normalisai yang bakal jalan. Kami menginginkan persoalan rob serta banjir di Semarang sisi timur bisa selekasnya teratasi, ” kata Hendi.

Pada 2016 lantas, pemkot juga telah ajukan permintaan pertolongan ke Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) untuk bangun delapan twinblock rusunawa.

Gagasannya, pembangunan rusun bakal dikerjakan th. ini. Semasing twinblock itu berkapasitas 96 unit. Nanti bakal di bangun di Genuk, Karangroto, Rowosari serta Mangkang. Rusunawa di Mangkang spesial untuk buruh. Mengenai tiga yang lain, ditujukan untuk warga yang terserang efek normalisasi BKT.

Hal semacam itu juga sesuai sama gagasan proses BKT, poin peran pemerintah. Dalam persiapan permukiman untuk warga terkenda efek proyek (WTD) BKT, pemkot bertanggungjawab sediakan tempat. Sedang cost pembangunan rusunawa jadi tanggung jawab pemerintah pusat. ”Pada 2016 lantas, Dinas Tata Kota serta Perumahan (DTKP) telah mengusulkan ke pemerintah pusat. Pada Maret bakal ada tim yang meninjau ke Semarang. Mengenai pembangunan dikerjakan Oktober. Nanti bakal memakai biaya th. jamak, ” kata Kepala Dinas Pengaturan Ruangan Kota Semarang, Agus Riyanto.

Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi memohon supaya pemkot selekasnya merampungkan pembebasan tempat untuk proyek normalisasi BKT, Sringin, Tenggang. Jangan pernah, paparnya, pembebasan tempat yang belum usai, menghalangi proyek normalisasi itu. Berkaca dari pengalaman sebelum-sebelumnya, pembebasan tempat jadi masalah yang menghalangi proyek pembangunan di Kota Semarang.

Menurut dia, komunikasi yang dikerjakan pemkot pada orang-orang kurang baik, hingga pembebasan tempat tak jalan cepat. Supriyadi juga mengira ada oknum yang bermain.

Menurut dia, potongan diluar ketetapan, pungutan liar, tak ada transparannya biaya, jadi penghalang sistem pembebasan tempat. Warga terasa keberatan mengenai ada beberapa hal diluar ketetapan itu.
0
23 Paling Banyak Gelar Salat Berjamaah di Masjid dan Musala, Wali Kota Semarang Raih Rekor MURI
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi capai penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI), Jumat (27/1/2017).

Penghargaan diberikan karena Hendi, sapaan akrab wali kota jadi petinggi yang paling banyak ikuti salat berjamaah di masjid dengan cara berkaitan.

Tercatat, Hendi sudah berkunjung ke 314 masjid serta musala di Kota Semarang mulai sejak dianya menjabat sebagai kepala daerah diakhir 2013.

Kunjungan itu terangkai dalam program Roadshow Masjid.

Dalam tiap-tiap peluang salat, Hendi juga mengajak warga untuk meluangkan salat berjamaah di masjid atau musala.

Penghargaan itu diberikan segera oleh Ketua Museum Rekor Indonesia, Jaya Suprana di Musium Rekor MURI Semarang, Komplek harga dispenser
 Jamu Jago, Jl. Perintis Kemerdekaan Nomer 275, Semarang.

Penyerahan penghargaan itu diberikan bertepatan dengan Hari Jadi yang ke-27 Museum Rekor Indonesia.

Hendi mengemukakan terima kasih atas animo yang di dapatkan dari Museum Rekor Indonesia itu.

" Ini tentunya satu hal yang positif buat kami, harapannya aktivitas roadshow masjid serta musala yang sudah dilaksanakan bisa lebih bangun kesadaran orang-orang perihal perlunya salat berjamaah, " pungkasnya.

Aktivitas roadshow, kata Hendi, akan tidak berhenti pada 314 masjid serta musala.

Ia bakal tetaplah menambahkan program aktivitas itu.

" Data yang saya punyai di Kota Semarang ada 1. 186 Masjid serta 1. 966 musala. Targetnya aktivitas roadshow ini bisa selalu jalan sampai ke semuanya masjid serta musala, "
0
24 Selain geram, pria yang akrab disapa Hendi itu juga kaget dengan kejadian tak bermoral
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berang dengan tingkah laku seseorang anggota Satpol PP cabul di wilayahnya. Anak buahnya itu disangka melakukan tindakan asusila pada tujuh anggota Satpol PP wanita yang berstatus honorer.

Terkecuali berang, pria yang akrab disapa Hendi itu juga kaget dengan peristiwa tidak bermoral anggota penegak perda itu. Sebab, ia tidak kurang-kurang mengingatkan Satpol PP untuk berbuat humanis serta jalan sesuai sama koridor.

" Bagaimana ingin menegakkan perda bila sikapnya tidak bermoral? " kata Hendi, Jumat (3/3/2017).

Atas masalah Satpol PP cabul itu, Hendi memohon supaya perlakuannya dikerjakan serius serta selesai. Bila memanglah pelaku harga sepatu yang bernama Kas itu dapat dibuktikan berbuat asusila, ia mesti diputus kontraknya dengan kata lain dipecat.

Pemutusan kontrak itu lantaran Kas tidaklah seseorang PNS atau Aparatur Sipil Negara. Kas cuma pegawai honorer, sama dengan beberapa korban.

" Lantaran mereka jadi contoh orang-orang. Bila ada masalah asusila seperti ini, prinsip sebagai penegak perda pasti terganggu, " kata Hendi.

Disamping itu, Kepala Satpol PP Kota Semarang Hendro Pudyo Martono menyebutkan pelaku telah dimutasi. Bila terlebih dulu bertugas sebagai tim penegak perda, ia dimutasi ke pos penjagaan.

Mutasi itu dinilai sebagai satu sanksi yang cukup berat. " Terlapor telah dipindahtugaskan dari penegak perda ke penjagaan, " kata Hendro.

Tindak lanjut Kepala Satpol PP itu terang melawan ketentuan Wali Kota Semarang. Hendi inginkan si pelaku diputus kontraknya atau dipecat, sedang Hendro jadi memutasi anggota Satpol PP cabul itu.
0
25 Meski SMA/SMK Dikelola Provinsi, Kota Semarang Siapkan Beasiswa Murid Miskin. Ini Syaratnya
SEMARANG -- Meski SMA/SMK pengelolaannya diserahkan kepada Pemerintah Provinsi, Pemkot Semarang dalam hal ini Dinas Pendidikan masih memberikan beasiswa sebesar Rp 1,2 juta per tahun murid tidak mampu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin mengatakan selain dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp 1,4 juta per tahun, Pemkot menyiapkan beasiswa sebesar Rp 1,2 juta per tahun.

"Jadi total beasiswanya Rp 2,6 juta per tahun agar murid miskin bisa tetap melanjutkan sekolah," ujarnya, Senin (20/3).

Bunyamin mengatakan murid tidak mampu bisa mengajukan beasiswa kepada sekolah. Nantinya sekolah menyalurkan data ke Dinas Pendidikan.

"Dinas Pendidikan selanjutnya menganggarkan lewat APBD. Untuk APBD 2017 kami menganggarkan Rp 4 miliar. doa qunut Saya harap sekolah bisa segera mendata dan bisa kami ajukan di APBD perubahan nanti," ujarnya.
0
26 DPRD Sayangkan Penolakan Relokasi Pedagang Pasar Yaik Baru
Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Jawa Tengah, menyayangkan sikap para pedagang Pasar Yaik Baru menolak rencana sosialisasi relokasi pedagang dengan mengusir Kepala Dinas Perdagangan. Forum sosialisasi seharunya menjadi titik temu terkait dengan rencana pembangunan Pasar Johar.

"Kalau para pedagang Pasar Yaik Baru tidak mau menerima sosialisasi relokasi, lalu bagaimana pembangunan Pasar Johar bisa terlaksana dengan baik," kata Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang Agus Riyanto Slamet, Senin (20/3/2017).

Dikatakan, tujuan sosialisasi relokasi yang akan disampaikan pemerintah untuk memperoleh titik temu. Para pedagang dilibatkan untuk rencana pembangunan sehingga dibutuhkan masukan-masukannya. Dengan demikian, pembangunan Pasar Johar dapat memuaskan semua pihak termasuk para pedagang.

Para pedagang, kata Agus Riyanto juga bisa menyampaikan keinginan-keinginan yang selama ini mengganjal di hati. harga dispenser Dengan disampaikan ke Dinas Perdagangan maka keluhan pedagang bisa ditampung dan dibahas bersama untuk menggapai titik temu untuk kemajuan pembangunan Kota Semarang.

