Forum Diskusi Kota

form login member

Email:

Password:

9 Top Users

Members Online

NO Judul Kategori All
1 Bangunan Liar Tutupi Saluran Air di Kota Lama Semarang
Beberapa ratus bangunan liar menutupi saluran air di area Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air-Energi Sumber Daya Mineral Kota Semarang, Jawa Tengah, sebutkan beberapa ratus bangunan liar itu berdiri diatas saluran air.

Pelaksana Pekerjaan (Plt) Kepala PSDA-ESDM Kota Semarang Ayu Enthys menuturkan, dalam revitalisasi Kota Lama, menurut Ayu, Dinas PSDA-ESDM kebagian pekerjaan merapikan serta menormalisasi saluran-saluran air, sebab waktu ini telah banyak yang mampet serta ditutupi oleh bangunan liar.

Ia menuturkan sebetulnya telah melaksanakan langkah normalisasi saluran air yang di awali penertiban bangunan-bangunan liar dengan melibatkan SKPD perihal, ialah unit polisi pamong praja (PP). " Memanglah belum semua (saluran dibenahi, red.), masihlah sedikit. Tapi, telah kami mulai. Jangka waktu dekat, kami bakal selekasnya menambahkan penyusunan saluran-saluran air di Kota Lama, " kata dia di sholat dhuha Semarang, Jumat (14/4) selesai pertemuan Tubuh Pengelola Area Kota Lama (BPK2L) Semarang dengan unit feature kerja daerah (SKPD) perihal buat mengupas ide revitalisasi area Kota Lama.

Ayu mencontohkan saluran air yang ada di selama Jalan Kepodang, Semarang, yang banyak tertutupi bangunan liar jadi salah satunya prioritas penyusunan yang selekasnya dijalankan Dinas PSDA-ESDM. Menurutnya, langkah persuasif terus didahulukan dalam penertiban bangunan liar sebagai konsekuensi normalisasi saluran air, diantaranya dengan mengajak yang miliki bangunan berkomunikasi.

" Kami telah berkomunikasi dengan beberapa yang miliki bangunan. Rata-rata mereka telah menyepakati meskipun ada banyak yang masihlah 'ngeyel'. Ya, kami dekati. Kami bakal bekerjasama dengan satpol PP, " tukasnya.

Tidak cuman itu, ia menuturkan koordinasi dengan pemangku lokasi setempat, ialah kecamatan serta kelurahan diistemewakan supaya sistem penertiban bangunan liar yang ada di Kota Lama jalan lancar. " Bangunan liar diatas saluran air bakal di hilangkan. Mereka (yang miliki bangunan) yang saat ini duduki telah bersedia dirapikan. Tinggal tunggu saat saja. Yang pasti, selekasnya, " tegasnya.

Diawalnya, Ketua BPK2L Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menjelaskan penyusunan area Kota Lama Semarang melibatkan lintas bidang atau antarSKPD perihal, termasuk juga Dinas PSDA-ESDM buat saluran air. " Tiap tiap SKPD tak dapat jalan sendiri, tapi mesti sama-sama lengkapi, seperti kesulitan kebersihan, saluran air, jalan, sampai perizinan, " kata Ita yang juga Wakil Wali Kota Semarang.
0
2 Pembangunan Kota Tak Boleh Dikendalikan Pengembang
Mantan calon gubernur DKI Jakarta pada 2012 lalu, Faisal Basri, menilai penataan kota tidak boleh dikendalikan oleh pengembang.  Sebab, ditakutkan akan mengarah pada komersil yakni tata uang bukan tata ruang atau tata kelola.

 "Pembangunan kota itu tidak boleh dikendalikan oleh bandar doa qunut atau dikendalikan oleh pengembang itu akan rusak," ujar Faisal dalam diskusi bertajuk "Jakarta Yang Lebih Baik Untuk Semua, di bilangan Gunawarman, Jakarta, Sabtu (30/4/2016).

"Kita khawatir kalau tata kota menjelma menjadi tata uang, tata ruang menjelma tata uang," ucapnya.

