Forum Diskusi Kota

form login member

Email:

Password:

9 Top Users

Members Online

NO Judul Kategori All
1 Cara Orang China Membangun Kota
Beberapa Minggu lalu, saya menerima tugas untuk mengantarkan barang seberat dua ton lebih ke kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, melalui kapal besar milik Pelni. Sesampai di Pelabuhan Kijang Kabupaten Bintan, saya memesan truk untuk mengantarkan barang tersebut ke Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang. Saya pun sedikit bertanya-tanya tentang Tanjungpinang dan daerah Kepulauan Riau lainnya kepada sopir truk hingga banyak cerita yang diungkapkan sopir tersebut. Sopir truk itu mengatakan, bahwa populasi terbesar kota Tanjungpinang adalah orang China, tentunya tak tahu berapa persennya. Yang jelas, orang China menguasai perekonomian di kota Tanjungpinang.

Justru orang Melayu tak terjun dalam dunia perdagangan. Mereka tak memiliki toko, hotel, restauran dan pusat berbelanjaan lainnya. Kebanyakan orang China yang menguasai perekonomian di kota tersebut. Sisanya baru sholat tahajud orang Jawa, Maluku, Padang, dan lainnya. Orang Melayu lebih suka tinggal di pesisir pantai dan sisi laut dengan mendirikan rumah panggung. Mata pencaharian utamanya adalah hasil tangkapan melaut.

Bersama salah satu kepala bidang Dinas Pariwisata Kota Tanjungpiang, saya juga banyak berbincang. Kepala dinas itu mengatakan, bahwa populasi tersebesar di kota tersebut adalah orang Melayu, yang kedua adalah orang China, ketiga dari pulau Jawa, selebihnya dari Sumetara, Maluku, NTT, dan orang timur lainnya. Sehabis dari Tanjungpinang, saya menuju kota Batam yang dikenal dengan industri elektronik. Batam berdekatan dengan negara Singapura. Kurang dari dua jam, dari ktoa Batam kita bisa singgah di negeri Jiran ini.

Saat saya menaiki taksi, sempat berbincang dengan sopir taksi yang berasal dari Padang ini. Dia mengatakan bahwa tanpa orang China, Batam tidak akan menjadi kota, dan tidak akan seramai sekarang. Jika kita menengok Singapura, pulau yang berdekatan dengan kota Batam, populasi terbesar adalah orang China yang mencapai 70 persen lebih, jauh dari populasi orang Melayu. Bahkan Singapura didirikan oleh orang-orang China yang sudah menetap dan membangun kota di Singapura.

Sepulang dari Kepri, saya membaca sebuah buku berjudul Asian Godfather: Menguak Tabir Perselingkuhan Pengusaha dan Penguasa, yang ditulis oleh seorang jurnalis Amerika Serikat bernama Joe Studwell. Godfather bisa diterjemahkan niat puasa senin kamis  secara harfiah adalah bapak baptis. Istilah ini diperkenalkan oleh seorang jurnalis Mario Puzo dalam novelnya berjudul Godfather. Godfather bisa diartikan sebagai pemimpin, baik dalam dunia bisnis mapun dunia lainnya yang memiliki pengaruh yang kuat, dapat mengendalikan banyak hal yang dia inginkan. Seorang godfather seperti seorang raja yang memiliki banyak prajurit.

Buku Asian Godfather mengupas kisah perjalanan para bos dan raja bisnis di Asia, terutama Asia Tenggara. Dapat ditebak, yang dimaksud godfather dalam buku tersebut ternyata orang-orang China. Sebut saja ada nama taipan Sudono Salim, Tommy Winata, Bob Hasan, dan Sukanto Tanoto, orang China yang membangun kerajaan bisnis di Indonesia. Godfather lain yang diceritakan buku ini adalah Henry Kuok, godfather di Hongkong. Para taipan lain di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand juga orang China. Memang benar, dengan kehadiran orang China ternyata membawa pembangunan ekonomi suatu negara.

Menyebut bisnis orang China, tak hanya diidentikan dengan orangnya saja. Tetapi, negaranya pun lebih handal dalam menjalankan perdagangan dengan negara lain. Tengok saja, di setiap pasar pasti ada produk China. Tak hanya di Indonesia, di negara maju seperti Amerika dan Eropa saja pasar-pasar dibanjiri dengan produk China. Kini, perekonomian dan perdagangan sudah hampir berada di tangan China. Ke depannya, industri teknologi akan dikuasai oleh China.

China hanya berdagang, yang menjajah dan menjarah itu Amerika, Eropa dan Jepang. Salah jika kita mengatakan China menjajah Indonesia dengan ekonomi. Sumber daya alam yang ada di Indonesia contohnya banyak dieksploitasi oleh Amerika dan Eropa. Dua kekuatan ekonomi tersebut, ditambah Jepang yang turut dalam perang dunia itu. Negara-negara tersebut juga banyak menjajah negara-negara Asia. Sementara China tak pernah menjajah dan menjarah negara lain. Bahkan China masuk dalam wilayah jajahan Eropa dan Jepang.

Orang China yang menjadi warga negara di negara tertentu juga lebih memilih berdagang dibandingkan masuk dalam lingkaran politik. Di Indonesia contohnya, mereka lebih memilih dekat dengan penguasa untuk memudahkan bisnisnya dibandingkan masuk politik. Sebut saja Lim Sioe Liong alias Sudono Salim yang tanggal 10 Juni 2012 meninggal di Singapura, semasa hidup di era Orde Baru amat dekat dengan Soeharto. Tommy Winata yang disebut anak ajaib itu amat dekat dengan kalangan militer. Melalui TB Silalahi, Tommy Winata diperkenalkan dengan petinggi-petinggi militer yang akhirnya mendapatkan banyak proyek.

Orang China yang kini banyak menjadi godfather, handal dalam lobi bisnis. Mereka cakap dalam mendekatkan diri dengan para penguasa. Berbicara godfather hanyalah wilayah para petinggi. Sulit untuk memahami bagi kita yang hanya golongan menengah bawah. Lebih real dan kasat mata adalah menengok pusat perbelanjaan serta pabrik-pabrik yang 24 jam tak pernah berhenti bekerja. Siapa pemiliknya, tentu saja mayoritas orang China.

Kebetulan sekali, saya sering kali ke percetakan yang ada di Bandung. Hampir semua percetakan dimiliki orang China. Begitu pula pusat percetakan di Jakarta yang terletak di Kali Baru, Pasar Senen, hampir semua mesin-mesinnya dimiliki orang China. Begitu pula pusat perbelanjaan semacam mall, departemen store, minimarket, dan pasar elektronik pemiliknya orang China pula. Sepertinya, orang China sudah ditakdirkan menjadi pedagang.

Sebuah kota bahkan negara bisa dibangun melalui aktivitas perdagangan. Kota bisa dikatakan ramai jika terdapat aktivitas bisnis dan perdagangan. Negara rapuh bila aktivitas bisnisnya macet. Kita dapat melihat ramainya jalan raya dan menjulangnya niat puasa arafah bangunan tinggi karena di sana terdapat aktivitas ekonomi atau bisnis atau juga disebut dagang. Sebentar lagi, Indonesia akan memiliki gedung tertinggi kelima di dunia yang dimiliki Tommy Winata. Tentu saja gedung tersebut digunakan untuk aktivitas ekonomi.

Saya jadi teringat dengan hadist nabi Muhammad, bahwa 99 persen pintu rizki itu ada di bidang perdagangan. Bahkan Muhammad juga pernah menyinggung tentang China, seperti perkataannya bahwa “Tuntutlah ilmu walaupun ke negeri China.” Berdagang, bisa membuka berbagai pintu. Orang bisa berdagang apa saja, seperti berdagang hukum, dagang pendidikan,  dagang ilmu, dagang siraman rohani, dagang tubuh, dagang politik dan kekuasaan, serta apa saja bisa diperdagangkan. Orang China lebih memilih dagang produk yang dibutuhkan manusia.
1
2 Website Resmi Dinas Perhubungan, Informasi dan Komunikasi
Gianyar kembali dinilai Aktivitas Wahana Tata Nugraha (WTN) Th. 2016 oleh Tim Penilai Lapangan Step II serta III dari Kementrian Perhubungan RI. Tim penilai yang di pimpin oleh, Ariandi Ariyus, S. SiT, M. Mtr, di terima Kapala Dinas Perhubungan, Kabar serta Komunikasi (Dishubinfokom) Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa, (22/8).

Penilaian dikerjakan dengan lakukan penilaian, pemotretan dan peninjaun ke sebagian titik jalan. Peninjauan pertama dikerjakan di Terminal Batubulan lalu berlanjut ke Kantor Dishubinfokom.

Di dua tempat ini, tim penilai yang terbagi dalam 5 (lima) orang lakukan peninjauan pada sebagian samsung android fasilitas serta prasarana yang ada di kantor itu salah satunya alat uji kendaraan. Peninjauan selanjutnya, menyasar sebagian titik jalan raya dan transportasi, termasuk juga fasilitas serta prasarana yang ada.

Kepala Dishubinfokom Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa menyampaikan penilaian waktu ini adalah penilaian lapangan yang dikerjakan dengan mendatangi segera sebagai object penilaian. Sedangkan, untuk pemaparan program serta kebijakan dikerjakan (23/8). Ada 14 item penilaian WTN misalnya manajemen transportasi, keadaan jalan, rambu-rambu jalan raya, biaya transportasi sampai integritas sumber daya manusia.

Cokorda Gde Rai Widiarsa memberikan, berdasar dari raihan WTN terlebih dulu, Pemkab Gianyar selalu berusaha tingkatkan kemampuan penyelenggaraan serta operasional transportasi. Berbagai program juga dikerjakan salah satunya, pengadaan serta pemasangan ATCS (Ruang Traffic Controlling Sistem) yang dilengkapi dengan harga samsung android CCTV pemantau arus jalan raya dan pingindalian Traffic Light dari ruangan pusat kendali Dishub Infokom Gianyar. Diluar itu mengelar Car Free Day/Car Free Night, penentuan awak kendaraan umum teladan, Marka Zoss (zona selamat sekolah), dan penyuluhan keselamatan berlalu lintas.
0
3 Rumah Singgah Kanker Hadir untuk Anak Prasejahtera Semarang
SEMARANG -- Kota Semarang saat ini punya tempat tinggal mampir untuk anak- anak pasien kanker, yang datang dari keluarga prasejahtera. Penggunaan tempat tinggal mampir yang dikelola Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) ini diresmikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Senin (26/9).

Tempat tinggal mampir yang beralamat di Jalan Kedungjati No 6 Kota Semarang ini diwujudkan dengan rancangan green house serta ramah untuk anak- anak. Jadi sanggup mendatangkan keadaan serta kehidupan yang sehat serta senang yang benar-benar dibutihkan untuk kesembuhan anak- anak pasien kanker.

Tidak cuman itu juga dilengkapi dengan beraneka layanan belajar untuk anak- anak- anak, dengan program 'sekolahku'. Jadi selama saat penyembuhan anak- anak pasien kanker masihlah dapat belajar.

Menurut Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, tempat tinggal mampir ini telah siap difungsikan peruntukannya dengan kemampuan huni 20 orang pasien kanker bersa seseorang pendamping.

Pengelola tempat tinggal mampir ini bukan cuma memberikannya layanan untuk tumbuh kembang dengan cara fisik atau psikologis. Tapi juga fasikitas buat meningkatan kebolehan berpikir yang baik.

Lantaran itu, kehadiran tempat tinggal mampir ini diinginkan bakal memberikannya banyak fungsi. Teristimewa untuk anak- anak yang doa sebelum belajar datang dari keluarga pra sejahtera serta sampai kini mesti berjuang melawan kanker. " Sebab, ada banyak saudara- saudara dan anak- anak pasien kanker yang datang dari keluarga kurang sanggup atau keluarga prasejahtera, " kata wali kota.

Ia juga memberikan, pemerintah menyongsong baik pendirian tempat tinggal mampir buat pasien kanker ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga perduli pada penyakit kanker ini.

Ia lantas berjanji, ke depan, Pemkot Semarang bakal menggandeng pihak- pihak perihal serta Ikatan Dokter Indonesia buat menunjang deteksi pada anak yang menanggung derita kanker.

Ketua YKAKI, Ira Soelistyo menuturkan, tempat tinggal mampir ini ditujukan untuk pasien rawat jalan ini sebagai yang ketiga di Indonesia, sesudah Makassar serta Pekanbaru.

Tujuannya untik menunjang pasien atau keluarga pasien supaya dapat berobat ke tempat tinggal sakit besar. " Oleh karena itu, di Semarang ini tempatnya dekat denga RSUP Dr Kariadi, " katanya.

Jadi kehadiran tempat tinggal mampir ini sanggup mempercepat hadirnya pasien dirumah sakit. " Beberapa pasien dari luar daerah juga benar-benar terbantu lantaran bakal membantu cost transportasi, " jadi Ira.
0
4 Cuaca Kota Semarang Hari Ini Diprediksi Cerah Berawan
cuaca Kota Semarang miliki potensi di prediksi cerah-berawan walaupun ada potensi hujan enteng sampai lagi tengah pada siang/malam hari. Seperti diberitakan dari web Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) arah angin dari barat laut kira-kira 19 km/jam dengan suhu 25 sampai 33 derajat celcius. Sesaat kelembapan hawa di seputar Semarang kira-kira 60 hingga 95 prosen.

Sesaat di daerah lain seperti lokasi Pantura, seperti Brebes, Tegal serta Pemalang cuaca di prediksi cerah-berawan. Arah angin dari barat laut kira-kira 19 km/jam, suhu 25 sampai 33 derajat celcius serta kelembapan hawa 65 hingga 95 prosen.

Utk lokasi Merapi yg mencakup Sleman, Boyolali, Magelang serta Salatiga cuaca di prediksi cerah berawan. Arah angin dari ucapan bulan ramadhan barat laut berkecepatan 19 km/jam, dengan suhu 23hingga 31 derajat celcius serta kelembapan 65 hingga 95 prosen.

Utk Pantura Jateng Area Timur (seputar G. Muria) seperti di Kudus, Pati, Rembang serta Jepara di prediksi cerah berawan. Arah angin dari barat laut berkecepatan 19 km/jam, dengan suhu 25 sampai 33 derajat celcius serta kelembapan hawa 65 hingga 95 prosen.

Utk lokasi Jateng Selatan seperti di Purbalingga serta Banyumas di prediksi diguyur hujan lagi tengah. Arah angin dari barat laut berkecepatan 19 km/jam, dengan suhu 25 sampai 32 derajat celcius serta kelembapan hawa 60 hingga 95 prosen.
0
5 Ditemukan Selebaran Berisi Tentang NKRI di Sebuah Kampus
Ketua Komunitas Koordinasi Mencegah Terorisme (FKPT) Jateng, Najahan Musyafak, mengakui prihatin dengan selebaran-selebaran berbentuk pamphlet, spanduk, serta bulletin yang diisi ajakan-ajakan menentang keberagaman serta kesatuan NKRI.

Parahnya, bulletin itu malah disebarkan oleh group spesifik di masjid-masjid selesai salat Jumat. Bahkan juga, Najahan mengakui, menemukannya bulletin diisi ajakan membuat perubahan basic NKRI pada Jumat (18/11/2016) lantas, di satu diantara masjid di Perguruan Tinggi di Kota Semarang.

" Ini kan benih. Kita dapatkan Jumat tempo hari di satu diantara masjid di perguruan tinggi di Kota Semarang, " tukasnya sementara sholat dhuha didapati waktu ada dalam Seminar Nasional bertopik " Peran Masjid dalam Penanggulangan Radikalisme serta Terorisme ", di Masjid Agung Jawa Tengah, Rabu (23/11/2016).