"Kalau begini, pedagang Pasar Yaik Baru sudah menolak sosialisasi relokasi, lalu bagaimana kita bisa memperoleh titik temu," tambah Agus Riyanto Slamet.

Terjadinya penolakan sosialisasi, kata  politikus PKS, pembangunan Pasar Johar malah bisa terhambat. Tentu saja harus ada solusi sehingga persoalan tidak semakin panjang. “Perlu disampaikan oleh pedagang untuk mencari solusi yang terbaik, maka perlu disosialisasikan dan dimusyawarahkan,” katanya.

Agus Riyanto mengatakan kawasan Johar baru di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan lebih ramai jika semua pedagang menempati pasar tersebut. Namun kalau sebagian-sebagian saja maka pasar tersebut akan sepi.

Pedagang pakaian jadi Pasar Yaik Baru, Ny Tan Sui (64) menginginkan jalan yang terbaik untuk para pedagang. Berdasarkan pengalaman pedagang Johar yang sudah ditampung di relokasi MAJT, nasibnya buruk, sepi pembeli dan banyak kios yang ditutup.

"Kalau kami inginnya masih tetap di Pasar Yaik Baru. Kalau pembangunan Pasar Johar nanti sudah jadi, baru pedagang Pasar Yaik Baru siap direlokasi karena lahannya akan dibangun," katanya.

"Kami mohon kepada Pak Wali (Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi) agar memahami para pedagang Pasar Yaik Baru saat ini, agar tetap bisa berjualan di Pasar Yaik Baru, sambil menunggu pembangunan Pasar Johar," tambahnya.
0
27 Wali Kota Semarang Biarkan 4 Kepala SKPD Kosong Hingga Mei
Empat kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kosong sehingga hanya diisi pelaksana tugas (plt). Namun, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku belum akan mengisi jabatan puncak di dinas perhubungan, kepala dinas komunikasi informatika dan persandian, kepala dinas ketahanan pangan, serta kepala badan pemberdayaan perempuan Kota Semarang dengan pejabat difinitif.

Wali Kota Hendrar Prihadi menargetkan pengisian jabatan empat kepala SKPD yang hingga kini masing kosong rampung pada pertengahan Mei 2017. Sejauh ini, pihaknya masih sibuk menyiapkan panitia lelang jabatan. “Sekarang ini sudah dalam proses pembentukan tim panitia seleksi (pansel) untuk rekrutmen pengangkatan pejabat eselon II,” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi di Semarang.

Diakuinya, sampai saat ini masih ada empat posisi setingkat kepala dinas yang masih dijabat pelaksana tugas (plt) karena tidak adanya pejabat eselon II untuk mengisi jabatan tersebut. Keempat jabatan yang masih kosong itu adalah kepala dinas perhubungan, kepala dinas komunikasi informatika dan persandian, kepala dinas ketahanan pangan, serta kepala badan pemberdayaan perempuan Kota Semarang.

“Untuk pengisian jabatan itu akan dilakukan melalui lelang terbuka yang diperkirakan pengumumannya di awal April 2017. Pengumumannya kurang lebih berlangsung sekitar 15 hari,” katanya.

Setelah itu, kata dia, pansel akan melakukan serangkaian tes, baik tertulis maupun lisan kepada para peserta lelang jabatan untuk diseleksi menjadi tiga besar di masing-masing posisi. “Kalau sudah ada seleksi tiga besar, resep kolak pisang baru diserahkan kepada wali kota dan wakil wali kota. Ya, harapan kami pertengahan Mei nanti selesai, sekaligus dilakukan pelantikan,” katanya.

Berkaitan dengan lelang jabatan, Hendi mendorong aparatur sipil negara (ASN) Kota Semarang yang sekarang ini berada di eselon III untuk mengikutinya sebagai ajang promosi karier di lingkup Pemerintah Kota Semarang. “Ya, untuk pengisian jabatan empat kepala dinas ini kan memang sifatnya promosi. Silakan kawan-kawan di eselon III untuk ikut tes. Buktikan diri layak menjadi kepala dinas,” pungkasnya.

Penataan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkot Semarang membuat adanya penambahan satuan kerja perangkat dinas (SKPD) sehingga empat jabatan setingkat kepala dinas kosong. “Kan memang stoknya untuk pejabat eselon II sudah habis. Kami mau ambil langsung pejabat eselon III nanti dulu. Aturannya kan harus ada lelang jabatan. Ya, kami ikuti saja,” kata Hendi ketika itu.
0
28 Wali Kota Semarang Ingatkan Jajarannya Tingkatkan Pelayanan Publik
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengingatkan jajarannya untuk selalu tingkatkan service pada orang-orang. Pria yang akrab disapa Hendi ini dapat mengingatkan kalau transparansi serta akuntabilitas adalah kunci untuk diakui orang-orang.

Menurut Hendi, beragam program pembangunan dengan sendirinya bakal diimbangi partisipasi orang-orang bila pemerintah memperolah trust dari orang-orang. " Karenanya, Saya senantiasa mengingatkan pada kawan-kawan Organisasi Piranti Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Semarang untuk memberi service yang paling baik pada orang-orang, " tutur Hendi dalam info tercatat, Rabu (5/4/2017).

Selama ini Pemkot Semarang sudah lakukan penambahan dalam soal service umum di beberapa bagian. Salah satunya pembangunan pavilion Gatot Kaca di RSUD K. R. M. T Wongsonegoro, pengadaan Si Cepat Ambulance Hebat manfaat memudahkan service kesehatan, pembangunan serta penambahan niat puasa beberapa jalan, peremajaan BRT Koridor I dan peluncuran BRT Koridor V serta VI, peluncuran credit Wibawa (Wiraswasta Bangkit jadi Juara), credit dengan bunga paling rendah se Indonesia sebesar 3% per th. untuk pelaku usaha kecil, revitalisasi beberapa pasar tradisional dan usaha dalam pemberantasan Pungli lewat tim Sapu Bersih Pungutan Liar.

Diluar itu, Pemkot Semarang juga mengimplementasikan rencana smart city untuk memudahkan orang-orang dalam mengurusi beragam kepentingan. Seperti KRK On-line, aplikasi Kartu Virtual Akun manfaat pembayaran Rusunawa manfaat menghindar aksi pungli, peluncuran smart home, dan meluncurkan kartu semarang hebat sebagai alat pembayaran transportasi serta tol, dan beberapa aplikasi android manfaat mengecek ketersediaan sarana kesehatan di beberapa tempat tinggal sakit di Kota Semarang.

" Saya juga katakan terima kasih pada semua warga orang-orang yang selalu turut mengawasi tiap-tiap sistem pembangunan hanya dilandasi kecintaan serta kebanggaan supaya Kota Semarang makin baik serta makin hebat, " katanya.

Penghargaan itu diserahkan pada beberapa daerah paling baik serta kepala daerah inspiratif sesudah lewat step penilaian oleh tim juri majalah Sindo Weekly berbarengan sebagian pihak. Cara penilaian dimulai lewat penelitian dari beragam rujukan, lalu tim redaksi memastikan tiga nominator pemenang untuk semasing kelompok.

" Setelah itu, tim lakukan observasi ke beberapa daerah nominator pemenang. Observasi mencakup wawancara tatap muka dengan akademisi, orang-orang serta kepala daerah. Hasil observasi lalu didiskusikan berbarengan ketua tim juri sebagai referensi untuk memastikan pemenang, " tutur Pemimpin Redaksi SINDO Weekly, Nevy A. Hetharia.

SINDO Weekly berikan animo pada kemampuan Pemerintah Kota Semarang dalam soal akuntabilitas serta transparansi umum. Hendi terima dengan cara segera penghargaan itu yang diserahkan oleh Dirjen Otda Kemendagri yang juga Plt Gubernur DKI Soni Sumarsono. Acara penyerahan penghargaan Sindo Weekly Award 2017 di gelar di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Senin (3/4/2017).
0
29 Pemerintah optimis bakal mengoperasikan tiga tol Trans Jawa pada tahun ini
Pemerintah optimis akan menjalankan tiga tol Trans Jawa pada th. ini. Karenanya, pemerintah selalu mengebut pembangunannya, terlebih untuk tol Jakarta-Semarang.

Pemerintah mengharapkan, tol Jakarta-Semarang dapat dilewati pemudik pada Lebaran 2017.