Lebih lanjut, Faisal mencontohkan kawasan kumuh seluas tiga hektare, lalu pemerintah merelokasikan dengan memberikan ganti rugi yang lebih baik, namun hanya bersifat sementara.

"Boleh saja dikasih ganti rugi malah dikasih ganti untung, tapi dia akan pindah ke Luar Jakarta, kehidupannya di Jakarta, ongkos hidupnya makin mahal, dan dia niat puasa senin kamis nggak dapat apa-apa lagi, jadi proses pemiskinan kalau menggusur seperti itu,"jelas Faisal.

 Karena itu, Faisal menyarankan tanah yang dicontohkan seluas tiga hektare kawasan kumuh tersebut bisa dimanfaatkan bersama tanpa menggusur.

 "Nah coba bayangkan, kalau tiga hektare itu kita bagi tiga, yang satu hektare tetap dihuni oleh orang yang semula, dengan diperbaiki rumahnya atau naik empat lantai, jadi meter squarenya naik juga per keluarga," katanya.

 "Kemudian seperti tiganya lagi ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh semua, sepertiganya lagi jadi lahan komersial," sambungnya.

0
3 Bule Swiss Peduli Rakyat, Pemerintah Terkesan Cuek
Informasi tentang Toni Ruttiman pertama kali diunggah dosen sosiologi Universitas Indonesia, Imam B Prasodjo, melalui akun Facebook miliknya.

Imam mengisahkan, selama tiga tahun terakhir, Toni mengajak warga di sejumlah pelosok daerah yang tak memiliki akses jalan untuk bergot­ong royong membangun jembatan gantung.

"Toni datang ke negeri kita karena ia melihat begitu banyak anak-anak di negeri ini harus bergelantungan saat pergi sekolah menyeberangi sungai melintasi jembatan rusak," tulis Imam pada akun Facebook, Rabu (28/9).

Toni berinisiatif mendatangkan bahan-bahan jembatan gantung dari negerinya, Swiss. Dia juga mengupayakan bantuan pipa dari pe­rusahaan ternama doa naik kendaraan  yang pemiliknya ia kenal baik, agar bersedia men­girim bantuan pipa tiang jembatan dari Argentina ke Indonesia.

Toni merekrut beberapa warga Indonesia untuk membantu melakukan beberapa hal. "Seorang pemuda ber­nama Suntana setia membantu misi kemanusiaan Toni," kata Imam.

Hingga kini Toni berhasil memasang 61 jembatan gantung di ber­bagai daerah, di antaranya, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur.

Imam juga menyertakan beberapa foto Toni dan sejumlah warga bergotong royong membangun jembatan secara swadaya. Namun sayang, tambah Imam, perjuangan Toni membantu masyarakat Indonesia mengalami hambatan. Akhir-akhir ini upaya pengiriman bantuan di­hambat.

Contohnya, bantuan bahan jembatan seperti wirerope (kabel pancang) yang selama tiga tahun telah secara rutin didatangkan dari Swiss terhambat oleh lambannya birokrasi.

"Saya ikut terlibat dan mengikuti betapa sulitnya mengurus proses administrasi import barang bantuan ini. Saya merasa kesal menghadapi birokrasi yang be­gitu ruwet dan lambat, walaupun untuk import barang bantuan kemanusiaan sekalipun," sesal Imam.

Imam juga menuturkan keteran­gan Suntana, asisten Toni, ihwal proses pengurusan barang bantuan harus menghadapi penetapan denda demurrage (batas waktu kontainer). Sementara untuk mengeluarkan kontainer dari area penyimpanan diperlukan dana yang tidak sedikit.

Di sisi lain, proses permintaan penghapusan tagihan denda demurrage, atas tiga kontainer wirerope dari pihak pelayaran nama bayi laki laki islam memerlukan waktu yang lebih lama. Sedangkan biaya denda demurrage terus bertambah setiap hari.