Ia menuturkan, masjid oleh group spesifik jadikan sebagai fasilitas untuk menebarluaskan ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Jadi, menurut dia, dalam soal ini takmir atau pengurus masjid mesti turut mengawasi berkenaan apa sajakah kesibukan yang ada di sekelilingnya.

" Berisi ini mesti diwaspadai, pengurus masjid mesti jalankan seleksi, " tegasnya.

Najahan juga merekomendasikan, seandainya di masjid-masjid ada buletin atau selebaran diisi provokasi oleh group spesifik, jadi pengurus masjid butuh bikin kontra cerita dengan bikin bulletin yang diisi menyebarkan nilai-nilai rahmatan lil alamin.

" Lantaran kenuataannya telah masuk ke masjid-masjid. MAJT mungkin saja pioneer (bikin bulletin kontra cerita, red), sebarkan ke semua masjid di Jateng, ini sisi dari aksi riil. Kita jangan pernah lengah, " tukasnya.

Terkecuali selebaran serta bulletin, lanjut Najahan, pihaknya juga harapkan takmir masjid mesti selektif pada khotib Jumat. Materi apa sajakah yang bakal di sampaikan sang khotib, menurut dia mesti diseleksi dulu oleh pengurus masjid.

Jangan pernah materi yang di sampaikan tak membuat kesejukan akan tetapi malah menyebar ketidakharmoniasan antar sesama agama, antarumat bermacam, serta sesame warga negara Indonesia.

" Takmir mesti tahu khotibnya siapa, diseleksi. Di Malaysia tak dapat, takmir mesti tahu apa yang bakal di sampaikan khotib. Saya tidak menuturkan kita mesti seperti di Malaysia, namun takmir mesti selektif, " tegasnya.

Pemerintah, paparnya, mesti jalankan intervensi berkenaan masalah ini. Namun, intervensi cuma cukup pada system, tidaklah sampai pada substansi, lantaran masalah aktivitas keagamaan adalah kewenangan
0
6 Dekranasda Kota Semarang Gelar SIF
Pemerintah Kota Semarang, lewat Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mengadakan Semarang Industri Fashion (SIF) sepanjang tiga hari diawali dari tanggal 1 Desember – 3 Desember 2016. Aktivitas ini memperoleh animo dari Ketua Dekranasda Propinsi Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo.

Aktivitas SIF ini bukan sekedar mempromosikan potensi kerajinan yang ada di Semarang, tetapi juga dapat menggabungkan kreasi pada perajin batik lokal dengan beberapa desainer, hingga membuahkan busana-busana yang indah serta bernilai tinggi.

Menurut Atikoh, kegiatan-kegiatan sama harus juga di gelar di beberapa daerah lain, supaya inovasi-inovasi kerajinan lokal yang dipunyai bisa dikenalkan serta di promosikan ke orang-orang luas. Hingga, beberapa produk kerajinan lokal, terutama dari industri fashion, makin di cintai di negeri sendiri.

“Peran dari Dekranasda itu disini untuk memfasilitasi. Beberapa perajin batik serta desainer dapat berjumpa dengan customer. Lantaran harga keramik sebaik apa pun product, seindah apa pun hasil karya, jika tak diberitakan ke orang-orang, tak ada promosi, pasti bakal begitu tidak sama. Akan tidak di kenal oleh orang-orang, ” tutur Atikoh waktu buka SIF.

Atikoh mengharapkan, lewat aktivitas ini, potensi industri fashion di Kota Semarang bisa ditingkatkan. Bukan sekedar di tingkat nasional, tetapi juga ke mancanegara. Terlebih, kekuatan desainer-desainer yang ada di Kota Semarang tak kalah dengan desainer-desainer nasional serta luar negeri.

Disamping itu Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu memiliki pendapat, kerjasama pada desainer dengan perajin batik sangatlah mengagumkan. Mereka bukan sekedar menghadirkan jati diri atau ikon Kota Semarang, seperti asem, warag endog, serta bangau, namun juga menggabungkan kerajinan lain, seperti tenun serta lurik. Hingga, membuahkan baju yang indah serta bernilai jual tinggi.

Ke depan, SIF bukan sekedar mengkolaborasikan pada perajin dengan desainer namun akan dihubungkan juga dengan destinasi wisata di Kota Semarang. Hingga potensi wisata serta batik bisa terangkat dengan cara beriringan sampai ke mancanegara.

“Tentunya ke depan kita semakin lebih sering-sering bikin moment seperti ini, namun rencananya outdoor. Mungkin saja di Kota Lama atau di beberapa tempat lain yang pastinya dapat jadikan kerjasama pada wisata serta potensi batik Semarang, ” tutur wanita yang sering disapa Mbak Ita ini.

SIF 2016 diikuti oleh 76 IKM, dari mulai industri batik, sepatu, tas serta beragam kerajinan yang lain. Pembukaan pameran ini menghadirkan fashion show karya desainer-desainer populer. Seperti Ina Priyono, Inge Chu, Christine Wibisono, Elkana Goenawan, Pinky Hendarto, Agustienna Siswanto, Fenny Chen, David Yan, Evelyn Laurang, Widya Andhika, Sudarna Suwarsa, serta Soese Asmadhi yang bekerjasama dengan perajin batik lokal.

Beragam aktivitas sepanjang pameran juga diadakan. Dari mulai lomba design pakaian pesta batik, kursus design batik, sampai fashion kebaya nusantara.
0
7 Impian Wali Kota Jadikan Pasar Kembang Destinasi Wisata Kreatif
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi optimistis, penataan Pasar Kembang di sepanjang Jalan Sutomo akan menjadi ikon baru di wilayahnya. Pasar kembang diproyeksikan dapat menarik kunjungan banyak wisatawan. "Ini nanti seperti kampung Jodipan di Malang. Rumah warga di sekitar sini akan dicat warna warni," kata Hendrar, seusia mengecek pembangunan pasar, Rabu (30/11/2016).

Untuk mengecat rumah warga di sekitar Kali Semarang, Hendrar secara intensif menjalin komunikasi dengan warga. Di sisi yang lain, sudah ada perusahaan cat yang menawarkan program corporate social responsibility (CSR) untuk mengecat rumah secara warna warni. Untuk itu, pihaknya sedang mencari waktu tepat untuk menata kawasan dekat Tugu Muda tersebut.

"Sudah ada perusahaan cat yang bersedia membantu. Tinggal cari momentum pas selain musim hujan, karena kalau hujan cat tidak maksimal," ujar Hendrar. Bersamaan dengan itu, harga ever e Kali Semarang juga akan dipercantik. Gundukan sampah serta aliran yang menyempit akan dilebarkan seperti sedia kala. Penataan sungai bertahap dilakukan pada 2017. "Kalau penataan sungai masuk tahap 2 pada 2017. Tahap pertama bangunan ini. Nanti kami minta bantuan," ujar dia.

Kepala Dinas Tata Kota dan Pemukiman Agus Riyanto menyebut rumah warga yang dicat sekitar 400 rumah. Rumah itu seluruhnya berada di bantaran Kali Semarang. "Ada 400 sekitar rumah yang dicat. Nanti kita cari waktu selain musim penghujan," ujar Agus. Pembangunan Pasar Kembang pada tahap pertama sudah 92 persen. Pasar dibangun dua lantai yang tepat berada di sisi Kali Semarang.

Lantai pertama untuk pemesanan, sementara lantai dua untuk tempat pameran bunga. Bangunan pasar juga dilengkapi dengan trotoar yang cukup lebar. Bangunan memanjang dibagi beberapa gedung itu mampu menampung sekitar 90 pedagang bunga. Pembangunan seluruhnya rampung pada pertengahan bulan Desember 2016.
0
8 Empat Guru Berprestasi Kota Semarang Raih Penghargaan
Pemkot Semarang mengadakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) serta HUT ke 71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tingkat Kota Semarang, berpusat di Halaman SD Pedurungan Kidul 04 Kel. Pedurungan Kidul Kec. Pedurungan. Rabu (30/11).

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi didapuk jadi pembina upacara. Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi menyampaikan peringatan HGN serta HUT ke 71 PGRI sebagai bentuk animo serta penghormatan atas layanan, kemampuan serta usaha keras Guru.

" Peringatan ini dapat sebagai pengingat serta penggungah kesadaran warga orang-orang bakal layanan guru, " katanya dalam launching yang di terima Tribun Jateng.

Topik peringatan HGN serta HUT ke 71 PGRI th. ini yaitu " Guru serta Tenaga Kependidikan Mulia Lantaran Karya ". Topik ini ditujukan Guru serta Tenaga Kependidikan diinginkan lebih berkompetensi serta profesionalisme hingga membuahkan karya riil untuk anak didiknya serta diluar itu juga cetak generasi-generasi bangsa yang cerdas, handal serta berdaya saing.

Hendi berpesan untuk mengaplikasikan tiga amanat yang di sampaikan oleh Presiden Jokowi pada peringatan Hari Guru Tingkat Nasional (27/11) di SICC, Sentul, Jawa Barat yaitu sampaikan pada anak didik supaya senantiasa menyatu, ucapan tahun baru hidup rukun serta guyub antar sesama. Tanamkan nilai-nilai ciri-ciri pada anak didik, seperti usaha keras, kejujuran, kedisiplinan, serta optimis. Dan sampaikan anak didik mengenai norma dalam memakai sosial media dengan santun serta berguna.

" Mari hidup guyub tanamkan nilai-nilai ciri-ciri dari usaha keras serta ajakan anak didik dengan beretika memakai sosial media, pakai dengan santun serta bermaanfaat. Lalu ajak anak-anak untuk pakai sekitar lingkungan dengan baik misalnya dengan cinta lingkungan, " katanya.

Tentang peristiwa sekian hari lantas mengenai tawuran antar anak SD Pekunden dengan membawa parang, bahkan juga ada yang membawa sabuk dengan ujung besi, bikin hatinya miris serta sedih.

" Tidak butuh menyalahkan siapa yang salah dalam soal ini, tetapi pastinya momen ini jadi pekerjaan kita berbarengan untuk lebih menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam diri anak didik. Dari mulai lingkungan keluarga, sekolah serta lingkungan orang-orang anak-anak butuh hadapi perhatian serta pendidikan ciri-ciri untuk menguatkan jati diri serta kepribadiannya, " katanya.

Dalam peluang itu, Hendi memberi penghargaan pada empat guru/tenaga kependidikan yang berprestasi yaitu Heri Nugroho, S. Pdi, M. Si dari SMA N 3 sebagai juara 1 guru PAI berprestasi Tingkat Nasional, Budi Setyowati dari SMA 3 juara 2 OGN Nasional, Fanie Dipa Pawakaningsih dari SLB N 1 juara 1 tingkat nasional Lomba Kreativitas Evaluasi Guru, serta Sulistyowati, Spd dari SMK N 2 juara 1 tingkat nasional Lomba Ketrampilan Guru Produktif SMK.
0
9 Kukrit SW Serahkan Penganugerahan Kepada 10 CEO Inspiratif Jateng
10 CEO terima penganugerahan sebagai CEO Inspiratif Jawa Tengah 2016 yang diserahkan oleh Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Kukrit SW di Hall Poncowati Hotel Patra Layanan Semarang, Jumat (16/12). Acara penganugerahan yang diadakan oleh Nada Merdeka Network, Kadin Jawa Tengah serta Berlian Organizer ini pilih CEO-CEO yang sampai kini memiliki andil dalam memberi perkembangan pada orang-orang luas lewat dedikasinya.

Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit SW menyampaikan CEO-CEO ini memberi perkembangan bukanlah untuk perusahaannya saja namun juga untuk Jawa Tengah lewat inspirasi-inspirasinya. “CEO yang miliki duit banyak, CEO yang pandai saja untuk perusahaannya sendiri banyak, kita mesti mencari CEO-CEO inspiratif yang tidak cuma kehadiran faedahnya untuk perusahaannya namun juga orang-orang serta di lingkungannya, ” tuturnya.

Kukrit memberikan penganugerahan ini hanya permulaan didalam membagikan pengetahuan pada orang-orang yang lebih luas hingga dengan pengalaman serta kecerdasan mereka dapat diberikan semakin banyak pada orang-orang sampai pada akhirnya Jawa Tengah dapat semakin maju.

Sepuluh CEO itu yaitu Wenny Sulistiowaty CEO PT Webe Inter Tirzada yang disebut produsen tas lokal yang segmennya kuasai pasar Asia yang dirintisnya sepanjang bertahun-tahun. Lantas Komisaris Paling utama PT Dua Putera Paling utama Makmur Tbk Witjaksono yang disebut CEO paling muda berumur 36 th. yang mempimpin perusahaan perikanan paling besar di Indonesia yang berada di Pati, Jawa Tengah. Bahkan juga peresmian pabriknya di hadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Setelah itu CEO Dreamlight Eko Nugrono yang mempuyai production house yang menghasilkan program tv serta animasi yang produknya bukan sekedar digunakan di Indonesia namun di Asia Tenggara. tata cara sholat jenazah Lalu Rektor Udinus Edi Noersasongko yang bermula dari pelatihan computer sampai saat ini beralih jadi kampus swasta paling besar di Jawa Tengah yang membuat kewirausahaan generasi muda pencipta lapangan kerja.

Lalu, Rizkan Chandra CEO Semen Indonesia yang dinilai sebagai inspiratif lantaran memercayakan investasi besarnya ke Jawa Tengah serta menyerap tenaga kerja beberapa ribu orang. Komisaris Paling utama PT BPR Gunung Rizki RY Kristian Hardianto yang terkecuali bankir juga adalah motivator yang senantiasa memberi motivasi semangat pada orang-orang.

Bukan sekedar CEO perusahaan saja namun penganugerahan ini dapat diberikan pada kepala daerah lantaran mereka adalah CEO di daerahnya semasing yang memiliki tanggung jawab pasarkan daerahnya serta meningkatkan potensi daerah hingga menghadirkan keuntungan untuk wilayahnya. “Pengelola PAD sama juga seperti perusahaan mencari keuntungan, ” tutur Kukit
SW yang juga CEO Nada Merdeka Network.

Mereka yaitu Bupati Pemalang Junaedi yang memiliki program begitu unit yaitu IT Masuk Desa. Program ini di rasa begitu efisien lantaran dunia ini saat ini dunia tanpa ada batas cuma dengan internet dapat lakukan pergantian.

Setelah itu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang memiliki program Smart City. Dengan Smart City orang-orang dapat lakukan apa pun tentang service Kota Semarang dengan system on-line, hingga begitu mempermudah orang-orang dalam terhubung service, serta program ini jadi satu diantara percontohan di tingkat nasional.

Lalu Bupati Kudus Mustofa sebagai pembina komunitas UKM Jawa Tengah yang berkelanjutan bagaimana membina UKM. Desa UKM binaan Pemkab Kudus nyaris 70 % produknya diekspor luar negeri. Diluar itu juga diberikan penganugerahan Liftime Achievement pada Irwan Hidyat CEO Sido Nampak yang sampai kini banyak memberi ide pada orang-orang lewat program sosial yang begitu berguna.

Paling akhir, diberikan pada Kopi Luwak yang disebut kopi product lokal Semarang yang terlebih dulu cuma berjualan di pasar sampai sekarang ini telah memperlebar sayap di kancah industri kopi baik nasional ataupun internasional. “Kita mengajak CEO-CEO ini kedepan selalu membagi pengalaman serta pengetahuan ke orang-orang supaya dapat jadi berkwalitas internasional serta maju. Ke depan Jawa Tengah dapat jadi propinsi yang paling sejahtera di Indonesia, ” ujarnya.
0
10 Putusan MA tak Mengharuskan Pabrik Semen Rembang Tutup
SEMARANG -- Putusan Mahkamah Agung (MA) berkaitan Peninjauan Kembali izin pendirian pabrik Semen Indonesia di Kabupaten Rembang tak mengharuskan penutupan pabrik yang sekarang ini telah nyaris rampung.