Nanti, beberapa pemudik yang berkendara dari Jakarta dapat lewat tol hingga Kota Semarang, melalui ruas Batang-Semarang, Pemalang-Batang, dan Pejagan-Pemalang seksi tiga serta empat.

" Kami optimistis tol Pejagan-Pemalang dapat selekasnya operasional. Untuk tol lain, kami tengah berusaha optimal supaya dapat fungsional sebelumnya Idulfitri, " tutur Direktur Jenderal Bina Marga kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat, Arie Setiadi Moerwanto, belum lama ini.

Ia menerangkan, bermakna kendaraan pemudik kelompok satu telah dapat lewat walau jalan baru berbentuk lantai kerja atau lean concentrate dengan ketebalan beton 10 sentimeter serta kombinasi semen dan tanah agak keras.

Sebatas info, tol Pejagan-Pemalang mempunyai panjang 57, 5 km. (km) serta terdiri atas empat seksi. Untuk tol seksi satu serta dua sampai keluar Brebes Timur, sudah dioperasikan pada Juni 2016 lantas.

tetaplah Dieksekusi

Pembebasan tempat terdampak tol Batang-Semarang akan selesai pada Maret 2017. Awalannya, sistem ganti rugi tanah harga tv samsung terimbas proyek itu ditargetkan beres pada November 2016. Lantaran ada masalah, tujuan juga dirubah jadi Februari 2017.

" Akhir bln. ini, pembebasan tempat untuk tol Batang-Semarang mesti rampung. Tim tengah berusaha keras untuk merampungkan persoalan itu, " terang Petinggi Pembuat Prinsip (PPK) Tol Batang-Semarang Lokasi Kabupaten Batang, Wijayanto, beberapa waktu terakhir.

Ia mengungkapkan, tol Batang-Semarang digadang dapat fungsional waktu arus mudik Lebaran 2017. Masalah dengan warga yang belum terima penawaran ganti rugi tanah juga dikerjakan dengan cara konsinyasi lewat pengadilan.

Kurun waktu dekat, penetapan pengadilan bakal turun. Bila kelak warga tetaplah menampik, kami akan melakukan eksekusi, " tegas Wijayanto.

Pembangunan konstruksi tol Batang-Semarang memanglah masihlah alami masalah lantaran tujuan pembebasan tempat selalu mundur. Pemicunya, beberapa yang memiliki tempat menampik ganti rugi.

Terlebih dulu, 16 tempat beribadah serta bangunan instansi pendidikan di Kabupaten Batang terdampak pembangunan tol Batang-Semarang juga belum terima ganti rugi. Argumennya, tanah serta bangunan berstatus wakaf itu terhalang izin serta kelengkapan dokumen.

" Tempat beribadah serta bangunan instansi pendidikan yang terserang proyek tol Batang-Semarang terdiri atas masjid, musala, serta madrasah. Saat ini, tempatnya telah rata dengan tanah, " kata Kepala Kantor Lokasi (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang, Noor Rosyid, sekian waktu lalu.

Ia menyampaikan, Kanwil Kemenag Kabupaten Batang telah memerintahkan beberapa nazir atau pengelola tanah serta bangunan berstatus wakaf itu untuk selekasnya merampungkan sistem ganti rugi dengan PPK Tol Batang-Semarang.

" Pembangunan ruas tol dibatasi oleh saat. Kami mendorong beberapa nazir agar selekasnya lengkapi kriteria serta mekanisme lewat izin Menteri Agama, " lebih Noor.

Perwakilan PPK Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan rakyat, Hernendi, menyampaikan, semua sarana umum yang terdampak proyek tol bakal dikembalikan sesuai sama tempat serta peruntukannya. Akan tetapi, ia menyatakan, spesial tanah wakaf memanglah mesti ada izin dari Menteri Agama.

" Walau sebenarnya, sebagian besar tanah wakaf di Kabupaten Batang belum ada sertifikat atau akta ikrar. Beberapa besar tanah wakaf terdampak pembangunan tol Batang-Semarang masihlah punya pribadi. Artinya, untuk sistem ganti guling, beberapa nazir mesti memasukkan surat perjanjian dari pakar waris tanah, " urainya
0
30 Penglepasan Wisudawan Fakultas Bahasa dan Budaya Untag Semarang
Penglepasan wisudawan Fakultas Bahasa dan Budaya (FBB) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang periode 1 / April 2017, Sabtu (29/04/2017) digelar di Hotel Grasia Semarang.

Hadir dalam acara itu, Ketua YPP Untag Semarang Prof. Dr. Sarsintorini, Rektor Untag Semarang DR. Drs. H. Suparno, M.Si, Wakil Rektor satu, dua, tiga, empat Untag Semarang, Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Drs.Yosep Bambang Margono Slamet, M.A., M.Si., Ph.D, wakil dekan satu, dua, tiga, empat Fakultas bahasa dan budaya, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng Susanto, para calon wisudawan FBB Untag Semarang, serta para orang tua atau wali.

Acara dimulai dengan membaca doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta dimeriahkan adanya pertunjukkan kebudayaan dengan menampilkan tari tradisional Jawa Tengah untuk menghibur seluruh peserta dan tamu undangan.
Sambutan Rektor Untag Semarang DR. Drs. H. Suparno, M.Si

Dalam sambutannya Rektor Untag Semarang H. Suparno menyampaikan, “wisuda ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Untag Semarang kepada bangsa dan negara Indonesia dan sekaligus merupakan wujud karya Untag sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang profesional, ucapan ramadhan tangguh, berjiwa nasionalis dan berakhlak mulia. Dalam penyelenggaraan pendidikan, Untag senantiasa terus menerus melakukan upaya perbaikan dan pengembangan untuk mewujudkan visi Untag, yaitu terwujudnya Untag Semarang maju, bermartabat, berdaya saing dan berlandasan nasionalisme pada tahun 2020.”

Upaya yang telah dilakukan adalah pembenahan dan penguatan pada aspek tata kelola perguruan tinggi yang transparan dan akuntabel, meningkatkan prefesioanalitas, kompetensi serta kesejahteraan dosen dan tenaga pendidikan, meningkatkan sarana prasarana, meningkatkan kerjasama mengoptimalkan atmosfer akademik menuju masyarakat ilmiah serta peningkatan kegiatan kemahasiswaan.
0
31 Tak Dapat Dukungan, Aksi Sosial Buruh di Semarang Batal Digelar
Semarang - Lebih dari 2.000 buruh berkumpul di lapangan Tri Lomba Juang Semarang untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day. Sayangnya, ada tiga kegiatan sosial yang gagal diselenggarakan karena tak dapat dukungan dari pihak terkait.

Rangkaian acara May Day di Semarang memang dipusatkan di Tri Lomba Juang. Buruh dari berbagai daerah datang dan ikut berkumpul untuk menyaksikan orasi dan hiburan musik.

Koordinator aksi, Nanang Setiyono mengatakan, peringatan May Day tersebut ikut dibantu oleh Pemerintah Kota Semarang melalui anggaran APBD. Bahkan salah satu doorprize juga merupakan sumbangan yaitu berupa satu unit motor.

Hiburan musik di peringatan May Day di Lapangan Tri Lomba Juang.Hiburan musik di peringatan May Day di Lapangan Tri Lomba Juang. Foto: Angling Adhitya Purbaya


Meski demikian, Nanang mengungkapkan bantuan pemerintah dalam acara May Day mengurangi perjuangan buruh untuk menuntut hak-hak mereka.

"Kami sangat mengapreisasi bantuan pemerintah. Kekritisan kami, tuntutan kami tidak tergoyahkan. Tidak mempengaruhi apa yang kami suarakan," kata Nanang di lokasi acara, Senin (1/5/2017).

Seharusnya ada kegiatan sosial dalam rangkaian acara tersebut yaitu donor darah, khitanan massal, dan pemeriksaan kesehatan gratis. nonton bola live streaming Namun pihak-pihak yang dimintai bantuan tidak merespon baik.

Nanang menjelaskan, pihaknya kecewa dengan PMI karena beralasan donor darah yang ingin digelar para buruh dilangsungkan pada hari libur. Sedangkan Dinas Kesehatan belum bisa memberikan bantuan untuk khitan massal terkait anggaran.

"PMI menolak dengan alasan hari libur. Padahal sering kegiatan hari Minggu. Kami, buruh ingin mengadakan aksi sosial, tapi ternyata dipandang sebelah mata," pungkas Nanang.

Padahal, Nanang mengungkapkan sudah cukup banyak orang yang antusias dengan kegiatan sosial itu, tapi terpaksa semua batal digelar. Hingga saat ini acara masih berlangsung dengan orasi yang disampaikan bergantian oleh serikat buruh.