Dalam lampiran tagihan demmurage yang diterima Imam, tertulis jumlah denda per tgl 19 September 2016 sebesar Rp 169.890.000,-dan konfimasi terbaru tagihan demmurage per 26 September 2016 sebesar Rp 195.650.000.

Tapi untungnya ada pihak yang mau membantu. Imam menutur­kan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono bersedia membayar biaya demurrage dan seluruh proses admin­istrasi import wirerope sebanyak tiga kontainer. "Semoga (janji Menteri PUPR) segera direalisasikan," harap sosiolog Universitas Indonesia itu.

Nah, kisah Toni yang dikisahkan Imam B Prasodjo mendapat perhatian banyak netizen Tanah Air. Mayoritas mereka menyesalkan ketiadaan bantu­an pemerintah membangun jembatan bagi masyarakat di sejumlah pelosok negeri. Hingga hadir orang asing bernama Toni Ruttiman melakukan tugas pemerintah Indonesia.

Kisah Toni Ruttiman yang diceritakan Imam B Prasodjo menjadi viral setelah diberitakan sejumlah media online. 

Meski menyesalkan ketiadaan peran pemerintah, namun netizen men­gapresiasi kesediaan Toni Ruttiman membantu masyarakat Indonesia.

Misalnya, akun Anna Denquixote di Facebook mengapresiasi bantuan Toni Ruttiman, "Salute Mr. Ruttiman. Tetap semangat dan lanjutkan. Pemerintah, please bantu prosesnya jangan dipersulit, mumpung ada orang yang ikhlas membantu. Khawatirnya kalau birokrasi dan dipersulit jadi berubah pikiran."

Akun Jhony Gudel menilai bantuan Toni Ruttiman merupakan tamparan keras bagi pemerintah yang lambat bertindak, "Orang asing ini. Secara tidak langsung menyindir halus kin­erja pemerintahan di negeri ini yang katanya kaya raya, tapi kok bangun jembatan aja nggak mampu."

Akun Supetra Rahadiyono mene­gur pemerintah daerah yang dinilainya kurang peduli nasib rakyat. "Seharusnya pemerintah daerah setempat memberi perhatian serius dan menindaklanjuti memberi du­kungan. Jembatan penghubung antar ucapan tahun baru 2017 desa bisa menumbuhkan ekonomi kerakyatan," katanya.

Akun Subqan Arehan menilai, pemerintah seharusnya yang membangun akses jembatan bagi masyarakat, bukan orang asing.

"Orang asing aja peduli dengan rakyat kita, sedangkan kita sendiri sebagai orang Indonesia khususnya pemerintah, mana janji-janjimu. Coba tengok jembatan mau rubuh aja dibiarin nggak diperbaiki, ada korban baru bertindak.
0
4 Kota Semarang Bikin Program Kampung Tematik
Wali Kota Semarang, Jawa Tengah, Hendrar Prihadi membidik, mulai 2019 wilayahnya bebas dari kumuh.

Diantara satu langkah menggapai obyek itu yakni dengan membuat kampung tematik di tiap-tiap kelurahan.

Th. 2016 ini, ada dua kelurahan percontohan di 16 Kecamatan yg membuat kampung tematik.

" Seluruh kelurahan kelak punyai bahasan privat yg dapat di kenal serta diperkembangkan sama sesuai potensi wilayahnya, " kata Hendrar, Senin (21/11/2016).

Diantara satu kelurahan yg mencipta kampung tematik merupakan Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur. Kelurahan itu dicitrakan sebagai Kampung Batik Semarang.

Menurut Hendi, daerah kumuh yg ada masih tetap seputar 416 hektar. Pemkot Semarang membidik pengurangan jumlah doa berbuka puasa daerah kumuh dengan support dari segi layanan, infrastruktur sampai saluran drainase.

Kampung tematik dibuat sampai kedepannya bisa membuat perubahan muka daerah jadi lebih indah, bersih, hijau serta miliki media prasarana yg baik.