Putusan MA yang tertuang dalam PK No. 99PK/TUN/2016 itu juga tak menyebutkan pabrik semen ‘pelat merah’ itu mengakibatkan kerusakan lingkungan di sekelilingnya.

Ketua Tim Advokasi Penyelamat Aset Negara, H Achmad Michdan SH menyampaikan, dalam diktum putusannya, bacaan doa iftitah MA memiliki pendapat aktivitas penambangan serta pengeboran diatas cekungan air tanah (CAT) pada prinsipnya tak dibenarkan.

Akan tetapi, untuk kebutuhan bangsa serta negara yang begitu strategis bisa dikecualikan dengan pembatasan yang begitu ketat serta cara- langkah spesifik dan terarah supaya tak mengganggu system akuifer.

Diluar itu, diktum putusan itu terbatas pada hal yang menyebutkan batalnya Surat Ketentuan Gubernur Jawa Tengah Nomer 660. 1/17 Th. 2012, tertanggal 7 Juni 2012 mengenai Izin Lingkungan Aktivitas Penambangan serta mencabutnya.

“Kepada tergugat tak ada perintah hentikan aktivitas pabrik serta untuk kebutuhan ini pabrik dapatlah lakukan pergantian izin lingkungan, seperti ditata dalam Pasal 50 ketentuan Pemerintah (PP) Nomer 43 Th. 2008 atau perbaikan addendum Amdal yang ditata dalam Pasal 40 Undang Undang Nomer 23 Th. 2009, ” tuturnya.

Michdan juga mengemukakan, hasil survey terbatas di lapangan –lingkungan pabrik semen serta lingkungan di sekitarnya— dalam 20 th. paling akhir sudah berlangsung kesibukan eksploitasi penambangan galian C.

Sepanjang kurun saat ini juga tak pernah dikerjakan audit lingkungan, baik oleh Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah seperti yang disebut LSM, pegiat serta pemerhati lingkungan.

Tetapi proyek pabrik semen –belakangan-- jadikan object langkah penertiban, sesaat kesibukan penambangan yang sudah berjalan sekitaran 20 th. serta sudah bikin cekungan besar tanpa ada reklamasi, tidak ada keberatan dari pihak pegiat lingkungan ataupun pemerintah.

Oleh karenanya, iapun memohon supaya masalah pro serta kontra pabrik semen ini mesti disikapi dengan cara bijak apa yang sesungguhnya berlangsung di sekitar lingkungan pabrik semen Rembang sampai kini. Termasuk juga bagaimana dampak dan beragam faedah segera dari pembangunan pabrik semen ini untuk orang-orang yang ada di lingkungan setempat, pemerintah daerah ataupun untuk Pemerintah Pusat.

Hal semacam ini sekurang-kurangnya sudah jamak di sampaikan oleh orang-orang (warga) yang sampai kini tinggal di lokasi ring I tempat pabrik semen Rembang. Baik dari segi penyerapan tenaga kerja, manfaat yang didapatkan lewat program CSR sejumlah kian lebih Rp 41 miliar.

“Mulai dari pertolongan penguatan modal usaha, pertolongan penambahan keterampilan, fasilitas prasarana air bersih, bedah tempat tinggal, beasiswa pendidikan, pembanguna MCK, penyembuhan gratis, operasi amandel, operasi bibir sumbing serta yang lain, ” tandasnya.

Tokoh orang-orang Tegaldowo, Joko Supriyanto menyampaikan tak ada industri punya negara, seperti pabrik Semen Indonesia yang di bangun untuk maksud menyengsarakan kehidupan orang-orang.

UUD 1945 telah menanggung kekayaan sumber daya alam dikelola, digunakan serta dipakai sebesar- besarnya untuk kesejahteraan rakyat. Perbaikan kesejahteraan orang-orang di sekitaran tempat pabrik semen di Rembang sudah banyak dirasa.

Warga di sekitaran pabrik sudah terserap untuk bekerja di pabrik. Warga ring I yg tidak turut kerja di pabrik semen dapat juga rasakan faedah dengan berdagang, buka warung, katering, layanan ojek serta yang lain. “Hutan juga makin terbangun lantaran tak ada lagi ‘blandhong’ yang lakukan perusakan serta penjarahan rimba, ” imbuhnya.
0
11 Nasmoco Kucurkan Bantuan Rp 150 Juta Untuk Tiga Sekolah Binaan
SEMARANG - Nasmoco Grup menyerahkan pertolongan fasilitas prasarana kelas dambaan serta beasiswa pendidikan ke tiga sekolah basic negeri binaan, di Nasmoco Training Centre Kota Semarang, Selasa (13/12/2016).

‎Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di bagian pendidikan itu diserahkan perwakilan SDN Kembangsari 1, SDN Kembangsari 2, serta SDN Karanganyar 1 Semarang.

‎Adapun keseluruhan pertolongan untuk fasilitas pendidikan sebesar Rp 150 juta, serta beasiswa sejumlah R 40 juta.

HR&GA Division Head PT New Ratna Motor‎, Agus Dwi Parwoko menyampaikan, pertolongan fasilitas serta harga sembako prasarana pendidikan itu diinginkan bisa dipakai untuk tingkatkan mutu serta kwalitas aktivitas belajar mengajar.

" Diinginkan sekolah dapat jadi tempat belajar yang nyaman serta kondusif. Hingga meningkatkan siswa untuk meraih prestasi, " terang dia, Selasa (13/12/2016).

Mengenai beberapa peralatan fasilitas pendidikan salah satunya computer, LCD, proyektor, sound sistem, dan design kelas yang atraktif.

‎Selain pertolongan pendidikan serta beasiswa dari program binaan Nasmoco Grup, ada juga program beasiswa untuk siswa sekolah basic di semua lokasi Jateng serta DI Yogyakarta.

Program itu berjalan mulai sejak 2007 serta berkepanjangan sampai saat ini.

Totalnya setia th. ada kian lebih 1. 000 siswa yang rasakan beasiswa itu.

" Kami sadari kwalitas mengajar yang baik cuma bisa terwujud saat ada keterlibatan serta kesungguhn dari semuanya pihak, " ucap dia.

Siswa kelas V SDN Kembangsari 2 Semarang, Ahmad Maulana Dzaki‎ mengakui suka memperoleh pertolongan fasilitas serta prasarana computer untuk pendidikan.

" Ya suka, jadi dapat belajar computer di sekolah, " tuturnya.

Dzaki sapaannya, juga mengharapkan bisa makin mahir dalam memakai computer lantaran telah ada di sekolahnya.

" Saat ini telah dapat computer namun masihlah sedikit-sedikit. Bisanya main game, " ucap dia.
0
12 Eceng Gondok bisa diubah jadi bahan bakar
PT Industri Jamu serta Farmasi Sido Nampak, Tbk mendorong pemakaian eceng gondok yang sampai kini terdapat banyak di Danau Rawa Pening, Kabupaten Semarang, jadi daya.

" Danau Rawa Pening saat ini kan penuh dengan eceng gondok yang dikira sebagai tumbuhan pengganggu lingkungan perairan, " kata Direktur PT Sido Nampak Irwan Hidayat di Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin waktu peluncuran program Pembangunan Pariwisata Kabupaten Semarang dengan Menyelamatkan Sumber Air Danau Rawa Pening, di Agrowisata pabrik PT Sido Nampak.

Lewat aktivitas corporate social responsibility (CSR), Sido Nampak lakukan riset pemakaian tumbuhan eceng gondok jadi sumber daya baru padat berupa " pellet " pengganti minyak serta gas.

" Sepanjang lima th. ini, keperluan daya (bahan bakar, red.) menggunakan limbah jamu 50 % serta gas 50 %. Wood pellet di proses dari ampas limbah padat jamu. Nyatanya, dari eceng gondok dapat juga, " tuturnya.

Walau sekian, Irwan mengaku pentingnya support dari pemerintah serta beragam pihak untuk mendorong orang-orang sekitaran Danau Rawa Pening dapat menghasilkan eceng gondok jadi " pellet " bahan bakar.

Jadi, kata dia, warga yang tinggal di sekitaran danau yang populer dengan legenda Baruklinting itu dapat menghasilkan " pellet " eceng gondok yang nanti bakal dibeli oleh kelompok industri.

" Pemakaian eceng gondok untuk pellet bahan bakar ini diinginkan dapat kurangi perkembangan tanaman itu, terutama di Danau Rawa Pening jadi sumber daya baru yang berguna, " tuturnya.

Bupati Semarang Mundjirin menerangkan Danau Rawa Pening dahulu kedalamannya dapat meraih 15 mtr., seblak ceker tetapi saat ini pendangkalannya telah meraih 10 mtr. yang diperparah dengan kehadiran eceng gondok.

" Dahulu, ini (eceng gondok, red.) pernah di ambil untuk jadi pupuk jamu di lokasi Dieng. Tetapi, telah tak akan. Sekurang-kurangnya ada empat kecamatan yang melingkupi lokasi Danau Rawa Pening, " tuturnya.

Dengan partisipasi Sido Nampak menolong bersihkan Danau Rawa Pening, Mundjirin mengapresiasi lantaran dengan kehadiran danau yang bersih bakal mendongkrak potensi pariwisata di daerah itu.

Disamping itu, politikus Partai Golkar Tantowi Yahya yang ada pada saat itu menyampaikan sesungguhnya tanaman eceng gondok tidak selamanya tumbuh serta berkembang biak di tiap-tiap danau atau sungai.

" Banyak danau yang bebas dari eceng gondok. Saya baru tahu bila nyatanya stimulannya (tumbuhnya eceng gondok, red.) itu sampah rumah tangga. Ini pengetahuan yang bernilai, " kata anggota Komisi I DPR RI itu.

Oleh karena itu, Tantowi mengingatkan semua pihak, termasuk juga orang-orang untuk melindungi kebersihan danau yang ada di sekelilingnya, termasuk juga Danau Rawa Pening dari sampah rumah tangga supaya tetaplah bersih.

Ikut ada pada saat itu, bekas Kepala BIN Jenderal (Purn) AM Hendropriyono, beberapa anggota Komisi X DPR RI, sebagian staf spesial serta staf pakar menteri, dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.
0
13 Angkutan Online, Antara Kebutuhan dan Regulasi
Ramainya pemakaian aplikasi tehnologi dalam system transportasi itu menimbulkan tekanan terhadap pemerintah untuk membuat revisi UU LLAJ, yang mengakomodasi hadirnya aplikasi tehnologi dalam transportasi.

Tekanan ini benar namun tak pas. Kenapa? Karena masalah yang diributkan itu sangatlah lokalistik, berlangsung di Jakarta serta sekitarnya atau sebagian kota besar saja, bukanlah masalah nasional. Sesaat UULLAJ itu mempunyai cakupan nasional.

UU LLAJ berlaku dengan cara nasional, tak dapat berlaku cuma untuk daerah spesifik saja. Oleh karenanya, yang benar yaitu bukanlah UU LLAJ mesti sesuaikan hadirnya service transportasi berbasiskan aplikasi tehnologi, tetapi aplikasi service transportasi yang butuh sesuaikan LLAJ.

Siaran Pers Kementerian Perhubungan Nomer : 216/HKM/III/2016 berkenaan Penambahan Kwalitas Service Angkutan Umum serta Pemakaian Tehnologi Info serta Komunikasi, yang di tandatangani oleh Plt Direktur Jendral Perhubungan Darat Sugihardjo pada 16 Maret 2016 telah pas, “bahwa perusahaan harga ban fdr penyedia service piranti lunak (aplikasi) bisa bekerja sama juga dengan operator angkutan umum yang mempunyai ijin resmi, diantaranya operator taksi ataupun angkutan sewa”.

Logika siaran pers itu telah pas, kalau bukanlah UU LLAJ yang sesuai dengan hadirnya aplikasi tehnologi, namun aplikasi tehnologi lah yang sesuaikan amanat UU LLAJ. UU LLAJ sekalipun tak anti tehnologi, bahkan juga mendorong pemanfaatanan tehnologi. Satu diantara azas UU LLAJ yaitu efisiensi serta efisien (pasal 2 butir f).

Azas itu cuma bisa saja terwujud apabila mengakomodasi hadirnya tehnologi. Namun aplikasi tehnologi itu tidak bisa berdiri dengan sendiri, apabila ditujukan untuk memberi service transportasi terhadap umum (mengangkut penumpang serta menarik bayaran dari penumpang).

Jika telah menggerakkan peran sebagai tempat angkutan umum, jadi aplikasi tehnologi itu harus tunduk pada UU LLAJ Pasal 139 ayat (4), kalau penyediaan layanan angkutan umum ditunaikan oleh tubuh usaha punya negara, tubuh usaha punya daerah, serta/atau tubuh hukum lain sesuai sama peraturan aturan perundang-undangan.

Kesaktian service angkutan berdasar pada aplikasi tehnologi itu bakal teruji di lapangan sesudah mereka ikuti kriteria, seperti yang dituntut pada pengelola taksi konvensional, yakni mempunyai izin operasional, miliki pool, melakukan uji KIR tiap-tiap enam bln. sekali, pengemudi harus ikuti asuransi tenaga kerja, berpelat kuning, tarif ditetapkan oleh pemerintah, serta membayar pajak.

Jika kriteria yang sama dipakai pada operator aplikasi tehnologi serta tarif mereka tetap masih kompetitif, jadi operator taksi konvensional lah yang dituntut berbenah supaya tarifnya lebih kompetitif.

Namun apabila keadaannya seperti saat ini, service aplikasi tak dikenai kriteria seperti dipakai pada service taksi konvensional, pasti tak fair. Pemerintah harusnya membuat perlindungan operator taksi legal, sesuai sama UU LLAJ, serta mengingat kita negara hukum.

Jadi jalan keluar atas ramainya service angkutan umum berbasiskan aplikasi tehnologi, bukanlah dengan memblokir atau melarang pemakaian aplikasi itu. Namun memaksa mereka untuk tunduk pada UU LLAJ yang mensyaratkan penyedia service angkutan umum berwujud tubuh hukum sebagai penyedia angkutan umum.

Permasalahan taksi Uber serta Grab versi taksi konvensional tidaklah perang tehnologi, tetapi persaingan usaha yg tidak equal. Karena yang satu (Uber/Grab) tak dikenai keharusan apa-apa oleh pemerintah, sedang yang satunya lagi (taksi konvensional dibebani banyak keharusan).

Karena masalahnya yaitu persaingan usaha yg tidak equal, jadi peran pemerintah yaitu bikin persaingan itu equal dengan memakai kriteria yang sama.

Bahaya dari ikuti tekanan untuk membuat revisi UU LLAJ yaitu perubahan tehnologi itu sangat dinamis, sangatlah bisa saja kurun waktu lima th. bakal keluar temuan-temuan tehnologi baru didalam system transportasi kita.

Apabila temuan-temuan itu mesti di akomodasi dalam UU LLAJ, artinya UU LLAJ kapan saja bakal beralih serta kita tidak lagi pernah mempunyai kepastian hukum. Kepastian hukum itu dibutuhkan supaya kita mempunyai kepastian hukum.

Perlakuan yang tidak sama tertuju pada ojek on-line. Oleh lantaran hadirnya ojek (pangkalan serta on-line) itu sebagai anomali dalam system transportasi akibat buruknya service angkutan umum, jadi mereka tak usah dilarang serta tak usah ditata dalam UU LLAJ.

Pekerjaan pemerintah yaitu merapikan angkutan umum supaya aman, nyaman, selamat, lancar, serta terjangkau. Atau dengan kata lain handal. Apabila angkutan biasanya telah handal, dengan cara automatis orang-orang bakal meninggalkan ojek sebagai moda transportasi umum, serta ojek akan tambah pas sebagai angkutan kurir (pengantar barang).