0
32 Mengagumi Penampakan Wajah Kota Semarang Yang Semakin Menarik
 Beberapa ruas serta tempat di Kota Semarang, Jawa Tengah, alami banyak pergantian dalam 2 th. paling akhir. Bahkan juga ada pula perkampungan kumuh yang saat ini jadi destinasi wisata.

Perubahan-perubahan itu dipertunjukkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam akun Instagram-nya. Tempat pertama yang di-posting yaitu Pasar Peterongan, yang saat ini telah teratur rapi, termasuk juga sisi depannya.

osting ke-2 yaitu Kampung Wonosari, yang letaknya tak jauh dari Tugu Muda Semarang. Kampung yang ada di perbukitan itu terlebih dulu kumuh serta saat ini jadi Kampung Pelangi dengan tempat tinggal yang dicat warna-warni. Walau sistem pelaksanaannya belum usai, wisatawan telah banyak yang bertandang kesana.

Lalu ada jalan tembus Jalan Kartini-Jalan Gajah, tepatnya di Jalan Jolotundo. Tempat ini terlebih dulu berbentuk jalan tanah berbatu, tetapi saat ini telah halus beraspal serta jalur pedestriannya dipercantik. Dalam ramadhan 2017 caption-nya, Hendrar menyebutkan jalan itu memperoleh penghargaan Jalan Hijau Indonesia 2016 dari Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat karna memakai material lokal, reuse, serta memerhatikan system drainase.

Dua pergantian selanjutnya yang di-posting Hendrar yaitu Imam Bonjol serta Jalan Madukoro Raya. Dua jalan itu saat ini jalur pedestriannya telah bagus.

Di Jalan Imam Bonjol bahkan juga kerap jadikan tempat selfie, demikian halnya Jalan Madukoro Raya, yang ada di pinggir Sungai Kanal Banjir Timur.

Menulis paling baru yakni Tri Lomba Juang, yang disebut pusat berolahraga Kota Semarang. Penampilannya lebih modern serta fasilitasnya terang lebih komplit serta nyaman.

Untuk memperbandingkan dengan keadaan terlebih dulu, dapat diliat lewat Google Street View yang pengambilan gambarnya dikerjakan sekitaran 2 th. lantas.

" Perubahan-perubahan itu adalah awal dari lompatan besar Kota Semarang di 2019, " tutur wali kota yang akrab disapa Hendi itu, Senin (8/5/2017).

Pembenahan Kota Semarang bukan sekedar untuk membuat cantik parasnya, tetapi juga menanggulangi beragam permasalahan, baik service ataupun infrastruktur. Pekerjaan tempat tinggal Pemkot Semarang yang masih tetap berupaya ditanggulangi yaitu masalah banjir serta rob.

" Dalam perlakuan banjir di lokasi timur Semarang dengan pembuatan embung Trimulyo, Kaligawe-Sawah Besar, serta Karangroto dan peninggian perapet Kali Tenggang dam Sringin, yang semua mengonsumsi cost Rp 1, 2 triliun, " jelas Hendi.
0
33 Inilah Jam Kerja PNS Kota Semarang Selama Bulan Ramadhan
SEMARANG -- tatkala bln Ramadan, pemimpin Kota Semarang menguatkan pembuatan jam tugas PNS sewaktu 32,50 jam per pekan. rata-rata jikalau di hri wajar, jam tugas PNS Kota Semarang mulai sejak tabok 07.00 WIB hingga gaplok 16.00 WIB.

melainkan, di bln Ramadhan jam tugas PNS disingkat, dimulai gaplok 08-15 hingga tempeleng 15.00 WIB guna hri Senin sampai Kamis. tetapi terhadap hri jumat dimulai tempeleng 08.00 hingga tabok 11.30 WIB.

dekat warta edaran yg ditanda tangani sekretaris wilayah (Sekda) Kota Semarang, Adi Tri Hananto kembali menuturkan guna PNS dilingkungan unit pendidikan, RSUD, Instalasi Farmasi, dan UPTD Puskesmas, sanggup melakukan mengarang jadwalnya solo dgn perpedoman buat jam tugas 32,50 Jam per minggu.

pemilihan jam pekerjaan tercantum berpedoman guna sistem perundang-undangan yg diatur dekat warta edaran menteri pemeliharaan aparatur negeri dan reformasi birokrasi (KemenpanRB), nomer 20 thn 2017 berkenaan pelantikan jam pekerjaan ASN, TNI, dan Polri selagi Ramadhan 2017. ucapan idul fitri adalah bilangan jam pekerjaan terhadap instansi penundukan udel dan negara 32,50 jam per minggu.

sewaktu musim Ramadhan, PNS diwajibkan menggunakan pakaian koko tangan panjang (laki-laki) dan baju muslimah wanita( sekalipun kepada yg beragama non islam memanfaatkan baju batik semarang.
0
34 Warga Poles Kampung Kumuh Jadi Cantik
Kota Semarang, Jawa Tengah tak hanya mengubah pedestarian di jalan protokoler menjadi cantik dan manusiawi. Kampung-kampung di sudut kota itu juga pun berubah menjadi cantik.

Inisiasi untuk mengubah wajah kampung ternyata tak hanya datang dari pemerintah. Sejumlah warga juga berinisiatif mengubah kampung mereka.

Warga RT 02 Kampung Batik Tengah, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur contohnya. Wilayah itu kini penuh warna ceria dan menjadi destinasi wisata.

Warga kampung dengan 24 kepala keluarga itu bersepakat mengubah wajah kampungnya. Dulunya, kampung itu dikenal kumuh dan menjadi sarang penyamun.

Namun citra itu perlahan berubah seiring aura positif yang dibangun bersama-sama. Sudut-sudut kampung dilukis dan diwarnai dengan cat.  Warga kampung secara swadaya mempercantik kampungnya.

Gambar yang dilukis pun mempunyai makna. Sejumlah tokoh pewayangan dilukis indah di sudut gang sempit itu.

Warga kampung juga menampilkan sejumlah foto-foto tempo dulu tentang kampung mereka. Selain disajikan pameran seni,  doa selamat warga yang datang pun bisa belajar sejarah Kampung Batik Tengah.

"Selain bisa berfoto, kami juga menyediakan foto sejarah dan narasi pewayangan. Jadi ada kesan khusus yang dibawa saat pulang dari sini," kata Ignasius Luwiyanto, inisiator perubahan dari Kampung Batik Tengah Semarang, Jumat (30/6/2017).

Ide mengubah wajah kampung sebetulnya hanya kegiatan iseng sewaktu libur sekolah. Sebagai guru, Luwiyanto ingin mengisi liburan dengan hal positif. Maka, ia mengecat tembok depan rumahnya dengan memanfaatkan sisa cat. Dilukis sesuai citarasanya.

Tembok hasil guratan tangan Luwiyanto ternyata menarik minat warga lainnya. Mereka pun meminta agar sudut rumahnya diberi sentuhan seni. Warga kemudian bersepakat mempercantik kampungnya dengan lukisan.

"Semua yang ada disini hasil swadaya masyarakat. Ini bentuk partisipasi kami untuk Kota Semarang," ujar Luwiyanto.

Indahnya Kampung Batik Tengah menjadi viral di media sosial. Warga luar daerah berduyun-duyun datang ke lokasi untuk sekedar berfoto.

Wisatawan mancanegara datang dan kagum atas partisipasi warga membangun wilayahnya. Penyanyi dan bintang film Dewi Sandra juga mampir di kampung ini.

"Ya saya kesini tahunya dari Instragam. Ternyata bagus beneran," ujar Yumna, warga Mranggen, Kabupaten Demak.

Keindahan Kampung Batik ini ternyata berimbas pada penjualan cenderamata. Wisatawan yang mampir di Kampung Batik juga banyak mampir dan berbelanja di wilayah kampung seni itu.

"Iya kalau yang beli batik biasanya juga melihat-lihat Kampung Batik Tengah itu, lalu mampir beli batik," ucap Okta, penjual gerai di Kampung Batik.
0
35 Melirik Kota Semarang yang Makin Menarik
Beberapa ruas serta tempat di Kota Semarang, Jawa Tengah, alami banyak perubahan dalam 2 th. paling akhir. Bahkan juga ada pula perkampungan kumuh yang saat ini jadi destinasi wisata.

Perubahan-perubahan itu dipertunjukkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam akun Instagram-nya. Tempat pertama yang di-posting yaitu Pasar Peterongan, yang saat ini telah teratur rapi, termasuk juga sisi depannya.