Hendrar minta partisipasi aktif warganya dalam menyukseskan program itu. Warga, semisal, diperintah miliki rasa miliki serta niat utk menanam pohon pohon utk menaikkan keindahan kota serta bersihkan hawa.

“Harus ada semangat menanam, apabila tdk punyai halaman, dapat di pot, apabila pot mahal dapat di kaleng atau plastik sisa, jadi ga ada argumen, " kata dia lagi.

Terlebih dahulu, Kelurahan Kemijen di Semarang Timur juga disulap jadi kampung seni. Penciptaan kampung seni itu melibatkan organisasi warga sipil dengan membereskan satu per satu lokasi yg kumuh jadi lebih beradab.

Data dari Tubuh Rencana Daerah (Bappeda) Kota Semarang memberikan masih tetap ada 64 daerah di Semarang berkategori kumuh.

Beberapa lokasi selanjutnya " disulap " jadi kampung seni yg berisikan karya-karya kreatif. Berapa bangunan serta dinding punya warga di Kemijen dihiasi dengan gambar mural. Beberapa layanan umum juga disentuh dengan tangan kreatif.
0
5 Impian Wali Kota Jadikan Pasar Kembang Destinasi Wisata Kreatif
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi optimistis, penataan Pasar Kembang di sepanjang Jalan Sutomo akan menjadi ikon baru di wilayahnya. Pasar kembang diproyeksikan dapat menarik kunjungan banyak wisatawan. "Ini nanti seperti kampung Jodipan di Malang. Rumah warga di sekitar sini akan dicat warna warni," kata Hendrar, seusia mengecek pembangunan pasar, Rabu (30/11/2016).

Untuk mengecat rumah warga di sekitar Kali Semarang, Hendrar secara intensif menjalin komunikasi dengan warga. Di sisi yang lain, sudah ada perusahaan cat yang menawarkan program corporate social responsibility (CSR) untuk mengecat rumah secara warna warni. Untuk itu, pihaknya sedang mencari waktu tepat untuk menata kawasan dekat Tugu Muda tersebut.

"Sudah ada perusahaan cat yang bersedia membantu. Tinggal cari momentum pas selain musim hujan, karena kalau hujan cat tidak maksimal," ujar Hendrar. Bersamaan dengan itu, harga ever e Kali Semarang juga akan dipercantik. Gundukan sampah serta aliran yang menyempit akan dilebarkan seperti sedia kala. Penataan sungai bertahap dilakukan pada 2017. "Kalau penataan sungai masuk tahap 2 pada 2017. Tahap pertama bangunan ini. Nanti kami minta bantuan," ujar dia.

Kepala Dinas Tata Kota dan Pemukiman Agus Riyanto menyebut rumah warga yang dicat sekitar 400 rumah. Rumah itu seluruhnya berada di bantaran Kali Semarang. "Ada 400 sekitar rumah yang dicat. Nanti kita cari waktu selain musim penghujan," ujar Agus. Pembangunan Pasar Kembang pada tahap pertama sudah 92 persen. Pasar dibangun dua lantai yang tepat berada di sisi Kali Semarang.

Lantai pertama untuk pemesanan, sementara lantai dua untuk tempat pameran bunga. Bangunan pasar juga dilengkapi dengan trotoar yang cukup lebar. Bangunan memanjang dibagi beberapa gedung itu mampu menampung sekitar 90 pedagang bunga. Pembangunan seluruhnya rampung pada pertengahan bulan Desember 2016.
0
6 Pensiunkan 200 Guru Lebih Tiap Tahun
Dinas Pendidikan Kota Semarang, Jawa Tengah, mengatakan sekitar 200 guru dari beragam level pendidikan yang masuk periode pensiun dalam tiap-tiap tahunnya. “Guru yang pensiun th. 2015 ada 330 orang, sesaat th. terlebih dulu kurang lebih 256 guru yang pensiun, ” ujar Kepala Disdik Kota Semarang Drs. Bunyamin MPd di Semarang, Senin (5/12/2016).