Mengatur ojek didalam UU LLAJ mempunyai implikasi yang luas serta kompleks, mengingat data bicara kalau 70 % kecelakaan jalan raya melibatkan sepeda motor. Ini artinya, sepeda motor bukanlah moda transportasi.
0
14 Benahi pinggiran, Pemkot Semarang siapkan Rp 400 miliar
Pemerintah Kota Semarang membagikan biaya sekurang-kurangnya Rp300-400 miliar pada 2017 untuk mengatur infrastruktur jalan yang ada di lokasi pinggir.

Hal semacam itu di sampaikan Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang Iswar Aminuddin di sela pantuan proyek tempo hari, seperti dikabarkan Pada. " Kesiapan infrastruktur di lokasi pinggir pada 2017 memanglah selalu digenjot, " katanya.

Menurutnya, perkembangan perekonomian di lokasi pinggir diperkirakan makin th. bakal makin berkembang lantaran polanya tak akan ada di lokasi pusat kota. Tetapi menebar sampai ke lokasi pinggir. Oleh karena itu, Hp Oppo kata dia, pembangunan infrastruktur di lokasi pinggir bakal jadi satu diantara prioritas Pemerintah Kota Semarang untuk mensupport pemerataan perkembangan perekonomian.

" Seperti di lokasi Genuk, jadi satu diantara prioritas pemerintah dalam perlakuan infrastruktur di lokasi pinggir supaya perekonomian orang-orang jalan baik, " tuturnya.

Terlebih dulu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meyakinkan pembangunan di lokasi pinggir, terlebih infrastruktur jalan bakal tetaplah di perhatikan dengan alokasi biaya pada th. depan.

" Untuk lokasi pinggir, kami bakal tetaplah konsentrasi, seperti jalur menuju Kampus Negeri Semarang (Unnes) di lokasi Gunungpati, Semarang, " tuturnya Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Pada th. depan, kata dia, direncanakan proyek perluasan jembatan Sampangan hingga arus jalan raya di lokasi itu yang sekarang ini sedemikian padat dapat lebih lancar.
" Di lokasi Jabungan, Banyumanik, sampai kini pembangunannya juga ketinggalan begitu lama, " tuturnya.

Walau th. lantas telah dianggarkan beberapa puluh miliar rupiah untuk lokasi itu, lanjut dia, pada th. depan bakal dianggarkan lagi Rp20 miliar untuk pembangunan di daerah Jabungan.

Demikian juga untuk lokasi Genuk, kata dia, yang pembangunannya sepanjang ini dapat ketinggalan demikian jauh dibanding dengan beberapa daerah yang lain.

" Th. depan, kami masihlah bakal gelontorkan biaya sekitaran Rp30 miliar, spesial untuk pembangunan jalan di lokasi Genuk, " tuturnya.
0
15 Pasar tradisional Kota Semarang bakal dikelola Perusda
Jawa Tengah - Kehadiran pasar tradisional di Kota Semarang akan dikelola segera oleh perusahaan daerah. Diinginkan kebocoran Pendapatan Asli Darah (PAD) pasar dapat ditekan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan sekarang ini Ketentuan Daerah (Perda) Perusda pengelolaan pasar tradisional dalam step sistem pengaturan serta ditarget usai th. 2017.

" Kami lihat kewenangan pengelolaan pasar ini semakin lebih maksimal bila diakukan BUMD. Kesibukan jual-beli dapat tambah baik, pedagang dapat juga memperoleh keuntungan yang lebih, " tuturnya tempo hari di Semarang seperti diambil dari Pada.

Dengan pengelolaan dengan cara profesional, Walikota meyakini kehadiran pasar tradisional lebih terang semakin lebih maksimal. " Keseluruhannya, harga velg motor pengaturan pasar bakal jadi lebih bersih, rapi, lalu orang-orang atau pengunjung pastinya bakal terasa tambah nyaman belanja di pasar tradisional, " tuturnya.

Diluar itu, kata Hendi, kehadiran BUMD yang mengelola pasar tradisional bakal meminimalkan kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) lantaran pengelolaannya terang dikerjakan dengan cara profesional.

Dengan gagasan pemberlakuan hal itu, kehadiran Dinas Pasar akan ada dibawah naungan Dinas Perdagangan. " Bersamaan dengan pengaturan organisasi piranti daerah (OPD), Dinas Pasar masuk ke Dinas Perdagangan. Pekerjaan pokok serta manfaatnya dibawah Kepala Dinas Perdagangan, " tuturnya.
0
16 8 Bidang ini Jadi Target Tim Saber Pungli di Kota Semarang
Semarang, - Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Semarang dikukuhkan bersama 51 anggotanya. Tim itu disuruh memberantas pungli sampai tingkat Kelurahan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan ada delapan bagian sebagai perhatian paling utama pemberantasan pungli. Delapan bagian itu yaitu bagian perizinan, lalu hibah serta bansos, lantas kepegawaian mencakup mutasi pegawai, promosi jabatan, serta kenaikan pangkat.

Kemudian, ada bagian pendidikan, mencakup pencairan dana BOS serta pemotongan duit makan guru. Setelah itu ada dana desa, service umum, pengadaan barang serta layanan, dan aktivitas lain yang mempunyai resiko penyimpangan.

" Di Kota Semarang, tak ada dana desa. Saya berharap tujuh bagian lain mesti clear dari pungli, " tegas Hendrar di ruangan Lokakrida kompleks Balai Kota Semarang tempo hari, Rabu (11/1/2017).

Anggota Saber Pungli itu terbagi dalam lembaga Kodim 0733 BS/Semarang, Polrestabes Semarang, Kejaksaan Negeri Semarang, Denpom IV/5 Semarang, Tubuh Intelijen Negara Perwakilan Jawa Tengah, Price Yamaha Vixion New Ketua DPRD, akademisi/ahli, dan sebagian piranti daerah Pemkot Semarang, seperti inspektorat, serta sisi hukum.

" Tim Satgas Saber Pungli ini adalah tindak lanjut dari Perpres Nomer 87 Th. 2016 mengenai Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar serta Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomer 180/3935/SJ mengenai Pengawasan Pungli dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, " jelas Hendrar.

Ia menyatakan tim itu supaya memerlihatkan kemampuannya lantaran, menurut Hendrar, praktek pungli berlangsung di beberapa daerah walau nilainya sedikit. Oleh karenanya, Tim Saber Pungli butuh juga menelusuri hingga tingkat kelurahan.

" Oleh karena itu, selekasnya sesudah ini, kerjakan sosialisasi mengenai Saber Pungli hingga ke tingkat bawah sampai kecamatan serta kelurahan, lantaran sia-sia bila pungli cuma diberantas yang di atas-atas atau institusi-institusi besar saja, sesaat di kecamatan atau bahkan juga kelurahan budaya pungli walau nilainya kecil tetaplah ada, " tandasnya.

Wali kota yang akrab disapa Hendi itu juga berpesan supaya orang-orang turut andil dalam memberantas pungli, lewat cara melapor bila lihat praktek pungli.

" Lewat cara warga orang-orang untuk ingin serta berani melapor tiap-tiap aksi pungli sekecil apapun nilainya lewat situs saberpungli. id atau SMS ke nomer 1193 serta hotline telephone di nomer 193 atau segera lapor ke Pemkot Semarang, " katanya.

Dalam tim itu, pihak yang di beri amanah jadi ketua I yaitu Wakapolrestabes Semarang AKBP R. Setijo Nugroho Hasto. Lalu ketua II Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Tri Hananto. Sedang Wali Kota Hendrar jadi Penanggung Jawab. Mengenai wakilnya, Hevearita Gunaryanti Rahayu, bersama pimpinan Forkompinda jadi Wakil Penanggung Jawab.
0
17 Aksi 121, Mahasiswa Semarang Minta Jokowi Tiru Soekarno
Semarang - Beberapa ratus mahasiswa dari beragam universitas di Semarang mengadakan unjuk rasa di Jalan Pahlawan Semarang, tepatnya di depan pintu gerbang Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis 12 Januari 2017. Tindakan beberapa mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Semarang Raya itu sisi dari tindakan 121 yang di gelar serentak di 19 kota di Indonesia.

Beberapa mahasiswa itu menggenakan jaket almamater dari beragam universitas di Semarang, salah satunya Kampus Diponegoro, Kampus Negeri Semarang, Kampus Sultan Agung, Kampus PGRI.

Koordinator tindakan, Jadug Trimulyo menyebutkan belakangan ini sangat banyak kebijakan pemerintahan Jokowi-Kalla modifikasi honda beat yang makin menyengsarakan rakyat. “Dari masalah listrik, BBM (bahan bakar minyak), hingga masalah pajak kendaraan, ” kata Jadug. Beberapa mahasiswa menekan pada Jokowi-Kalla memerhatikan nasib rakyat kecil.

Beberapa mahasiswa memohon supaya Jokowi mengikuti apa yang dikerjakan Presiden RI pertama Soekarno. " Jokowi mesti mengamalkan pesan yang pernah di sampaikan founding father kita, Ir Soekarno, ” kata Jadug. Pesan itu tentang kesejahteraan umum yaitu sumber kebahagiaan rakyat. Negara tak bisa jadi tempat untuk penggarong atas nama kapital serta atas nama komoditi.

Dalam tindakan ini, beberapa mahasiswa mengemukakan masukan lewat orasi dengan cara bertukaran. Mereka juga membawa beragam spanduk, poster serta bendera. “Kami menekan supaya pemerintah Jokowi-Kalla mencabut kebijakan kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak), ” kata Jadug.

Kenaikan harga BBM, ucap Jadug, bertentangan dengan Ketentuan Presiden Nomer 191 Pasal 14 th. 2014 mengenai Harga Basic serta Harga Eceran BBM yang diputuskan oleh Menteri ESDM serta tidak cocok dengan program pengalihan pemakaian dari BBM bersubsidi ke non-subsidi yang digalakkan pemerintah.

Terkecuali menampik kenaikan harga BBM, beberapa mahasiswa juga menampik penghilangan subsidi tarif basic listrik untuk rumah tangga kelompok 900VA. Pencabutan subsidi ini, kata mereka, sisi dari rezim yang bakal menyengsarakan rakyat lantaran kenaikan tarif listrik bakal beresiko pada beberapa bidang lain.

Mahasiswa juga mengkritik kebijakan pemerintah yang memberlakukan Ketentuan Pemerintah Nomer 60 Th. 2016 mengenai kenaikan tarif basic administrasi kendaraan bermotor. Menurut Jadug, kebijakan ini penuh kejanggalan lantaran antar lembaga pemerintah sama-sama lempar tanggungjawab. Komunikasi pemerintah pada umum juga dikritik lantaran semasing petinggi seperti sama-sama menyalahkan. “Ini pemerintah kok dikelola lewat cara tak terang, ” kata satu diantara mahasiswa dalam orasinya. 
0
18 RSUD Kota Semarang Kini Bernama KRMT Wongsonegoro
Jakarta - Tempat tinggal Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang, Jawa Tengah, saat ini dinamakan KRMT Wongsonegoro. Wongsonegoro yaitu Gubernur Jateng yang pernah alami momen pertempuran 5 hari di Semarang.

Peresmian nama baru dikerjakan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam acara peresmian proyek pembangunan di lingkungan Pemkot Semarang th. biaya 2016 yang di gelar di RSUD KRMT Wongsonegoro. Hendrar juga resmikan Paviliun Gatot Kaca dirumah sakit itu.

Hendrar menyampaikan Wongsonegoro yang jadikan nama tempat tinggal sakit itu ikut serta dalam pertempuran 5 hari di Semarang serta pernah menjabat sebagai Gubernur Jateng pada saat kemerdekaan.

" Harapannya ke depan, tempat tinggal sakit ini bisa makin berkembang seperti filosofi yang dipunyai oleh Wongsonegoro. Satu hal yang butuh diingat, doa agar cepat hamil jangan sampai tolak pasien dari warga miskin. Usahakan mereka terlayani dengan baik, " kata Hendrar, Selasa (17/1/2017).

Terkecuali nama, sarana dirumah sakit itu juga ditambah, satu diantaranya dengan hadirnya Paviliun Gatot Kaca. Paviliun itu adalah ruangan service VVIP yang terdiri atas 42 kamar dengan sarana mumpuni.

" Harapannya, RSUD bisa meng-cover semuanya kelompok. Terlebih dulu sudah di bangun kelas 3 untuk kelas menengah ke bawah, kesempatan ini di bangun sarana service kesehatan untuk kelompok menengah ke atas, " tandasnya.

RS yang ada di Jalan Fatmawati, Tembalang, Semarang, itu sampai kini di kenal dengan nama RSUD Kota Semarang, atau nama yang lain yakni Tempat tinggal Sakit Ketileng lantaran dekat dengan lokasi Ketileng.

RS itu berdiri th. 1990 serta diresmikan oleh Wali Kota Semarang saat itu, Iman Soeparto Tjakrayuda.
0
19 Revitalisasi Pasar Peterongan, Plt Walikota: Lanjut pembangunan
Revitalisasi Pasar Peterongan memperoleh memprotes keras dari orang-orang terlebih beberapa penggemar histori serta cagar budaya. Lantaran berdasarkan th., arsitek dan filosofi pembangunan, pasar itu masuk dalam persyaratan benda cagar budaya. Tetapi celakanya anggota dewan malah tak tahu hal itu.

Sesudah ramai gerakan penolakan revitalisasi Pasar Peterongan pada semester awal th. 2015, sebagian pihak juga disuruhi konfirmasi masalah sistem rencana hingga timbulnya Detil Engineering Design (DED).

Saat disuruhi info masalah pembongkaran Pasar Peterongan pada 11 Juni 2015 yang dikerjakan Dinas Pasar, anggota Komisi B DPRD Semarang, Ari Purbono malah tak tahu bila Pasar Peterongan itu masuk dalam kelompok benda cagar budaya.

Kriterianya cagar budaya itu yaitu umur bangunan sekurang - kurangnya 50 th., mewakili saat style minimum 50 th., niat puasa ganti serta dikira memiliki arti utama histori, ilmu dan pengetahuan, serta kebudayaan termasuk juga arsitektur serta teknologinya.

" Saat? Saya tidak paham bila nyatanya yang dibongkar itu termasuk juga cagar budaya, ” kata dia, (17/6/15).

Komunitas Rakyat Semarang Perduli Cagar Budaya (FRSPCB) juga terlebih dulu menyatakan tak ada komunikasi intensif pada Pemkot Semarang dengan beberapa pakar cagar budaya, seperti waktu revitalisasi Gedung Sarekat Islam Semarang.

Anggota FRSPCB yang juga seseorang arkeolog, Genry menyampaikan rancangan bangunannya begitu memalukan. " Saya memandangnya sebagai arkeolog, ” tegasnya.

Bila pembangunan diteruskan dengan referensi yang telanjur salah, kata dia, jadi generasi setelah itu akan tidak tahu bila bangunan itu adalah cagar budaya.

Pada 5 Agustus 2015, tapuk kepemimpinan Kota Semarang dipegang Pelaksana Pekerjaan Walikota Semarang, Tavip Supriyanto. Terasanya memperoleh terpaan angin kencang masalah revitalisasi Pasar Peterongan, pihaknya lakukan konsultasi dengan Instansi Pengawas Pengelola Keuangan (LPPK).

“Agar tak ada lagi permasalahan yang mengganjal di masa datang. Konsultasi meliputi rencana serta proses, ” kata dia, Kamis (13/8).

Dia menghormati karenanya ada bebrapa grup yang masihlah belum sepakat pembangunan Pasar Peterongan lantaran dinilai sebagai Bangunan Cagar Budaya yg tidak bisa dirusak. “Tetapi pembangunan Kota Semarang mesti tetaplah dilanjutkan”.
0
20 Petugas Dishub Kota Semarang mencegat di Jalan Kedungpane
Beni (45) warga Ngaliyan, kaget waktu petugas Dinas Perhubungan Kota Semarang mencegatnya di Jalan Kedungpane, Rabu (8/3/2017) siang.