Menulis ke-2 yaitu Kampung Wonosari, yang letaknya tidak jauh dari Tugu Muda Semarang. Kampung yang ada di perbukitan itu terlebih dulu kumuh serta saat ini jadi Kampung Pelangi dengan tempat tinggal yang dicat warna-warni. Walau sistem pelaksanaannya belum juga usai, wisatawan telah banyak yang bertandang kesana.

Lalu ada jalan tembus Jalan Kartini-Jalan Gajah, persisnya di Jalan Jolotundo. Tempat ini terlebih dulu berbentuk jalan tanah berbatu, tetapi saat ini telah halus beraspal serta jalur pedestriannya dipercantik. Dalam caption-nya, Hendrar niat puasa arafah mengatakan jalan itu memperoleh penghargaan Jalan Hijau Indonesia 2016 dari Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat karna memakai material lokal, reuse, serta memerhatikan system drainase.

Dua perubahan selanjutnya yang di-posting Hendrar yaitu Imam Bonjol serta Jalan Madukoro Raya. Dua jalan itu saat ini jalur pedestriannya telah bagus.

Di Jalan Imam Bonjol bahkan juga seringkali jadikan tempat selfie, demikian halnya Jalan Madukoro Raya, yang ada di pinggir Sungai Kanal Banjir Timur.

Menulis paling baru yakni Tri Lomba Juang, yang disebut pusat berolahraga Kota Semarang. Penampilannya lebih modern serta fasilitasnya terang lebih komplit serta nyaman.

Untuk memperbandingkan dengan keadaan terlebih dulu, dapat diliat lewat Google Street View yang pengambilan gambarnya dikerjakan sekitaran 2 th. kemarin.

" Perubahan-perubahan itu adalah awal dari lompatan besar Kota Semarang di 2019, " tutur wali kota yang akrab disapa Hendi itu, Senin (8/5/2017).

Pembenahan Kota Semarang bukan sekedar untuk membuat cantik parasnya, tetapi juga menanggulangi beragam problem, baik service ataupun infrastruktur. Pekerjaan tempat tinggal Pemkot Semarang yang masih tetap berupaya ditanggulangi yaitu masalah banjir serta rob.

" Dalam perlakuan banjir di lokasi timur Semarang dengan pembuatan embung Trimulyo, Kaligawe-Sawah Besar, serta Karangroto dan peninggian perapet Kali Tenggang dam Sringin, yang semua menelan cost Rp 1, 2 triliun, " jelas Hendi.
0
36 Wali Kota Semarang Ingatkan Pola Hidup Serba Jempol Tak Sehat
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi alias Hendi mengingatkan pola hidup masyarakat masa kini yang serba jempol kian memudahkan aktivitas. Hanya menggunakan gadget dan jempol, kata dia, manusia masa kini bisa memenuhi hampir semua kebutuhan hidup tanpa harus beranjak dari tempat.

“Kemajuan teknologi memudahkan dan membuat hampir semua urusan bisa terpenuhi dengan hanya menggunakan jempol saja. Ya, seiring kemajuan teknologi,” kata Hendi seusai pencanangan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di Balai Kota Semarang, Jumat (28/7/2017).

Germas digagas untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Termasuk kata Hendi, pola hidup kurang sehat manusia masa kini yang kurangnya bergerak karena dimudahkan kemajuan teknologi.

“Mau pesan makan enggak usah jalan, tinggal pakai aplikasi ojek online, mau transfer uang enggak usah ke ATM, tinggal pakai aplikasi Internet banking, dan seterusnya,” katanya. Akhirnya, kata Hendi, terjadi penurunan aktivitas tubuh secara fisik sebab semuanya tinggal menggerakkan jempol yang sebenarnya tidak menyehatkan dan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan.

Kecenderungan sekarang ini, kata orang nomor satu di Kota Semarang itu, angka kesakitan dan kematian didominasi oleh penyakit tidak menular, nonton bola streaming seperti stroke, kanker, dan jantung. “Hal ini dipicu, salah satunya pola hidup yang kurang sehat dan kurang gerak. Makanya, Germas perlu didorong sehingga terwujud masyarakat yang sadar untuk berpola hidup sehat,” katanya.

Menurut dia, komitmen mewujudkan masyarakat sehat merupakan salah satu program prioritas di lima tahun kepemimpinannya karena kesehatan adalah potensi dasar mewujudkan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera. “Alhamdulillah, saya sampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama seluruh RS negeri dan swasta di Kota Semarang yang memberikan layanan BPJS dan Jamkesmas Kota Semarang,” katanya.

Pencanangan Germas dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti senam bugar bersama, tes kebugaran dan kesehatan gratis, pameran kesehatan, hingga pembagian buah dan sayur secara gratis. Hadir dalam pencanangan Germas, antara lain para direktur RS negeri dan swasta di Kota Semarang, organisasi profesi, pengurus Forum Kota Sehat, serta jajaran camat dan lurah.
0
37 Target Tim Saber Pungli di Kota Semarang
Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Semarang dikukuhkan bersama 51 anggotanya. Tim itu disuruh memberantas pungli sampai tingkat Kelurahan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebutkan ada delapan bagian sebagai perhatian paling utama pemberantasan pungli. Delapan bagian itu yaitu bagian perizinan, lalu hibah serta bansos, lantas kepegawaian mencakup mutasi pegawai, promosi jabatan, serta kenaikan pangkat.

Kemudian, ada bagian pendidikan, mencakup pencairan dana BOS serta pemotongan uang makan guru. Selanjutnya ada dana desa, service umum, pengadaan barang serta layanan, dan kerjaan beda yang mempunyai resiko penyimpangan.

" Di Kota Semarang, tak ada dana desa. Saya berharap tujuh bagian beda mesti clear dari pungli, " tegas Hendrar di ruangan Lokakrida kompleks Balai Kota Semarang tempo hari, Rabu (11/1/2017).

Anggota Saber Pungli itu terbagi dalam lembaga Kodim 0733 BS/Semarang, Polrestabes Semarang, Kejaksaan Negeri Semarang, Denpom IV/5 Semarang, Tubuh Intelijen Negara Perwakilan Jawa Tengah, home design Ketua DPRD, akademisi/pakar, dan sebagian piranti daerah Pemkot Semarang, seperti inspektorat, serta sisi hukum.

" Tim Satgas Saber Pungli ini adalah tindak lanjut dari Perpres Nomor 87 Th. 2016 berkenaan Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 180/3935/SJ berkenaan Pengawasan Pungli dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, " jelas Hendrar.

Ia menyatakan tim itu supaya memerlihatkan kemampuannya dikarenakan, menurut Hendrar, praktek pungli berlangsung di beberapa daerah walaupun nilainya sedikit. Oleh maka itu, Tim Saber Pungli butuh juga menelusuri hingga tingkat kelurahan.

" Jadi dari itu, selekasnya sesudah ini, kerjakan sosialisasi berkenaan Saber Pungli hingga ke tingkat bawah sampai kecamatan serta kelurahan, dikarenakan sia-sia seandainya pungli cuma diberantas yang di atas-atas atau institusi-institusi besar saja, sesaat di kecamatan atau bahkan juga kelurahan budaya pungli walaupun nilainya kecil tetaplah ada, " tandasnya.

Wali kota yang akrab disapa Hendi itu juga berpesan supaya orang-orang turut andil dalam memberantas pungli, lewat cara melapor misalnya lihat praktek pungli.

" Dengan langkah warga orang-orang untuk ingin serta berani melapor tiap tiap aksi pungli sekecil apapun nilainya lewat situs saberpungli. id atau SMS ke nomor 1193 serta hotline telepon di nomor 193 atau segera lapor ke Pemkot Semarang, " katanya.

Dalam tim itu, pihak yang di beri amanah jadi ketua I yaitu Wakapolrestabes Semarang AKBP R. Setijo Nugroho Hasto. Lalu ketua II Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Tri Hananto. Sedang Wali Kota Hendrar jadi Penanggung Jawab. Mengenai wakilnya, Hevearita Gunaryanti Rahayu, bersama pimpinan Forkompinda jadi Wakil Penanggung Jawab.
0
38 Lihat Muka Kota Semarang yang Semakin Cantik
Beberapa ruas serta tempat di Kota Semarang, Jawa Tengah, alami banyak perubahan dalam 2 th. paling akhir. Bahkan juga ada pula perkampungan kumuh yang saat ini jadi Lihattujuan wisata.