Waktu itu, ia tengah mengendarai dump truk bermuatan batu untuk di kirim ke satu madrasah. " Ya pokoknya sopir salah, namun memanglah salah sih soalnya KIR saya habis, " kata Beni dihadapan petugas.

Ia mengaku kekeliruannya tak perpanjang KIR dump truck kepunyaannya. Waktu tahu ditilang, Beni pilih pasrah serta menurut.

Bukan sekedar Beni, Wagimin yang juga terkena tilang Dishub Kota Semarang lantaran masalah yang sama. " Belum pernah ngurusnya, waktunya belum lega, " argumennya pada petugas.

Siang itu, wagimin akan ke Ngaliyan untuk kirim kayu bakar dari Gunungpati. Walau ditilang, warga Gunungpati itu tak lakukan memprotes.

Kepala Bagian Ingindalian serta Ketertiban Dishub Kota Semarang, Suripto, menyampaikan berniat lakukan operasi paduan untuk kurangi tingkat kecelakaan.

Berbarengan deretan satlantas Polrestabes Kota Semarang, ia lakukan razia laik jalan di empat tempat yakni harga blender di Jalan Jenderal Sudirman (depan pasar Karangayu), jalan Simongan, Jalan Prof Hamka serta Jalan Kedungpane.

" Ramainya kecelakaan di daerah itu ikut jadi argumen. Tempo hari barusan ada kecelakaan di Silayur (Ngaliyan) serta jl Simongan, " katanya.

Ia menjelaskan tujuan operasinya yaitu kelaikan jalan serta perizinan angkutan umum.

Pihaknya mengecek kelengkapan administrasi kelaikan jalan angkutan barang. Ia juga mengecek perizinan angkutan umum dari mulai bus sampai taksi.

" Akhirnya banyak yang KIR-nya mati, serta izin trayek angkutan umum tak diperpanjang, " katanya.

Semua kendaraan yang tidak mematuhi mesti melakukan sidang tilang di Pengadilan Negeri Semarang minggu depan.
0
21 Membongkar fakta minimnya kerja sama ekonomi Indonesia-Arab Saudi
Kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz beserta rombongan ke Indonesia pada 1-9 Maret 2017 menjadi kesempatan emas bagi pemerintah Indonesia dan Arab Saudi untuk menguatkan dan memperbaiki hubungan kedua negara di berbagai bidang, salah satunya bidang ekonomi. Selama ini, investasi Arab Saudi masih terbilang sangat kecil di Tanah Air.

Direktur Institute for Development of Economic and Finance (Indef), Enny Sri Hartati mengatakan, realisasi investasi Arab Saudi di Indonesia hanya USD 900 ribu di 2016. Sedangkan Saudi sendiri menanamkan modal mereka USD 900 juta di Amerika Serikat. Padahal, Indonesia adalah negara muslim yang seharusnya bisa menarik investasi dari negara sesama muslim.

Merujuk data BKPM, Arab Saudi berada di posisi 57 dalam daftar negara investor di Indonesia. Posisi itu jauh dibandingkan realisasi investasi dari negara Timur Tengah lainnya seperti Kuwait yang mencapai USD 3,6 juta.

Sementara investasi asal Singapura, Jepang dan China di Indonesia masing-masing mencapai USD 9 miliar, USD 5,5 miliar dan USD 2,75 miliar.

"Kenapa kita enggak pernah mengajak kerja sama bidang investasi. Selama ini cuma proposal bantuan pendidikan, doa qunut agama. Padahal potensi ekonomi kita besar. kita itu banyak kekayaan alam belum bisa diolah karena kekurangan modal," kata Enny saat dihubungi merdeka.com di Jakarta, Jumat (2/3).

Menurut Enny, hal pertama yang harus dilakukan saat ini adalah mengubah mindset masyarakat dan pemerintah Indonesia. Selama ini, Indonesia hanya fokus minta bantuan ke Arab Saudi dan tidak menggaetnya jadi investor.

"Pertama mindset orang indonesia diubah dulu, kita ini negara besar, potensi ekonomi besar. Ketemu orang Arab jangan hanya nyodorin proposal bantuan, kerja sama bidang agama dan pendidikan. Kita enggak pernah kerja sama bidang investasi yang besar," kata Enny.

Seharusnya kata Enny, pemerintah bisa melobi masyarakat Saudi yang terkesan cuek dalam investasi. Tipe investor Saudi sangat berbeda dengan Korea Selatan dan Jepang yang menghitung untung sedetail mungkin.

"Mereka (Arab Saudi) ini merasa banyak uang, mereka enggak akan membandingkan investasi di A atau B. Yang penting mereka enggak repot berpikir, serahkan ke fund manager. Beda dengan Jepang dan Korsel yang selisih keuntungan mereka pertimbangkan," katanya.

Dalam kedatangan Raja Saudi kali ini, telah ditandatangani 10 kerja sama atau MoU. Enny menilai, kerja sama ini masih kurang karena tidak terjadi secara pemerintahan atau government to government. Kerja sama Saudi Aramco dan Pertamina juga secara business to business.

"Kalau goverment to government itu bisa berlanjut sampai hilir, misalnya. Di bidang ekonomi banyak sekali sektor yang menguntungkan, cuma memang kita harus mempunyai proposal yang berbeda."
0
22 Pemain Muda PSIS Punya Kans Isi Skuad Baru
Pelatih anyar PSIS Semarang, Subangkit sekurang-kurangnya mempunyai saat sekitaran sebulan untuk memastikan pemain yang bakal bertanding di musim pertandingan awal th. depan. Dalam 2 x peluang berjumpa, bekas arsitek Persekabpas Pasuruan itu berikan tanda bila sukai dengan pemain muda yang lincah serta enerjik. Walau belum dengan cara gamblang dijelaskan bakal jadi apa namun dengan menggunakan tenaga muda plus gabungan sebagian pemain senior bakal berikan keseimbangan dalam satu tim. Ia juga pernah menyebutkan Semarang miliki talenta muda yang cukup bagus.

" Saya lihat Semarang miliki beberapa pemain mungkin baik yang senior ataupun muda. Bila ini dapat dipadukan saya sangka mungkin saja tim yang baik. Walau demikian saya masihlah mesti mencari dahulu siapapun pemain muda yang cocok dengan keperluan tim, saya masihlah perlu input, " katanya. Tentang perburuan pemain ini, beberapa supporter juga turut rembug. Menurut Roeswantiono skuad Mahesa Jenar musim tempo hari sebenarnya miliki cukup banyak pemain yang miliki talenta.

Sekretaris Umum SneX itu menyebutkan nama nama sejenis Dani Raharjanto, Ahmad Agung, Anhar dan Rio Saputra dapat disebut miliki talenta. Menurut dia beberapa pemain muda PSIS Semarang ini cukup alami perubahan niat puasa rajab yang cepat sepanjang ikuti turnamen ISC B tempo hari. " Saya lihat sebagian pemain muda PSIS tempo hari cukup bermain bagus selalu alami penambahan seperti Rio, Agung, Dani serta Anhar. Serta saya rasa mereka pantas untuk dipertahankan, " katanya.

Ros, umum disapa, mengakui terkecuali beberapa beberapa pemain muda itu sebagian pemain senior PSIS Semarang seperti Dedi Cahyono, Harri Nur dan Johan Yoga juga layak untuk masuk skuad baru Mahesa Jenar. Tampilan mereka termasuk juga yang stabil sepanjang ikuti ISC B lantas. " Sebagian pemain senior saya sangka juga layak untuk dipertahankan. Mereka tidak cuma ikon namun juga miliki tampilan yang stabil sepanjang turnamen tempo hari, terlebih Johan Yoga termasuk juga striker produktif, " tuturnya.

Disamping itu Sekertaris Umum Panserbiru, Wisnu Adi menyampaikan pada umumnya nyaris beberapa besar materi lama PSIS masihlah cukup baik untuk digunakan di musim pertandingan th. depan. Walau demikian ia menyebutkan kalau semuanya bergantung dengan ketentuan pelatih sebab dia yang tahu keperluan serta karakter seperti apa yang dikehendaki. " Saya sangka materi yang lama ada banyak yang bagus. Namun kan semuanya diserahkan ke pelatih lantaran dia yang tau karakter seperti apa yang diperlukan
0
23 Ngotot Singkirkan Pedagang Ikan, Dinas Perdagangan Putus Listrik Pasar Kobong
SEMARANG — Dinas Perdagangan Semarang mengabaikan protes pedagangan ikan basah atas desain pasar pengganti Pasar tradisional Rejomulyo atau Pasar Kobong yang tak sesuai kebutuhan, bahkan berisiko membahayakan pedagang jika dipaksakan digunakan. Segala cara digunakan Dinas Perdagangan demi ambisi menyingkirkan pedagang ikan basah dari pasar lama, termasuk memutus aliran listrik.

Sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, karena menganggap para pedagang ikan basah itu membandel, maka Dinas Perdagangan Kota Semarang meminta PT PLN memutus aliran listrik di Pasar Rejomulyo atau Pasar Kobong Semarang itu, Jumat (17/3/2017). “Pemutusan aliran listrik dilakukan pada 17 Maret 2017. Kami kan sudah layangkan surat peringatan,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto di Semarang.

Demi mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, Dinas Perdagangan berkoordinasi dengan Satpol PP dan polisi untuk mengawal selama dilakukan pencabutan aliran listrik. Pemerintah Kota Semarang berencana menjadikan kawasan Pasar Kobong sebagai ruang terbuka hijau (RTH) sehingga membangun Pasar Rejomulyo baru untuk tempat relokasi para pedagang.

Seluruh pedagang dari Pasar Kobong sudah pindah ke pasar baru, kecuali pedagang grosir ikan basah yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Ikan Basah dan Pindang (PPIBP) Pasar Rejomulyo. Mereka menilai fasilitas yang ada di pasar baru tidak layak, mulai luasan lapak, lantai keramik sehingga rawan licin, saluran air tidak memadai, hingga tempat bongkar muat yang sempit.

Penuh kuasa Fajar menyatakan pemerintah selama ini sudah berusaha bersikap lunak kepada pedagang ikan basah di Pasar Kobong yang belum mau pindah. Meskipun dialog hanya sebatas menerima masukan tanpa penyelesaian konkret, tata cara mandi wajib Fajar menuding para pedagang tetapi tidak menghiraukan pemerintah. Karena itulah ia menggunakan tangan besi yang ia sebut sebagai ketegasan.

Fajar berkilah selama ini sudah berkali-kali melakukan mediasi dengan pedagang ikan basah agar mereka bersedia pindah dulu ke Pasar Rejomulyo baru yang sudah disiapkan. “Kalau ada yang kurang-kurang kan bisa dirembuk bareng. Yang penting, pindah dulu. Namun, berkali-kali mediasi, sampai surat peringatan juga mereka tetap menolak pindah,” tukasnya.

Sebenarnya, kilah dia lagi, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sudah mendorong dilakukan perbaikan sesuai keinginan pedagang. Tetapi, ujarnya ringan, perbaikan atas berbagai kekurangan akibat desain yang tak mumpuni, bahkan berisiko membahayakan jiwa para pedagang itu harus menunggu alokasi dana dari APBD Perubahan 2017 atau APBD 2018.

“Ya, sembari menunggu pedagang kan bisa menempati pasar baru. Setelah listrik dicabut, pada 19 Maret 2017 Badan Pengelolaan Aset Daerah akan melakukan pengukuran lahan di Pasar Kobong,” katanya tanpa membahas kesalahan desain yang mestinya bisa diantisipasi lebih dini.

Sementara itu, koordinator PPIBP Pasar Rejomulyo Mujiburrohman menyatakan para pedagang grosir ikan basah tetap menolak pindah karena kondisi pasar baru yang tidak layak untuk berjualan. “Kami ini pedagang grosir, bukan eceran. Omzet transaksi di Pasar Kobong saja sampai Rp2 miliar/malam. Kalau sehari saja kami rugi karena menempati pasar baru, siapa mau ganti?” tanyanya.

Yang jelas, tegas dia, pedagang tetap berharap disisakan lahan seluas 7.000 m2 dari 4,5 hektare total luasan lahan RTH yang dibangun di Pasar Kobong untuk tempat berjualan.
0
24 Besok Ada Pawai Ogoh-ogoh di Titik Nol Kilometer Semarang
Pawai ogoh-ogoh memperingati hari raya Nyepi akan kembali digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu (2/4/2017) besok. Pawai itu akan diikuti peserta dari lintas agama dan budaya.

Rangkaian acara akan dimulai dari titik nol kilometer Kota Semarang atau di depan Kantor Pos Besar Kota Semarang. Rombongan akan siap berjalan mulai pukul 14.00 WIB melintasi Jalan Pemuda menuju Balai Kota Semarang.

"Diawali prosesi upacara, dilanjutkan pawai hingga halaman Balai Kota Semarang, kemudian diakhiri dengan pertunjukan sendratari Arjuna Wiwaha, diiringi Gong Puspagiri," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Semarang Achyani, Sabtu (1/4).

Pawai ogoh-ogoh 2017 tersebut akan diikuti kelompok pagar ayu, kelompok pinandita, pemimpin agama, pasukan berkuda dari Polrestabes Semarang, menu buka puasa kelompok pasukan Mataram, kelompok warak ngendog dari Dewan Kesenian Semarang, tiga pasukan ogoh-ogoh, serta sejumlah kelompok seni dari berbagai unsur.

"Tujuannya sebagai sarana merajut harmoni antar-umat beragama serta seluruh komponen masyarakat Kota Semarang guna mewujudkan Kota Semarang yang aman dan tertib," ujar Achyani.

Dengan adanya acara tersebut, akses menuju Jalan Pemuda dari Jembatan Mberok dekat titik nol kilometer akan ditutup mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai rangkaian berjalan dari titik start. Sedangkan untuk Jalan Pemuda akan diberlakukan sistem buka-tutup jalan.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, antusiasme pengunjung akan tinggi. Karena itu, disediakan kantong parkir di dekat titik finis, yaitu Makodim 0733/BS Semarang, SMAN 3 Semarang, halaman parkir Bank Jateng, serta halaman parkir belakang Balai Kota Semarang.
0
25 Kepala Dinas Damkar Kota Semarang Tampik Tudingan Ada Titipan dalam Seleksi Pegawai
SEMARANG - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Arief Rudianto menyatakan tidak ada titipan dalam seleksi pegawai non-Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dia membantah tudingan sejumlah orang yang menamakan diri Aliansi Pemadam Kebakaran.

"Saya pastikan tidak ada titipan dengan uang titipan Rp 5 juta. Dulu juga pernah ada tuduhan pada 2016 bahwa ada titipan Rp 10 juta. Ternyata memang tidak ada titipan," ujar Rudi, Senin (10/4/2017).

Rudi menegaskan penilaian itu berdasarkan penggabungan hasil tes tertulis, tes psikologi dan tes perilaku. "Batas nilai minimal 64. ucapan ramadhan Mereka yang tidak diterima adalah di bawah nilai tersebut," jelasnya.

Menurutnya, keputusan panitia seleksi sudah final. Pelamar yang tidak puas dipersilakan menggugat lewat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Dia mengatakan instansi yang dipimpinnya membutuhkan 299 pegawai non-ASN. "Jumlah pendaftar sebanyak 2.589 orang, termasuk yang pernah bekerja sebelumnya," papar Rudi.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang, Bambang Sukono, mengatakan perekrutan non-ASN diperlukan karena lima tahun terakhir pemerintah pusat memberlakukan kebijakan moratorium PNS.

"Mengantisipasi kekurangan PNS, masing-masing dinas memiliki beberapa langkah alternatif. Di antaranya memaksimalkan tenaga yang ada hingga membuka penerimaan pegawai non-PNS," terang Bambang Sukono.

Dia mencontohkan instansi yang menggunakan tenaga non-PNS di antaranya Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran, dan Sekretariat DPRD Kota Semarang.
0
26 Semarang Great Sale Semargres 2017
Semarang Great Sale Semargres 2017 yang selalu jadi trending topic dunia maya berbuntut manis. Di ujung agenda yang selesai 7 Mei 2017 itu, Semagres 2017 berhasil jual 3, 5 juta kupon. Nominalnya setara dengan Rp 237 miliar.

Barokah Semargres 2017 memanglah menebar ke semua lini. Hotel-hotel di Kota Lumpia itu panen raya. Okupansinya naik 20%. Pusat oleh-oleh serta mall turut mencicipi kenaikan laba sekitaran 20%. Sesaat retail alami kenaikan sekitaran 30 persen. “Alhamdulillah momentnya berhasil. Support banyak pihak bikin 2. 305 peserta yang terbagi dalam perhotelan, resto, karaoke, pusat oleh–oleh, mall, retail, Angkasa Pura, airlines, KAI, non asosiasi, PKL serta pasar tradisional, panen raya, ” ungkap Ketua Panitia Semargres Mei Kristanti, Senin (8/5).

Mulai sejak dirilis di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI Jakarta, Selasa (14/3) malam, Semargres memanglah ramai. Pesonanya seperti tidak pernah berhenti menebar didunia riil serta dunia maya. Mulai dari pembukaan puasa ramadhan 2017 Semargres, Internasional Retro Clasic Car Day, Branded Sale, Semargres Colour Run, serta Hitz Market, senantiasa jadi bahan pembicaraan banyak kelompok. Semua ramai. Tidak pernah sepi dari pengunjung. Endingnya, denyut nadi perekonomian Kota Semarang segera berdetak begitu kencang.

" Dari 7 April hingga penutupan 7 Mei 2017, Semargres memanglah tidak pernah sepi. Terimakasih untuk Kementerian Pariwisata, PHRI, APRINDO, APPBI, APPS, IFC, REI, AOC, GAPENSI, Angkasa Pura serta PT Kereta Api Indonesia, yang telah mensuppor Semargres 2017, ” ucapnya.

Putri Pariwisata 2016, Lois Merry Tangel, juga turut memberikan pujian pada Semargres 2017. Even yang merangkul pedagang dari lima pasar tradisional di Kota Semarang itu dipercaya akan jadi booster untuk mengorbitkan citra pariwisata Kota Lumpia. “Pariwisata bakal maju bila kita pegang NKRI. Ini berhasil besar karna ada kemauan, miliki usaha kerja yang baik, bekerja dengan rakyat serta untuk rakyat dan ikhlas, ” ungkap dara kelahiran Manado, 3 Januari 1997 itu.

Hal semacam itu turut diamini Ketua Kadin Jateng, Kurkrit Suryo Wicaksono. " Semargres tidak cuma satu moment namun lebih relationship, oleh karenanya semargres dapat bertahan sepanjang 7 th. serta alami kenaikan selalu dari th. ke th., '' katanya.

Menpar Arief Yahya juga ikut-ikutan di buat sumringah. Kreativitas serta usaha keras semuanya pihak, dinilai berikan daya kejut mengagumkan untuk pariwisata Kota Semarang. “Kunjungan wisatawan di Semarang umumnya sepi pada April-Mei. Namun dikarenakan Semargres, Semarang jadi ramai. Dampak Semargres 2017 tidak ternilai untuk citra pariwisata Kota Semarang, ” ucapnya.
0
27 Harga Cabai Rawit Merah Naik Rp 4000 per Kg
Awal Puasa 2017 ini, biaya cabe menerima peningkatan yg istimewa. Cabai yg menerima peningkatan paling tinggi merupakan kategori cabai rawit merah sampai menembus biaya Rupiah 53.000 per kilogram (kg).

Pedagang sayuran di Pasar Peterongan, Kota Semarang, Monah (52) mengaku peningkatan biaya cabai rawit merah ini sudah berjalan sewaktu dua hri terakhir.

tempo hari sempat menggerapai Rupiah 55.000 per kg, tapi sempat turun 49.000 per kg. hri ini cabai rawit merah mulai sejak menunggang rupiah. 53.000 per kg," katanya.

dia melanjutkan enggak cuma type cabai rawit merah yg menunggang, ucapan idul fitri sebaliknya cabai keriting serta menunggang rupiah. 1000 kg.

Sementara itu, pedagang sayuran di Pasar Johar, Lela (55) menyampaikan, tidak sedikit kastemer yg berkeberatan dikarenakan bayaran cabai rawit merah yg sejak mulai mengendarai Rupiah 53.000 per kg.

"Pedagang makanan yg tidak jarang demonstrasi. melainkan ana hanya membawa manfaat Rupiah 1.000- 2.000," katanya

Haris intelek pekerja Lembaga Pasar Johar, Kota Semarang menyampaikan peningkatan cabai rawit merah ini dipengaruhi aspek cuaca.

tempo hari ada bon pembajak Cabai Jawa sedang, mengeluhkan adanya hama yg merusak tumbuhan cabai dan udara yg tak menentu," Katanya.

walau begitu, tarif kaidah lainya mulai sejak seimbang malahan meraup penurunan.

Seperti biaya telur ayam, yg relatif seimbang kisaran rupiah 21.000 per kg. demikian semula bayaran bawang putih yg relatif seimbang rupiah 54.000 per kg.
0
28 Serunya Ketika Wali Kota Semarang Ikut Sepak Bola Api
Serunya Ketika Wali Kota Semarang Ikut Sepak Bola Api

Pondok Pesantren di Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya Pondok Pesantren Salafiyah Az-Zuhri kembali menggelar sepak bola api dan durian. Unik, kali ini salah satu peserta yaitu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang kakinya juga ikut terluka.

Bertempat di sebuah lapangan kecil di daerah Ketileng, Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, kemeriahan terasa karena banyak santri dan warga yang tidak sabar menunggu pertunjukan itu.

Hendrar atau yang akrab disapa Hendi hadir menggunakan baju koko biru dan berpeci hitam. Awalnya ia akan menjadi wasit, niat puasa senin kamis tapi ternyata pria asli Semarang itu bergabung bersama para santri untuk menjadi peserta.

Batok kelapa yang digunakan sebagai bola disulut api hingga menyala terang di tengah gelapnya lapangan. Dua tim saling berebut bola dan menjebol gawang lawan. Mereka bersemangat meski tanpa alas kaki.

Hendi yang baru pertama kali mencoba sepak bola api itu terlihat tidak takut bahkan ia berhasil mencetak 1 gol meski hasil akhir pertandingan timnya kalah skor 1-2.

Ternyata pertunjukan sepak bola belum berakhir, ada yang lebih ekstrim yaitu bola diganti dengan durian. Hendi lagi-lagi ikut dan masih tanpa alas kaki.

Usai pertandingan, ternyata kaki Hendi dan beberapa santri luka-luka bahkan berdarah dan melepuh. Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Az-Zuhri, Gus Lukman Hakim kemudian mengobati dengan cara menyiram luka dengan air keras dan hasilnya luka itu seketika tidak lagi sakit.

"Ini pertama kalinya buat saya. Alhamdulillah berjalan baik dan lancar," kata Hendi, Sabtu (1/7/2017) malam.

Menurut Hendi, ada makna dari pertunjukan sepak bola api dan durian yang ia ikuti yaitu jika yakin dan diiringi doa, maka segala sesuatu bisa dilewati dan diatasi termasuk rasa sakit saat memainkan sepak bola api serta durian.

"Yang penting keyakinan dan doa, Insya Allah apa yang kita kerjakan berhasil," tandasnya.

Gus Lukman menambahkan, belajar dari dua permainan ekstrim itu, keyakinan merupakan bekal penting manusia di dunia dan akhirat.

"Memang manusia harus menumbuhkan rasa keyakinannya. Dan sekarang ini sudah banyak orang yang kehilangan keyakinannya.

Pertunjukan tersebut merupakan salah satu rangkaian peringatan hari jadi Ponpes Salafiyah Az-Zuhri ke-28. Acara lainnya yaitu dimeriahkan dengan penerbangan lampion, menyalakan kembang api, dan pagelaran wayang.

Ponpes Salafiyah Az-Zuhri bukan pertama kali menggelar sepak bola api dan sepak bola durian. Beberapa kali pertunjukan itu dilakukan salah satunya saat merayakan 1 Muharam pada 1 Oktober 2016 lalu. Tidak hanya pria dewasa, anak-anak dan santriwati pun tidak takut mencobanya.
0
29 Segitiga Emas Kota Semarang akan Bebas Kabel
Kabel listrik, telpon, serta internet yang membentang di perkotaan seringkali membuat satu kota tampak semrawut serta tidak rapi. Oleh karenanya Pemerintah Kota mulai lakukan langkah untuk wujudkan jaringan kabel bawah tanah.

Cara barusan diawali dengan dialihkannya kabel internet di tiang-tiang listrik ke jaringan bawah tanah. Hal tersebut diikuti dengan penandatanganan MoU pada Pemkot Semarang dengan Asosiasi Penyelenggara Layanan Internet Indonesia.

Nanti kabel internet akan dipindahkan memakai rencana ducting dengan atau saluran dengan dibawah tanah. Akhirnya akan diawali 2018 yang akan datang.

Aplikasi awal akan dikerjakan di lokasi segitiga emas Kota Semarang yaity Jalan Pemuda, Jalan Gajah Mada, serta Jalan Pandanaran ditambah lokasi Kota Lama Semarang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi menyebutkan bila langkah awal telah jalan, jadi nanti tidak tutup peluang niat puasa arafah semuanya kabel termasuk juga punya Asosiasi Penyelenggara Layanan Telekomunikasi (APJATEL), Telkom, bahkan juga PLN akan diaplikasikan hal sama.

" Kita belum juga berjumpa PLN. Pernyataan PLN mensupport 2018 bebas kabel belum juga kami peroleh, " kata Hendi di tempat MoU, Ballroom Crowne Plaza Semarang, Selasa (13/6/2017).

" Kami semakin lebih intens sekali lagi untuk dapat gayung bersambut dengan PLN, " paparnya.

Disamping itu Ketua Umum APJII, Jamalul Izza menyepakati gagasan Hendi karna kabel yang membentang antar tiang mengganggu estetika kota. Diluar itu bila didalam tanah, perbaikan dapat juga lebih cepat.

" Kabel FO kan pada diatas, semrawut. Semarang ini smart city-nya makin bagus, estetikanya juga janganlah hilang, " kata Izza.
0
30 Posko Pengaduan 5 Hari Sekolah Dibuka di Semarang, Ini Alamatnya…
SEMARANG – Koalisi Masyarakat Peduli Pendidikan (KMPP) Jawa Tengah membuka posko pengaduan persoalan yang berpotensi muncul mengiringi kebijakan pemerintah menerapkan lima hari sekolah alias full day school.

Posko tersebut dibuka di Jl. dr. Cipto No. 180, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). “Posko pengaduan yang kami buka mulai hari ini bertujuan menampung keluhan dan pengaduan masyarakat terkait kebijakan lima hari sekolah yang digagas oleh Mendikbud,” kata Koordinator Posko Pengaduan Korban Kebijakan Lima Hari Sekolah (P2K2LHS) Jateng Hudallah Ridwan di Semarang, Jumat (28/7/2017).

Posko P2K2LHS Jateng itu juga merupakan tindak lanjut dari aksi damai Tolak 5 Hari Sekolah di depan Kantor Gubernur Jateng yang diikuti lebih dari 10.000 orang, Jumat (21/7/2017) sebelumnya.

Ia mengungkapkan, banyak sekolah di Kota Semarang dan beberapa kabupaten dan kota lain di Jateng yang memberlakukan sekolah delapan jam dalam sehari dan lima hari dalam sepekan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23/2017. “Akibatnya banyak siswa yang berhenti sekolah di madrasah diniyah, taman pendidikan Alquran [TPQ], dan lembaga lain yang proses pembelajarannya dimulai pada pukul 15.00 WIB,” ujarnya.

Ia menyebutkan kebijakan lima hari sekolah tidak disertai dengan sarana dan prasarana yang memadai di sekolah masing-masing. price yamaha vixion new “Berdasarkan investigasi yang kami lakukan, di Jateng banyak sekolah yang tidak memiliki mushala atau masjid dan kalaupun ada, daya tampungnya tidak memadai, fasilitas sanitasi yang minim, bahkan tidak layak,” katanya.

Menurut dia, sudah banyak keluhan dari wali siswa, guru, bahkan kepala sekolah mengenai kebijakan lima hari sekolah dan yang paling banyak adalah keluhan mengenai materi atau bobot pendidikan agama yang diberikan di sekolah tidak cukup. Keterbatasan jumlah guru agama serta masalah kompetensi, kata dia, akan berdampak pada kedangkalan pemahaman pengetahuan agama para siswa sehingga dikhawatirkan berpotensi munculnya paham radikal dan intoleran.

Pengaduan terkait kebijakan lima hari sekolah bisa disampaikan masyarakat melalui telepon, layanan pesan singkat, atau Whatsapp ke nomor 085329412749, dan atau datang langsung ke Posko P2K2LHS di Kota Semarang. “Nantinya, keluhan dan aduan masyarakat yang diterima akan kami sampaikan ke Presiden Joko Widodo, DPR RI, Komnas HAM hingga Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai evaluasi kebijakan lima hari sekolah,” ujarnya.
0
31 Walikota Semarang Ajak Gapensi Bangun Kota Semarang
 Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengharapkan semua anggota Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Semarang dapat sama-sama bekerja bersama untuk ikut serta dalam pembangunan infrastruktur di Kota Semarang.

Hal itu di sampaikan Hendrar Prihadi dihadapan beberapa ratus anggota Gapensi pada pembukaan Musyawarah Kerja Cabang VIII Th. 2017, Rabu (10/5/2017) di Grand Candi Hotel, Semarang.

" Dari tangan-tangan Anda sekalian Kota Semarang hari untuk hari mulai dapat dirasa perubahannya, terlebih dalam soal infrastruktur. Ini bisa kita saksikan dari berjalan-jalan yang pembangunannya telah tiba ke pelosok kota, begitu halnya jembatan serta gedung, " tutur walikota yang akrab disapa Hendi ini.

Untuk Pemerintah kota Semarang, lanjut Hendi, Gapensi bertindak perlu dalam mensupport serta menyukseskan beragam program pembangunan yang tengah serta selalu dikerjakan.

Pemkot Semarang sendiri memiliki komitment selalu untuk fokus pembangunan infrastruktur untuk warganya. doa sholat dhuha Hal tersebut bisa diliat dari APBD yang sejumlah lebih kurang Rp 4, 6 triliun. Dari jumlah itu, 60 prosentasenya digelontorkan untuk pembangunan infrastruktur.

" Jumlah itu menyebar di empat dinas yaitu Dinas Pengaturan Ruangan, Dinas Perumahan serta Lokasi Permukiman, dan Dinas Pekerjaan Umum dengan keseluruhan nyaris Rp 540 miliar rupiah, " urai Hendi.

Menurut orang nomor satu di Kota Semarang ini, pihaknya akan tidak dapat membuat kota ini sendiri. Pemkot Semarang perlu uluran tangan semuanya pihak.

" Perlu empat roda yang dapat menggerakkan pembangunan kota ini, yaitu pemerintah, entrepreneur, warga serta pewarta. Entrepreneur satu diantaranya dapat dari Gapensi, yang dapat mensupport lewat beragam kursus, itu baik kursus keanggotaannya ataupun kursus untuk tukang yang turut gabung dalam Gapensi, " tutur Hendi.