Perubahan-perubahan itu dipertunjukkan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam akun Instagram-nya. Tempat pertama yang di-posting yaitu Pasar Peterongan, yang saat ini telah teratur rapi, termasuk juga sisi depannya.

Menulis ke-2 yaitu Kampung Wonosari, yang letaknya tidak jauh dari Tugu Muda Semarang. Kampung yang ada di perbukitan itu terlebih dulu kumuh serta saat ini jadi Kampung Pelangi dengan tempat tinggal yang dicat warna-warni. Walau sistem pelaksanaannya belum juga usai, wisatawan telah banyak yang bertandang kesana.

Lalu ada jalan tembus Jalan Kartini-Jalan Gajah, persisnya di Jalan Jolotundo. Tempat ini terlebih dulu berbentuk jalan tanah berbatu, tetapi saat ini telah halus beraspal serta jalur pedestriannya dipercantik. Dalam caption-nya, niat puasa arafah Hendrar mengatakan jalan itu memperoleh penghargaan Jalan Hijau Indonesia 2016 dari Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat karna memakai material lokal, reuse, serta memerhatikan system drainase.

Lalu ada jalan tembus Jalan Kartini-Jalan Gajah, persisnya di Jalan Jolotundo. Tempat ini terlebih dulu berbentuk jalan tanah berbatu, tetapi saat ini telah halus beraspal serta jalur pedestriannya dipercantik. Dalam caption-nya, Hendrar mengatakan jalan itu memperoleh penghargaan Jalan Hijau Indonesia 2016 dari Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat karna memakai material lokal, reuse, serta memerhatikan system drainase.

Dua perubahan selanjutnya yang di-posting Hendrar yaitu Imam Bonjol serta Jalan Madukoro Raya. Dua jalan itu saat ini jalur pedestriannya telah bagus, Untuk memperbandingkan dengan keadaan terlebih dulu, dapat diliat lewat Google Street View yang pengambilan gambarnya dikerjakan sekitaran 2 th. kemarin.

" Perubahan-perubahan itu adalah awal dari lompatan besar Kota Semarang di 2019, " tutur wali kota yang akrab disapa Hendi itu, Senin (8/5/2017).
0
39 Keliling Kota Semarang dengan Bus Tingkat Gratis
Tidak hanya Jakarta dan Bandung yang memiliki fasilitas bus untuk pelancong. Saat berkunjung ke Semarang, Anda juga bisa menikmati wisata kota khas dengan snack spring rolls dengan tingkat bus.

Bukan bus tingkat reguler, bus ini terlihat sangat mewah. Fasilitas bis gratis yang bertuliskan 'Yuk Muter-Muter Semarang' akan membawa Anda wisatawan untuk menjelajahi tempat-tempat menarik dan tempat-tempat indah di Kota Semarang. Bus jumbo ini dibuat di Nusantara Gemilang Kudus.

Spesifikasi lengkap memiliki tinggi 4,2 meter, panjang 12 meter, dan lebar 2,5 meter. Bus lampu merah ini mampu menampung 70 penumpang. Sebanyak 12 penumpang bisa menempati lantai bawah dan 58 penumpang di level atas.

Selain kondisi bus yang luas, bus yang live streaming sctv dibeli seharga Rp3,5 miliar juga dilengkapi fasilitas AC yang memadai. Bus juga sangat bersahabat untuk penyandang cacat.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan bahwa bus khusus dari jalan-jalan ini sekarang sedang diuji. Jalan percobaan layak dilakukan di sejumlah rute wisata di kota Semarang dan sekitarnya.

"Peluncuran bus ini akan dilakukan 17 September 2017 bertepatan dengan Hari Perhubungan," kata Hendrar, Senin 28 Agustus 2017.

Keberadaan bus tingkat ini diklaim mengikuti kesuksesan bus Semar Jawi yang diluncurkan beberapa tahun lalu. Saat ini, Pemkot Semarang masih menyesuaikan infrastruktur pendukung sehingga tingkat bus bisa diaspal dengan lancar.

"Beberapa evaluasi misalnya di persimpangan Gajahmada-Depok, beberapa kabel harus ditingkatkan, beberapa kabel di segmen Imam Bonjol harus dinaikkan, tanaman yang harus dipangkas dari cabang-cabangnya," kata Hendrar.

Pemerintah Kota juga telah menjalin kerja sama dengan kabupaten-kabupaten di sekitar Semarang, seperti kabupaten Demak, Semarang jadwal bola malam ini dan Kendal untuk memperluas jangkauan bus-bus ini. Nantinya, lokasi pariwisata di tiga wilayah itu akan masuk jalur yang bisa dikunjungi.

"Kami telah membuat MoU untuk program pariwisata seperti Curug Sewu di Kendal atau Kendal atau Masjid Agung Kendari, atau ke Ungaran, setiap hari di kota Semarang tapi pada saat mencoba rute yang bisa lewat di luar kota Semarang," kata Wali. Familiar disebut Hendi.

Untuk rute di dalam kota, Semarang sendiri kini memiliki banyak pilihan destinasi. Mulai tujuan sejarah seperti Lawang Sewu, Old Town Area dan pagoda Sam Pho Kong. Lalu ada destinasi alam, seperti pantai Marina, pantai Maron dan Goa Kreo yang berada di kawasan Waduk Jatibarang.

Semarang juga memiliki tur terakhir Kampung Pelangi dan air terjun di daerah Ngaliyan. Belum lagi tur desa yang kini terus dipromosikan oleh pemerintah melalui program kampung tematik.

Bus Pernikahan

Tur bus khusus di Kota Semarang, Jawa Tengah

Keberadaan tingkat bus di kota Semarang sendiri telah menjadi sorotan dan menjadi andalan andalan transportasi utama di era 1980-an. Saat itu, bus tingkat ini memiliki nama Double Decker. Warga Semarang akrab memanggil transportasi dengan 'bus mate' karena dua lantai berpose ditumpuk.

Angkutan massal unik ini sebelumnya dikelola oleh Perum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (Damri) tepatnya era Gubernur Jawa Tengah yang bertugas mendiang Soepardjo Rustam. Saat itu ada 15 unit bus tingkat di kota Semarang. Angkutan massal diangkut di wilayah Ngaliyan-Simpang Lima-Johar, dan Pelabuhan-Jatingaleh.

Berbagai sumber mengatakan, kemunculan bus tingkat Indonesia tak lepas dari peran mantan Presiden Soeharto, pada 1983. Saat itu, Pemerintah Indonesia mendapatkan tingkat hibah bus dari pemerintah Inggris dan Swedia. Ada dua merek yaitu Volvo dan Leyland. Dan Semarang mendapatkan bus tingkat merek Leyland Atlanteans dengan Duple-Metsec Agency.
0
40 Semarang Kreatif Galeri
Lokasi menarik bagi penggemar selfie dan juga wisatawan di kota Semarang kembali bertambah. Semarang Creative Gallery di kawasan Kota Tua yang menarik dengan jalur pejalan kaki.

Lokasinya terletak di Jalan Letjen Suprapto tak jauh dari Gereja Blenduk, tepatnya di bangunan kuno yang digunakan oleh PT Telkom. Sore hari, banyak wisatawan yang datang kemudian berpose di depan pejalan kaki di depan gedung.

Desain pejalan kaki sangat menarik karena luas dan memiliki aneka ornamen. Perpaduan meja dan kursi antik di depan gedung juga menarik warga untuk nongkrong di sana.

Jika Anda puas berfoto di pejalan kaki, pengunjung bisa mampir ke Semarang Creative Gallery. Di dalamnya ada berbagai produk produk mivo tv UMKM di Semarang seperti pakaian, tas, sepatu. Masih di gedung yang sama, Keris Cafe menyediakan souvenir tradisional dan makanan ringan dengan gaya kafe.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, lokasi tersebut menjadi salah satu penyempurnaan mewujudkan Kota Tua Semarang sebagai tempat tujuan wisata heritage.

"Kota tua ini memiliki sekitar 200 bangunan bersejarah dengan kepemilikan pribadi atau swasta yang tidak memungkinkan live streaming sctv APBD memasuki gedung, jadi kami terus memperbaiki infrastruktur kawasan dan mendorong pemiliknya untuk merevitalisasi dan memulihkannya," katanya, Jumat (4/8/2017).

Galeri yang kini menjadi target penggemar selfie baru ini diresmikan pada Selasa (1/8) tadi malam oleh walikota Semarang. Produk dari 28 UMKM dipamerkan ini diharapkan bisa menarik wisatawan yang datang.