Pihaknya menitipkan pesan pada anggota Gapensi supaya senantiasa melindungi nilai kwalitas serta profesionalisme dalam tiap-tiap lakukan pekerjaan. Menurutnya, keadaan sekarang ini begitu berlainan dengan jaman dulu.

" Jadi, mari membuat Kota Semarang jadi referensi wisata, referensi investasi, yang karna keelokannya serta keindahannya serta jadi role jenis karna kondusifitasnya, " berharap Hendi.

Disamping itu, Ketua BPC Gapensi Kota Semarang, Devri Alfriandy, dalam laporannya menerangkan kalau topik musyawarah kerja kesempatan ini yaitu Penguatan Gapensi dalam Pembangunan Infrastruktur Kota Semarang. Topik itu ditujukan kalau keluarga Gepensi Kota Semarang juga akan senantiasa berkarya serta bekerja bersama membuat Kota Semarang.

" Pasti itu dikerjakan dengan Pemerintah Kota Semarang dengan kesetiakawanan serta menghindari diri dari persaingan perebutan yg tidak sehat, " tuturnya.
0
32 Shalawat dari Pedagang Iringi Eksekusi Pasar Kanjengan Semarang
Beberapa puluh pedagang pasar Kanjengan bershalawat serta meneriakkan pekik merdeka menemani petugas Satpol PP yang mengawal eksekusi di blok C serta D. Terdapat banyak pedagang yang masih tetap belum juga ikhlas mesti geser sesaat sepanjang pasar dibuat.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto menyebutkan pengadilan telah mengambil keputusan untuk di gelar eksekusi di blok C serta D pasar Kanjengan hari ini. Fajar menyebutkan pengosongan blok itu semestinya telah dikerjakan lama tetapi seringkali terlambat.

" Eksekusi hari ini kami kerjakan karenanya perintah pengadilan kalau 23 Agustus mesti eksekusi. Untuk blok A, B, E, F belumlah ada masalah, " kata Fajar di tempat, Rabu (23/8/2017).


Eksekusi dikerjakan berdasar pada ketentuan Pengadilan Negeri Semarang tanggal 24 Maret 2011 nomor : 169/Pdt. G/2010/PN. Smg. Perwakilan termohon yakni PT Pagar Gunung Kencana yang dahulu mengelola gedung blok C serta D yang ada di tempat juga tidak mengemukakan keberatan saat datang ke tempat eksekusi.

Walau sekian, beberapa pedagang masih tetap belum juga terima. Mereka mengawal Satpol PP serta petugas Pengadilan Negeri dan dari Dinas Perdagangan dari mulai tempat parkir sampai ke tempat. Mereka bershalawat serta meneriakkan pekik merdeka selama jalan.

Petugas pengadilan, Ali Nur Yahya, lalu membacakan ketentuan pengadilan serta menyatakan tak ada debat karna ketentuan telah berkekuatan hukum tetaplah untuk pembongkaran hari ini.

" Pada semuanya warga atau siapapun yang terasa tempati, mulai hari ini kami mohon mengeluarkan barang-barangnya. Hingga tidak di keluarkan, dengan sangat terpaksa juga akan di keluarkan. Gedung C serta D juga akan kami rubuhkan, perintahnya merobohkan. Menyerahkan tanah ke Pemerintah Kota Semarang. Dari (PT) Pagar Gunung Kencana tidak mengemukakan apa pun ini ya, " jelas Ali Nur.

Perwakilan pedagang pernah menginginkan streaming tv one memajukan memprotes, tetapi Ali kembali mengingatkan tak ada debat dalam ketentuan hari ini. Selang beberapa saat, seseorang pedagang bernama Nunuk membentak serta berupaya supaya suaranya didengar.

Keadaan pernah memanas saat Nunuk serta pedagang yang lain memprotes. Walau memprotes jalan, eksekusi tetaplah dikerjakan serta beberapa barang yang ada didalam kios di keluarkan.
0
33 Berikut Rekayasa Lantas Lintas di Tol Semarang-Solo Macet
General Manager Operasi serta Tehnik TMJ Prajudi mengungkap, jika antrean di Gerbang Tol (GT) Salatiga telah menjangkau 1 km., jadi jalur ke arah Salatiga ditutup di Simpang Susun Bawen (SSB). Setelah itu jalan raya diarahkan keluar GT Bawen. Lalu bila antrean di GT Bawen juga padat hingga Simpang Susun Bawen, jadi jalur kearah Bawen ditutup di Simpang Susun Ungaran, jalan raya diarahkan keluar GT Ungaran.

" Setelah itu jika di exit Bawen serta Salatiga ada antrean panjang kendaraan yang mengagumkan, jadi jalan raya juga akan diarahkan keluar Srondol di Simpang Susun Tembalang, " kata Prajudi, Jumat (16/6/2017) petang.

Prajudi mengaku, sebagai masalah dalam perananonalisasi ini yaitu di exit Tingkir karna menyambung dengan jalan kabupaten yang relatif sempit, niat puasa senin kamis Jadi langkah antisipasi, TMJ sudah mempersiapkan rambu-rambu yang siap dipasang jika berlangsung kemacetan hingga dibutuhkan rekayasa jalan raya.

Rambu-rambu yang memberitahukan kemacetan itu sudah di standbykan di tiga titik, yaitu di STA 35+800 A Simpang Susun Bawen, STA 23+400 A Simpang Susun Ungaran serta di STA 12+600 A Simpang Susun Tembalang.

" Untuk rekayasa lau lintas kita menanti koordinasi dengan Perhubungan serta Kepolisian. Bila kita bisa input atau dibutuhkan (untuk tutup), telah kita sediakan rambu-rambunya, " tuturnya.

0
34 Kementerian Pertanian Sabet Penghargaan Bergengsi
Kementerian Pertanian dibawah kepemimpinan Menteri Amran Sulaiman kembali mencapai penghargaan. Kesempatan ini, Kementerian Pertanian peroleh penghargaan Top 40 Inovasi Service Umum.

Penghargaan itu diserahkan segera oleh Menteri Koordinator Bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan Puan Maharani waktu acara Minggu Kerja Riil Revolusi Mental Indonesia di Stadion Manahan, Solo, Jumat (25/8).

Kementerian Pertanian peroleh penghargaan karena aplikasi service satu pintu PRIOQ KLIK dari Karantina Tanjung Priok. Allikasi itu mempermudah pemakai service layanan karantina dalam sistem mengajukan karantina secara cepat.

Sebelumnya ada aplikasi PRIOQ KLIK, beberapa yalla shoot pemakai layanan karantina di Tanjung Priok mesti menanti hasil verifikasi dengan segera di kantor karantina atau mesti menelepon petugas. Dengan terdapatnya aplikasi itu, pemakai layanan dapat memantau hasil verifikasi kapanpun, tanpa ada menanti di kantor karantina.

Diluar itu, PRIOQ KLIK berguna juga untuk memberi tarif penerimaan negara bukanlah pajak yang perlu dibayar, nomor dokumen untuk transfer ke portal INSW, status transfer ke INSW, analisa reject INSW, serta analisa kecepatan service untuk manajemen internal.
0
35 Wali Kota Semarang Tegaskan Komitmen Bangun Daerah Pesisir
Walikota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) berdiri untuk membangun daerah pesisir. Hal ini dengan menjadikan Tambak Lorok sebagai kawasan wisata bahari.

Karena itu Hendi dan warga menjalankan tradisi zakat laut. Tradisi ini sudah berjalan selama 30 tahun.

Dalam sebuah pernyataan tertulis dari pemerintah kota Semarang, Senin (21/09/2017), Hendi dan ribuan nelayan dan nelayan Tambak lorok, Tanjung Mas, Minggu (20/8/2017) menjalankan tradisi amal laut dan bumi dengan mencampuradukkan persembahan di pantai utara Kota Semarang.


Pertunjukan sedekah dan sedekah jadwal bola malam ini dimulai dengan prosesi parade warga dan nelayan, lalu melarung persembahan bumi ke pantai dan melewati persembahan ke laut dengan kapal.

Tradisi Alms Sea Tradition Alms Sea (Foto: Dok Pemkot Semarang)


Hendi mulai memulai amal laut dengan wayang wayang secara simbolis ke Ki Dalang Satrio Pambuka untuk memainkan drama 'Sesaji Rojo Sonyo'. Jangan lupa Hendi menyampaikan apresiasi terhadap warga Tambak Lorok inakatif yang rutin mengadakakan sedekah laut dan bumi.

"Meski era semakin membaik dengan teknologinya, namun tradisi sedekah laut dan bumi warga Tambak Lorok masih bertahan sampai sekarang, acungi jempol, semoga dan doa panjenengan diijabah Allah SWT," kata Hendi.

Hendi menambahkan, dunia amal di kota Semarang penting untuk terus dipertahankan sebagai sarana syukur kepada Allah SWT. Selain itu, membangunkan dan memelihara kearifan lokal, saat ini fokus membangun Tambak Lorok.

Hendi juga menjelaskan secara lebih rinci mivo tv akan membuat Tambak Lorok menjadi Kampung Bahari, pembangunan jalan dengan lebar 20 meter, pasar dan tempat pelelangan ikan (TPI).

"Kami tidak ingin tampil cantik dan cantik di tengah kota Semarang, saya ingin membangun semarang dari semua jalur demak ke kabupaten Semarang, insyaallah, tahun depan semua program akan selesai," kata Hendi.

Hendi terakhir mengingatkan warganya untuk selalu mengacu pada tiga hal yang terkandung di laut dan sedekah bumi. Yang ketiga adalah menjaga hubungan dengan orang lain, selalau ikhlas dan bersyukur. Ketiga hal ini bila dilakukan bersama dengan kawasan Tambak Lorok menjadi desa yang penuh dengan potensi wisata dan kota Semarang sendiri menjadi lebih baik.

Kampung Bahari Tambak Lorok dijadwalkan selesai pada 2018. Fungsinya dimaksudkan untuk menghilangkan kesan tempat tinggal kumuh di desa nelayan. Kemudian kapal nelayan bisa parkir di dekat rumah masing-masing desa.
0
36 Komunitas Python-ID Populerkan Pemograman Python di Kota Semarang
Acara kopdar tentang pemograman python adalah acara ke-2 serta diselenggarakan di Kampus Dian Nuswantoro. Terlebih dulu acara itu diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua panitia kopdar python-id Semarang, Yasir Abdurrahman menyebutkan acara itu diselenggarakan untuk memperkenalkan pemograman python di Kota Semarang.

" Pemograman python belum juga banyak di kenal terutama di kota Semarang jadi kami coba memperkenalkan dengan luas serta dapat pula jadi tempat berbagi, " tutur Yasir waktu diwawancara oleh tribun jateng.

Pemateri yang datang dari dosen Kampus Dian Nuswantoro, Fahri Firdausillah menyebutkan pemograman memakai python mempunyai feature automatis dibandingan pemograman beda.

" Python pemograman yang miliki feature yang leboh automatis jadi segera bila alami problem dibanding pemograman beda seperti niat puasa pemograman C yang perlu dengan manual " tutur Fahri.

Ia memberikan bebrapa feature di dalam python seringkali terlupakan.

" Feature di python yang percepat kerja programmer kadang-kadang dilupakan karna umumnya programmer.

Python dipakai sesudah kuasai pemrograman beda seperti bhs C++, pemograman PHP. Waktu memakai python masih tetap kebayang pemograman lama " imbuhnya.

Terkecuali Fahri Firdausillah yang isi matwri tentang pythonic code ada juga dedy pemateri ke-2 yang isi materi tentang python yang dipadukan dengan Docker untuk database.

Python adalah bhs pemograman interpretatif multiguna yang fokus pada tingkat keterbacaan kode.

Banyak feature yang dipunyai oleh bhs pemograman python salah satunya mempunyai system pengelolaan memori dengan automatis.

Dua di antara peserta yang ikuti berbagi itu. Erwin mahasiswa Undip menjelaskan pemograman python adalah pemograman yang sederhana.

" Saya turut ini karna menginginkan memperdalam python bagus serta sepanjang saya coba python sederhana serta gampang dipakai tidaka repot pemograman beda " papar Erwin.

Pendapat yang sama saja di sampaikan oleh Antonius Budi Nugroho mengungkap pertama kalinya ikuti berbagi untuk beberapa prrogramer. Menurut dia python pemograman yang cepat dibanding pemograman beda.

" Saya pertama kalinya nya turut berbagi tentang pemograman python umumnya saya memakai pemograman PHP. dibanding PHP akhirnya cepat serta tidak repot " pungkas Antonius.
0
37 Wali Kota Semarang Rayu Pemuda agar Jadi Pemimpin
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) menyerukan pemuda untuk jadi pemimpin. Menurut dia pemuda mempunyai keberanian hingga dapat jadi pemimpin.

" Teruslah punya mimpi karna anda yaitu calon pemimpin! " seru Hendi dalam info tertulis dari Pemkot Semarang, Senin (4/9/2017).

Hendi menyebutkan itu dimuka beberapa ribu mahasiswa baru Kampus Dian Nuswantoro (Udinus) yang ikuti pembekalan berbentuk talkshow bertopik 'Mewujudkan Mahasiswa Udinus yang cerdas, berkarakter serta berintegrasi dalam rencana Dinus Inside', di halaman gedung G Universitas Udinus Semarang, hari ini.


Tetapi, lanjut Hendi, calon pemimpin kurang cuma bermodalkan keberanian saja. Keberanian mesti diasah dengan kekuatan yang ada.

Hendi lantas mengacu ada 4 kelompok pemuda sekarang ini. Kelompok pertama tidak perduli serta tidak pandai. Umumnya sukai tawuran, balapan liar, gunakan narkoba, serta pergaulan bebas. Sedang kelompok ke-2 yaitu anak yang pandai namun tidak perduli.

" Yang perlu nilai baik, kerja diluar negeri, serta tidak perduli ilmunya dapat bermanfaat untuk Indonesia apa tidak, " papar Hendi.

Kelompok ke-3 yaitu type pemuda yang perduli namun tidak pandai. Umumnya kelompok itu lakukan provokasi di sosial media tanpa ada tahu kebenarannya. Kelompok paling akhir diisi anak pandai serta perduli yang aktif mencari jalan keluar dari persoalan yang ada.

" Nah saat ini tinggal kita yang memastikan juga akan dibawa ke mana keberanian yang kita punyai ini, " ucap Hendi.

Hendi mengharapkan beberapa pemuda bisa memaknai berani, pandai, perduli dari usaha pembangunan kota Semarang. Pembangunan nonton tv online kota Semarang yang terlebih dulu tidak maksimum buat kota Semarang jadi ketinggalan.

" Karenanya saya berusaha ambil tantangan dengan menggerakkan 4 roda pembangunan yakni sinergitas pada pemerintah, entrepreneur, pewarta, serta orang-orang untuk tingkatkan pembangunan kota, " sambungnya.

Salah satunya, lanjut Hendi, dengan merubah muka kota di th. 2018. Langkahnya dengan sediakan sarana transportasi yang baik, merubah arah kebijakan jadi pro orang-orang tidak dapat, menyingkirkan tingkah laku koruptif dalam birokrasi, sediakan modal usaha dengan bunga enteng lewat credit wibawa, penambahan sarana kesehatan dengan sediakan ambulans gratis untuk orang-orang, serta mengatur 11 ribu tempat tinggal tidak layak huni.

Diluar itu dia juga senantiasa mengusahakan membuat semangat kebersamaan, memimpin pembangunan gotong royong, dan tingkatkan bidang pariwisata dengan merubah muka kampung lewat program kampung tematik.

" Kenyataannya berdasar pada indeks pariwisata Indonesia oleh Kementerian Pariwisata 2016, sekarang ini Kota Semarang menempati posisi 5. Ini adalah perkembangan yang mengagumkan, " katanya.

Diakhir Hendi berpesan pada beberapa pemuda untuk waspada dalam melakukan tindakan. Anak muda seperti bola kristal yang sekali pecah walau diperbaiki tentu selalu berbekas.

Dalam peluang itu, Rektor Udinus Edi Noersasongko menyerahkan 102 buah bak sampah, 306 tong sampah yang ditujukan untuk Kelurahan Pindrikan Kidul dan 3. 573 bibit mangrove serta cemara laut sesuai sama jumlah mahasiswa baru Udinus serta di terima oleh Hendi. Gagasannya bibit mangrove serta cemara laut itu juga akan ditanam manfaat menanggulangi abrasi di Mangunharjo, Tugu.

Optimis Semarang Bebas Rob Banjir Th. Depan

Hendi percaya Kota Semarang juga akan bebas rob banjir pada 2018. Pernyataan ini ia katakan selesai meninjau aktivitas penanggulangan rob serta banjir di lokasi timur Kota Semarang.

Lokasi yang dilihat pada Minggu (3/9/2017) yaitu pembangunan kolam retensi Kaligawe serta pemasangan sheet pile di Sungai Tenggang. Pemasangan sheet pile yaitu satu diantara usaha menormalisasikan sungai Tenggang.

Skemanya, aliran air dari sungai Tenggang beberapa juga akan dialirkan ke kolam retensi serta beberapa sekali lagi juga akan dialirkan ke Banjir Kanal Timur. Direncanakan skema ini jalan pada akhir 2017. Untuk step awal masih tetap memakai pertolongan pompa portable sembari menanti pengadaan pompa paling utama pada Februari 2018.

Hendi mengungkap progres pembangunan sampai saat ini sesungguhnya telah bisa menanggulangi rob. Tetapi untuk mengoptimalkan penanggulangan banjir, mesti menanti sampai semua project penanggulangan rob banjir di lokasi timur Semarang usai.

" Bila yang rob telah dapat kita tangani. Sedang untuk hujan kita masih tetap menanti semua project usai, " katanya dalam info launching.

Sesaat untuk kolam retensi Kaligawe, terkecuali dibuat untuk menanggulangi rob serta banjir di lokasi timur Semarang, akan dipakai jadi ruangan terbuka untuk orang-orang melakukan aktivitas.

" Kelak di kolam retensi ini akan dibuat taman serta jogging trek untuk kesibukan warga, " imbuhnya.
0
38 4 Tatanan Ini Antar Semarang Jadi Kota Sehat 2017
Kota Semarang mempersiapkan empat tatanan untuk penilaian lomba Kota Sehat 2017, yaitu permukiman serta fasilitas prasarana sehat, sehat mandiri, pariwisata sehat, dan ketahanan pangan serta perbaikan gizi. “Pemerintah Kota Semarang lakukan beberapa usaha untuk penuhi empat tatanan itu, ” tutur Ketua Komunitas Kota Sehat Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi, waktu terima rombongan Tim Verifikasi Kota Sehat, di Kota Semarang, Senin (11/9/2017).

Menurut istri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi itu, perolehan Kota Sehat telah dimasukkan dalam gagasan pembangunan periode menengah daerah (RPJMD) yang terangkum dalam beragam program yang telah terencana dengan baik. Beragam program yang telah terwujud, kata dia, diantaranya program Siswa Mencari Jentik (Sijentik), kampung-kampung tematik, service kegawatdaruratan Ambulans SiCepat, serta beragam kerja sama juga dengan bebrapa instansi berkaitan.

“Program Sicentik keluar karna ada kepedulian dalam rencana penanggulangan demam berdarah dengue DBD dengan melibatkan harga kulkas ikut serta siswa untuk memonitor perubahan jentik nyamuk di lingkungan rumahnya, ” jelas Krisseptiana.

Untuk kampung-kampung tematik, kata dia, Komunitas Kota Sehat Kota Semarang mengolaborasikan dengan program kampung tematik dengan topik kota sehat hingga dapat menyulap lokasi yang awal mulanya kumuh jadi bersih, indah, serta cantik. “Sementara service Ambulans Sicepat ini untuk memberi service kesehatan dengan cepat pada orang-orang yang memerlukan, terutama service kegawatdaruratan, kecelakaan jalan raya, sampai service maternal, ” kata Tia, sapaan akrabnya.

Diluar itu, kata dia, kerja sama saja dikerjakan dengan kelompok perguruan tinggi serta beragam komune, seperti komune tuberkulosis (TB) serta HIV/AIDS yang ada di Kelurahan Peterongan serta Kelurahan Kalibanteng Kulon. “Upaya yang lain, tingkatkan kemampuan kader pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK) untuk meningkatkan potensinya, termasuk juga komunitas kesehatan kelurahan (FKK) yang aktif bekerjasama dengan puskesmas di wilayahnya, ” tuturnya.

Tia mengharapkan Kota Semarang dapat jadi harga tv yang paling baik dalam lomba Kota Sehat th. ini untuk kelompok Wiwerda hingga dapat jadi motivasi untuk warga Kota Semarang untuk lebih tingkatkan gaya hidup bersih serta sehat.

Disamping itu, Widayanti Bandia, sebagai Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat yang memimpin rombongan mengakui bangga dengan yang dikerjakan Kota Semarang yang menunjukkan ada sinergitas orang-orang serta program kerja OPD. “Saya yakin program kerja daro organisasi piranti daerah OPD bagus, namun apakah orang-orang dilibatkan atau tidak? Nyatanya, keterlibatan orang-orang dalam pembangunan Kota Semarang begitu besar, ” tuturnya.

Dalam tatanan sehat mandiri, umpamanya, kata dia, di beberapa kelurahan teratur lakukan aktivitas donor darah, senam lanjut usia, posyandu lansua, kontrol ibu hamil di posyandu, sampai pergerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). “Kedatangan kami untuk tidak menilainya, tetapi lihat sinergitas pada program kerja OPD serta orang-orang. Untuk tatanan pariwisata sehat, warga juga bersinergi merubah muka kampung jadi lebih cantik, ” ujarnya.
0
39 Kasus Perdagangan Manusia di Semarang Ini Minta Dihukum Seringan-ringannya
Dihadapan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang, penasihat hukum terdakwa Suwarno memohon clientnya dihukum seringan-ringannya.

Dalam sidang beragendakan nota pembelaan, Kamis (31/8/2017), pengacara Sugeng Subagyo mengatakan terdakwa jadi orang pemula yang belum juga ketahui hukum dalam perkara ini.

Dia menyebutkan sama pendapat dengan jaksa penuntut umum tentang tercukupinya unsur tiap-tiap orang.

Hal semacam ini dikarenakan Suwarno adalah subyek hukum yang dapat bertanggungjawab.

" Namun saya tidak sama pendapat dengan pembuktian lakukan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, perpindahan nama anak laki laki atau penerimaan seorang sudah tercukupi, " tutur Sugeng.

Suwarno yaitu terdakwa dalam perkara sangkaan perdagangan manusia.

Jaksa dalam tuntutannya memohon terdakwa pidana penjara empat th. dikurangi masa tahan dan denda Rp 120 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dalam dakwaan, Suwarno dijerat Pasal 2 ayat 2 UU Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

" Dalam tindakannya, terdakwa Suwarno lakukan hal itu (perdagangan manusia) karna terimpit problem ekonomi, " papar Sugeng.

" Jika dalam hal semacam ini majelis hakim sudah memiliki pendapat beda, jadi kami sebagai penasihat hukum terdakwa memohon supaya putusan dijatuhkan seringan-ringannya serta seadil-adilnya untuk terdakwa, " tambah dia.

Sesudah mendengar nota pembelaan terdakwa, jaksa penuntut umum (JPU) Stefanus mengemukakan tetaplah pada tuntutannya serta tidak berikan respon.

Ketua majelis hakim, Bakir, menyebutkan sidang dipending sampai 7 September yang akan datang beragendakan putusan.

Suwarno di tangkap petugas kumpulan nama bayi perempuan Polrestabes Semarang waktu menunggui seseorang pengemis bernama Supini memohon-minta pada 6 Maret kemarin.

Pada Desember 2016, dia berteman dengan Supini di Pasar Yaik yang tengah mengemis.

Lalu Supini geser memohon-minta di bangjo (traffic light) depan RSUP dr Kariadi.

Sehari-hari, terdakwa tidak sempat tidak hadir menunggui wanita itu.

Dalam satu hari, Supini menyatukan Rp 70 ribu dari belas kasihan pemakai jalan.

Nyatanya uang itu di ambil terdakwa untuk kepentingan pribadinya.
0
40 Dua hari diterapkan, CCTV tangkap ratusan pelanggar lalu lintas di Semarang
Dua hari sejak diterapkan sistem pemantau lalu lintas dengan CCTV di Semarang, sudah ratusan pengguna jalan yang terekam melakukan pelanggaran di sejumlah titik persimpangan di ibukota Jawa Tengah itu.

"Dari 2 hari pelaksanaan sistem itu, tercatat sudah terpantau sekitar 130 pelanggar lalu lintas," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi di Semarang, Rabu.

Dinas Pehubungan Kota Semarang sendiri sudah memasang kamera pengawas tersebut di 26 titik.

Mekanisme penindakan terhadap pengendara kendaraan bermotor dengan menggunakan rekaman CCTV sebagai alat bukti sudah dimulai pada 25 September 2017.

Dari jumlah pelanggar sebanyak itu, lanjut dia, doa sesudah sholat didominasi pelanggaran yang terjadi di simpang Tlogosari dan Fatmawati.

Selanjutnya, menurut dia, kepolisian masih memiliki tugas untuk menelusuri identitas pemilik kendaraan yang melanggar tersebut.

"Masih diselidiki karena yang mengendari belum tentu pemiliknya," katanya.

Kepolisian juga berencana mendatangi tempat tinggal pelanggar lalu lintas itu dengan menelusuri alamat berdasarkan nomor polisi kendaraan yang terpantau CCTV.

Ia menegaskan bahwa mekanisme pengenaan bukti pelanggaran tetap melalui putusan pengadilan untuk menentukan besaran denda yang harus mereka bayar.
0
41 Lowongan Kerja Loker ID - Informasi Bursa Kerja Terbaru
 nformasi yang anda mencari yaitu loker upah harian semarang. Berikut ini sudah kami hidangkan Info Lowongan berdasar pada keterikatan artikel maupun keterikatan iklan yang betul-betul sesuai sama keyword. Jika info yang kami berikan disini berguna untuk anda, silakan anda dapat berbagi artikel itu ke media sosial yang lain. Mudah-mudahan info mengenai loker upah harian semarang ini bisa berguna untuk beberapa pengunjung semuannya terutama untuk yang tengah mencari info lowongan kerja.

lowongankerjalokerid. com yakni satu di antara website pemberi informasi lowongan kerja terbaru pada Jum'at, 29 September 2017 selalu berikan berita terupdate dan terakurat yg didapat dari bermacam sumber dari bermacam instansi Bumn, doa sholat dhuha swasta dan service penyedia service kerja (outsorching) di kota-kota besar, Semoga informasi tentang loker upah harian semarang dapat bermanfaat untuk sebagian pengunjung semuannya terlebih untuk yg tengah mencari informasi loker upah harian semarang. Tetaplah semangat untuk peroleh pekerjaan untuk yang diimpikan anda Artikel yang terkait dengan " loker upah harian semarang ".

di rangka persiapan Kampus Diponegoro Jadii Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), di bulan September 2016 ini Kampus Diponegoro tengah Menelusuri pemuda – pemudi paling baik yg begitu kompeten serta terpacu diri untuk isi Letak lowongan pekerjaan paling baru.

di rangka penuhi kepentingan pegawai terutama dosen kontrak serta tenaga kependidikan di th. ini, Kampus Diponegoro (UNDIP) Semarang juga akan terima Dosen Kontrak serta Tenaga kependidikan Kontrak beberapa 269 orang dengan perinciannya.
0
42 12 Jurnalis Harian Semarang menangkan tuntutan PHK
 Dalam tayangan pers yang di keluarkan AJI Semarang, majelis hakim dengan hakim ketua Abdul Rauf dan anggota Yulius Eko serta Daryono, memerintahkan PT Semesta Media Pratama sebagai penerbit Harian Semarang membayar pesangon sebesar Rp 107. 640. 000.

Ketua Majelis Hakim Abdul Rauf menilainya pemutusan kontrak yang di keluarkan PT Semesta yaitu sah jadi PHK dengan pertimbangan efisiensi. Hingga, perusahaan harus membayar pesangon sesuai sama ketentuan perundang-undangan.

Terkecuali pesangon yang berdasar pada upah serta masa kerja, Majelis Hakim PHI Semarang, memerintahkan pergantian hak yang besarnya 15 % dari pesangon, sholat istikhoroh " Menghukum tergugat konvensi untuk membayar hak-hak beberapa penggugat konvensi berbentuk uang pesangon dan sebagainya, " kata Abdul Rauf waktu membacakan putusan (4/6)

Majelis hakim menampik tuntutan dari penggugat yang memohon PT Semesta tetaplah membayar upah dari mulai dikeluarkannya surat pemutusan kontrak sampai ada ketentuan pengadilan yang berbentuk tetaplah. Pertimbangan hakim, mulai sejak diputus kontrak mulai 1 Maret 2012, beberapa penggugat telah tidak menggerakkan kewajibannya jadi pekerja di Harian Semarang.

Diluar itu, majelis hakim menampik tuntutan balik (rekonvensi) dari PT Semesta pada beberapa jurnalis dengan nilai plus Rp 3, 2 miliar. Argumen PT Semesta kalau timbulnya kabar berita di media masalah tuntutan ini sudah turunkan oplah Koran serta pendapatan perusahaan, tidak dapat di terima majelis hakim, doa qunut Majelis hakim sudah memperhitungkan putusan Dinas Tenaga Kerja serta Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Semarang yang menyebutkan kalau jurnalis bukanlah pekerjaan yang dapat dikelompokkan jadi pekerjaan saat spesifik.

Berdasar pada hal semacam ini, jadi kesepakatan kontrak dari PT Semesta pada ke-12 jurnalis dengan automatis jadi kesepakatan kerja saat tidak spesifik atau pekerjaan tetaplah. Dengan hal tersebut, bila berlangsung PHK jadi perusahaan mesti memberi pesangon sesuai sama ketentuan yang berlaku.
0
43 Lalin Semarang-Kendal Sudah Dipadati Kendaraan Arah Jakarta
 Arus balik ke Jakarta pada Sabtu (1/7) pagi hari ini tampak semakin ramai. Keadaan jalan raya di Semarang menghadap ke Kendal juga tampak padat oleh kendaraan berpelat B, F serta A yang menghadap ke Jakarta.

Bukan sekedar kendaraan roda empat, truk serta sepeda motor juga tampak memadati jalur pantai utara (Pantura) Semarang-Kendal, tv online indonesia Bahkan juga di beberapa titik seperti lokasi Pasar Mangkang di bagian barat Semarang telah berlangsung kemacetan sampai selama tiga km..

Semasing pengemudi menginginkan mendahului. ‎Sedangkan banyak pengendara sepeda motor yang maunya memotong jalan hingga buat jalanan lebih macet.

Kondisi itu lagsung digunakan pak ogah untuk memperoleh rupiah. Mereka turun ke jalan untuk memperoleh uang recehan.

Dari pantauan JPNN, banyak kendaraan pelat B baik roda dua serta empat memadati masjid‎. Ada yang sebatas istirahat serta bersih-bersih, namun ada juga yang memakan bekal mereka.

" Pergi dari tempat tinggal subuh barusan, belum juga pernah makan. Ini baru ingin makan, " kata Sugiyanto, pemudik asal Solo yang membawa anak istrinya dengan sepeda motor.
0