Dengan Galeri Kreatif Semarang, setidaknya di mana foto-foto di Kota Tua tumbuh tidak hanya di Gereja Blenduk dan Taman Srigunting. Saat memotret, bisa juga menghadirkan kreativitas cendera mata dari Semarang.
0
41 Volume Kendaraan Di Kota Semarang semakin Memadat
Kepadatan kendaraan berlangsung mulai di Pantura dari Kabupaten Kendal sampai masuk ke Kota Semarang. Jalan raya padat merayap buat kendaraan mobil ataupun motor mesti jalan begitu perlahan.

Satu diantara pemudik, seseorang menyebutkan dianya pergi dari Tegal menuju Kota Semarang mulai sejak jam 01. 30 WIB dinihari barusan. Kemacetan di Tegal-Pemalang dapat dilewati, tetapi mulai sejak Jalan Arteri Kaliwungu Kendal atau sekira 2 km dari terminal Mangkang Semarang.

Keadaan jalan raya kembali macet, " Hingga terminal Mangkang masih tetap merayap, ini mungkin saja karna pasar Mangkang.
Arus jalan raya dari arah Jl. A. Yani serta Jl. Majapahit tidak bisa masuk ke Jl. M. T. Haryono, tetapi mesti lewat Jl. Kompol Maksum. Kendaraan dari Jl. Menteri Supeno juga tidak dapat segera masuk ke Jl, Pahlawan, puasa asyura tetapi mesti belok kiri lewat depan SMAN 1 Semarang terlebih dulu baru belok kanan atau melingkari Taman KB.

Pengendara yang melintas di jalur ini diinginkan bersabar karna memanglah tak ada celah untuk mendahului. Disamping itu dari arah demikian sebaliknya yakni dari Semarang ke arah Barat tak ada kendala hingga di Kabupaten Batang, " Dari arah demikian sebaliknya lancar. Namun dari Kendal ke Semarang padat sekali. Ini (jam 08. 34 WIB) saya masih tetap berhenti keseluruhan, jalannya perlahan sekali kelak, " katanya.
0
42 Semarang Mulai Operasikan CCTV Tilang
Kota Semarang, Jawa Tengah mengaplikasikan beberapa perlengkapan pandai untuk membudayakan teratur berlalu lintas untuk warganya. Satu diantaranya dengan menempatkan camera pengawas closed-circuit television (CCTV) yang diperlengkapi dengan pengeras nada.

Piranti ini adalah terobosan system Ruang Traffic Control Sistem (ATCS) yang diinisiasi Dinas Perhubungan Kota Semarang. Terkecuali berperan jadi fasilitas tilang lewat CCTV seperti di Surabaya, system ini menolong petugas dinas berkaitan untuk menegor pengendara nakal dengan segera.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pemakaian system ATCS adalah satu diantara aplikasi dari rencana harga ac kota pandai atau smart city yang selalu dikerjakan kotanya. Lewat system itu juga, semuanya system serta aplikasi yang ada di buat untuk jalan keluar dari tiap-tiap persoalan, termasuk juga jalan raya.

" Jadi system ATCS yang diperlengkapi CCTV, tersambung dengan ruangan kontrol. Fungsinya untuk bertindak preventif dalam menghindar kecelakaan jalan raya dengan tingkatkan kesadaraan berlalu lintas, " kata Hendrar, Rabu, 13 September 2017.

Lewat ATCS yang diperlengkapi CCTV itu juga ruangan ruang kontrol petugas Dinas Perhubungan juga akan senantiasa standby. Beberapa petugas juga akan dapat menertibkan pengendara tanpa ada mesti datang segera ke tempat. Tetapi cuma cukup hanya dikendalikan lewat pengeras nada.

Wali Kota mencontohkan, system pengeras nada itu juga akan dapat mengingatkan beberapa ketentuan pada pengendara. Umpamanya, bila harga ac 1 2 pk pengendara roda dua yang paling ujung jangan pernah melalui zebra cross. Atau perintah mundur atau berbelok untuk pengendara yang mengganggu pemakai jalan yang beda.

Hendrar mengatakan supaya system itu maksimum, pihaknya juga akan lakukan menambahkan 11 ATCS pada November 2017 yang akan datang. Terlebih dulu ATCS ini. Sudah dipasang di 26 titik dari keseluruhan 56 persimpangan trafic light di Kota Semarang.

" Maksud kita terang supaya system ini mengajarkan disiplin berlalu lintas pada orang-orang, "

Menurut Hendrar, menambahkan ATCS itu juga dilatarbelakangi banyak pengemudi kendaraan, terlebih sepeda motor lakukan pelanggaran jalan raya walau rambu-rambu jalan raya telah dipasang.

Terkecuali dapat digunakan menolong petugas untuk kepentingan tilang, system ini dapat juga menolong dalam pengusutan satu peristiwa di jalan raya, seperti tabrakan, tawuran dan kriminalitas terekam lewat CCTV.
0
43 60 Penjaja Kuliner Ramaikan Festival 'Lezaatnesia' di Kota Semarang
Mulai sejak dahulu Semarang di kenal juga akan makanan nikmatnya. Lewat festival ini diinginkan warisan kuliner lokal tetaplah dapat tetaplah lestari.

Bila akhir minggu ini berada di Kota Semarang Anda dapat isi waktu dengan berburu kuliner. Ada Festival Kuliner Nusantara yang mendatangkan beragam kuliner tradisionil.

Berada di Pasaraya Sri Ratu Semarang, Jalan Pemuda, festival bernama 'Lezaatnesia' ini senantiasa ramai dikunjungi mulai sejak harga mesin cuci di buka 5 September kemarin. Pengunjung dapat mulai berburu kuliner jam 11. 00 sampai 21. 00 WIB malam. Serta festival selesai pada hari Minggu (10/9) yang akan datang.

60 Penjual Kuliner Ramaikan Festival 'Lezaatnesia' di Kota SemarangSuasana Festival Makanan Nusantara, Lezaatnesia (Photo : dok. detikFood)

Penyelenggara, Firdaus menyebutkan ada 60 stand kuliner yang dapat dijelajahi pengunjung. Sesuai sama topiknya yakni Nusantara, Firdaus memanglah berniat menyuguhkan makanan ciri khas daerah di Indonesia serta meminimalisir kuliner-kuliner baru.

" Ada 60 tenant, umumnya makanan ciri khas nusantara. Ada pula yang fusion, kombinasi, satu diantaranya ada burger rendang, " kata Firdaus pada detikcom, Jumat (8/9/2017).

Firdaus mempunyai misi untuk mengenalkan masakan ciri khas daerah terlebih pada generasi muda. Oleh karenanya ia berniat membagikan 100 kue Ganjel Rel ciri khas Semarang pada pengunjung muda sehari-harinya.

" Maksudnya mengedukasi, jadi untuk pembagian Ganjel Rel juga saya beri ke yang muda-muda, serta tentunya banyak yang belum juga tahu harga printer canon bila kue ini harusnya dikonsumsi dengan ditemani teh supaya lebih enak. Kue Ganjel Rel ini telah tidak sering yang buat, " kata Firdaus.

60 Penjual Kuliner Ramaikan Festival 'Lezaatnesia' di Kota SemarangAda 60 Penjual Kuliner di Festival Lezaatnesia (Photo : dok. detikFood)

Dalam satu hari, pengunjung yang datang dapat menjangkau 3. 000 orang lebih. Pengunjung ramai pada jam-jam makan siang serta makan malam.

Untuk pengunjung dari luar kota yang ingin datang, akses ke tempat cukup gampang, bila dari Tugu Muda, cukup menelusuri Jalan Pemuda depan Balai Kota lurus arah Johar sampai ada Pasaraya Sri Ratu di kiri Jalan. Untuk masuk ke tempat tidak dipungut cost serta harga kulinernya juga terjangkau.
0
44 Dinas Perdagangan Segera Tata Pasar Meteseh
Dinas Perdagangan Kota Semarang selekasnya membenahi Pasar Meteseh yang diutamakan dalam Biaya Pendapatan serta Berbelanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017. “Kami telah prioritaskan pengaturan Pasar Meteseh di APBD Perubahan 2017, seperti perbaikan saluran, ” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto di Kota Semarang, Kamis (14/9/2017).

Gagasannya, kata dia, saluran yang berada di sekitaran pasar tradisionil itu juga akan dilebarkan 1/2 mtr. serta kedalamannya jadikan satu mtr. supaya menyimpan aliran air, dan perbaikan kanopi. Menurutnya, beberapa pedagang di Pasar Meteseh memanglah ada yang mengeluhkan sepi konsumen hingga memohon kemudahan retribusi yang juga akan difasilitasi oleh Dinas Perdagangan Kota Semarang.

“Sesuai dengan ketentuan daerah perda yang ada kan dapat ada pengurangan retribusi sampai 25%. Tidak jadi masalah untuk kami, selama mereka memiliki komitmen tempati pasar itu, ” tuturnya.

Pengaturan Pasar Meteseh, kata dia, mencakup juga penertiban pasar tiban yang berada di lokasi Sendangmulyo hingga aktivitas jual-beli nama bayi dapat terpusat di Pasar Meteseh yang relatif berdekatan. “Pasar tiban ini juga akan kami tata nanti supaya Pasar Meteseh dapat tambah baik sekali lagi. Sebab, disana juga telah padat masyarakat hingga warga dapat lakukan transaksi di Pasar Meteseh saja, ” tuturnya.

Terlebih dulu, beberapa pedagang di Pasar Meteseh memohon pasar tiban di lokasi Sendangmulyo yang relatif berdekatan dengan pasar tradisionil itu ditertibkan, terlebih mereka tidak ditarik retribusi. Ketua Paguyuban Pedagang Layanan serta Pasar (PPJP) Pasar Meteseh Semarang, Yeni Nurvita, memohon Dinas Perdagangan lakukan penertiban pasar tumpah di Sendangmulyo karna buat pasar resmi sepi.

“Warga semakin banyak pilih ke pasar krempyeng disana Sendangmulyo hingga Pasar Meteseh ini sepi. Walau sebenarnya, mereka tidak ditarik retribusi. Kasihan pedagang di Pasar Meteseh, ” katanya.

Dia mengaku, beberapa pedagang di Pasar Meteseh saat ini tengah berbenah karna cuma ada 200 pedagang yang aktif dari keseluruhan nama anak perempuan sekitaran 500-an kios serta los yang berada di pasar tradisionil itu. Peluang, kata dia, Pasar Meteseh yang masih tetap sepi dikarenakan banyak orang-orang ataupun pedagang sendiri yang belum juga tahu pasar tradisionil itu telah dioperasikan kembali seperti dahulu.

“Sebenarnya, Pasar Meteseh ini telah lengkap sediakan beragam keperluan orang-orang, mulai sayur-sayuran, baju, daging, gerabah, optik, arloji, dsb, ” tuturnya. Dari sekitaran 500 kios serta los yang ada, kata dia, sebenarnya semua ada yang mempunyai, namun banyak pedagang pasar tradisionil itu yang belum juga tahu serta belum juga tempati hingga butuh selalu disosialisasikan.
0
45 Lantunan dan Tarian Persatuan dari Semarang
Minggu malam, gereja Bongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah senantiasa dipadati beberapa ribu umat Katolik yang tinggal di sekitaran Kecamatan Semarang Barat. Mereka berkumpul menggerakkan beribadah misa.

Dengan khidmat mereka dengarkan bacaan Injil serta khotbah dari pastor yang memimpin beribadah misa. Bukan sekedar itu, mereka juga kadang-kadang melantunkan lagu pujian di gereja yang senantiasa dipadati umat dari beragam umur itu.

Tetapi ada yang berlainan pada beribadah Minggu, 17 September 2017, malam kesempatan ini. Halaman serta aula gereja yang ada di Jalan nama bayi Puspowarno Raya, Kota Semarang itu didatangi warga yang bukanlah jemaat gereja. Tampak berkumpul wanita berhijab, dan rombongan dari Raja Ampat Papua serta Jakarta.

Rupanya, mereka menginginkan melihat bermacam pertunjukan menarik di panggung aula itu. Jadi tampilan pembuka, beberapa siswa bergoyang Maumere. Tindakan mereka ini juga tidak pelak buat beberapa ratus orang yang ada turut bergoyang.

Ibu-ibu dari agama Katolik juga tidak ingin kalah menghadirkan pertunjukan yang memukau pengunjung. Mereka menghadirkan lagu-lagu yang dikemas dengan kekompakan gabungan nada.

Rombongan Peace Train waktu berdialog dengan berkaitan keberagaman di Kota Semarang. (Liputan6. com/Felek Wahyu)

Lagu daerah ciri khas kota Semarang yaitu lagu Gambang Semarang juga ikut menyemarakkan malam itu. Bahkan juga, beberapa pemuda dengan juga semangat memainkan lagu Ya Lal Wathon yaitu lagu penyemangat perjuangan warga Nahdlatul Ulama (NU).

" Keberagaman yang menginginkan dibuat dalam aktivitas Peace Train Goes to Semarang City. Aktivitas ini dibarengi beberapa anak muda dari lintas agama. Ada Katolik, Kristen, Islam, Saptodarmo, bahkan juga ada pula dari luar negeri yaitu Afrika, " ungkap Anik HT, penggagas Peace Train.

Aktivitas pertama Peace Train memanglah berniat di gelar di Kota Semarang. Rombongan di ajak berkunjung ke tempat beribadah beragam agama. " Kita kejutan, ada peserta yang mengakui baru berkunjung ke tempat beribadah agama beda, " kata Anik.

" Kita mendorong anak muda belajar toleransi dengan perjalanan segera. Kita bawa mereka ke tempat beribadah agama beda seperti wihara, masjid, pura, serta gereja. Keberagaman di Semarang mungkin saja jenis nasional dimana kota yang demikian maju tetapi ada beragam agama serta terwujud situasi damai yang toleransi, " dia memberikan.

Rombongan Peace Train waktu berdialog dengan berkaitan keberagaman di Kota Semarang. (Liputan6. com/Felek Wahyu)

Be, peserta Peace Train asal Afrika menyebutkan dianya ada di Indonesia sampai setahun ke depan. Wanita yang telah fasih berbahasa nama anak perempuan Indonesia itu mengakui suka dapat belajar toleransi dengan lihat segera tempat agama yang berada di Kota Semarang.

" Saya suka di Kota Semarang demikian damai, " saya remaja putri yang datang dengan Joice sesama peserta asal Afrika.

Kunjungan perwakilan pemuda dari beberapa daerah ke Semarang diterima positif Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi. Menurutnya, melindungi persatuan bangsa yang bermacam seperti Indonesia ini adalah pekerjaan dengan.

" Dapat ambil pengalaman toleransi dalam keberagaman di Kota Semarang ke kota beda. Karna keberagaman jadi kemampuan bangsa, " Supriyadi menandaskan.
0
46 Tingkatkan Prestasi dan Kreativitas Belajar Lewat Pentas PAI
Ungaran – Dalam rencana tingkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dengan komprehensif dan jadi usaha menumbuhkembangkan budaya belajar, kreatifitas serta motivasi mencapai prestasi yang paling baik di bagian Agama Islam, Kankemenag bekerja bersama dengan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda serta Berolahraga (DISDIKBUDPORA) Kabupaten Semarang mengadakan aktivitas Minggu Ketrampilan Serta Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke-III di Aula SMAN 2 Ungaran, Sabtu (12/8).

Aktivitas teratur dua tahunan ini adalah aktivitas yang melibatkan peserta didik mulai tahap SD hingga SMA/SMK bacaan sholat lengkap dengan mempertandingkan lima cabang lomba seperti berikut : (1) Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) (2) Lomba Pidato PAI (LPP) (3) Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) (4) Lomba Kaligrafi Islam (LKI) (5) Lomba Debat PAI (LDP).

Kakankemenag Kab. Semarang Muhdi dalam sambutannya mengharapkan, aktivitas ini jadikan instrumen pembinaan serta pemantauan dan pelajari perubahan kesuksesan evaluasi PAI di sekolah. Menurut dia, dengan melibatkan semua komponen yang berkaitan serta terpadu dalam evaluasi di sekolah, besar peluang juga akan lahir generasi penerus yang berkwalitas, trampil, cerdas, maju, doa qunut subuh mandiri serta moderen. “Disadari ataupun tidak, tidak mungkin evaluasi PAI juga akan terwujud dengan baik tanpa ada support serta partisipasi semua elemen di sekolah, ” katanya.

Diakhir sambutan, Muhdi tidak lupa mengatakan terimakasih pada seluruh stakeholder yang ikut mensukseskan Pentas PAI tingkat Kabupaten Semarang untuk yang ke-3 kalinya. “Terimakasih atas semua pertolongan serta kerjasamanya, mudah-mudahan ke depan, kwalitas pendidikan PAI di Kabupaten Semarang makin baik, ” paparnya.
0