Untuk th. ini, kata dia, memanglah masih tetap dalam sistem pendataan lantaran sifatnya menyeluruh, termasuk juga tenaga kependidikan, tetapi di pastikan jumlahnya kian lebih 200 orang.

Dengan keadaan itu, ia mengaku otomatis berlangsung kekurangan tenaga guru, tetapi sampai kini belum ada perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) guru di Pemerintah Kota Semarang.

“Meski sekian, kami udah menghadapi, salah satunya dengan melibatkan tenaga kontrak. Keseluruhannya, ada 2. 532 tenaga kontrak yang digaji sesuai sama gaji minimal kota (UMK), ” tuturnya.

Namun, ia tak memaparkan do'a nisfu sya'ban dengan cara detil berkaitan perekrutan guru honorer itu, termasuk juga pemenuhan kursi kosong yang terisi karenanya ada guru pensiun lantaran masih tetap dalam pendataan.

Yang pasti, Bunyamin meyakinkan upah guru honorer bakal sesuaikan dengan UMK tiap-tiap tahunnya yang selalu bertambah hingga dengan cara kesejahteraan mereka tetaplah terjamin.

Disamping itu, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono memohon Disdik Kota Semarang buat lekas melaksanakan pendataan guru yang pensiun supaya dapat di ketahui data valid yang jadikan referensi.

“Selama ini, tiap-tiap bln. tentunya ada guru yang pensiun, sesaat perekrutan CPNS buat tenaga guru tak seimbang. Mengakibatkan, banyak berlangsung kekosongan guru di berapa pelajaran, ” tuturnya.

Harusnya, kata politikus Partai Demokrat itu, Disdik dapat melaksanakan penghitungan dengan cara jeli buat menghadapi kekurangan guru karenanya ada guru yang masuk periode pensiun.

“Ini persoalan yang benar-benar perlu, hubungannya dengan pendidikan. Jangan pernah berlangsung kekosongan guru. ‘Piye carane’ (bagaimana langkahnya) keperluan tenaga pendidikan mesti tercukupi, ” tegasnya.

Jika keperluan tenaga pengajar telah terdata jauh-jauh hari, lanjut dia, tentu telah dapat dianggarkan buat perekrutan CPNS guru dengan cara berkala sesuai sama yang diperlukan.

“Memang telah ada tenaga kontrak buat guru. Namun, mesti diperlengkapi kesepakatan dengan cara terang. Kalau kebutuhannya buat setahun, ya, perjanjiannya mesti terang setahun, ” tuturnya.

Kerap berlangsung di lapangan, kata Wiwin, tenaga kontrak telah habis periode kontraknya masihlah bekerja hingga bakal merugikan mereka lantaran efeknya kesusahan buat sistem penggajian.
0
7 Semarang Raih Penghargaan dari KLH
SEMARANG – Di bekas th. ini, Kota Semarang kembali memperoleh penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Kesempatan ini penghargaan diberikan sebagai kota metropolitan yang mempunyai hawa berkwalitas baik.

Penghargaan diserahkan Dirjen Ingindalian Pencemaran serta Rusaknya Lingkungan, KLH, MR Karliansyah pada Kepala Tubuh Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang Gunawan Saptogiri. Dalam acara di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu (14/12) itu, Gunawan mewakili Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang masihlah berkabung atas berpulangnya sang ibu, Senin (12/12) lantas.

Terlebih dulu dikerjakan Pelajari Kwalitas Hawa Perkotaan (EKUP) di sebagian kota di Indonesia. Tetapi ada 14 kota yg tidak melakukan aktivitas itu, salah satunya Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Surabaya, Tangerang, Malang, Tangerang Selatan, Jayapura, Manokwari, Kendari, sholat jenazah Ternate, Palangkaraya, serta Pangkal Pinang. ’’Dari data 2016, didapat parameter yang melampaui baku mutu hawa ambien, yakni hidro carbon (HC) di Kota Medan. Kwalitas hawa ditetapkan oleh potensi pencemaran hawa di beberapa kota akibat aktivitas transportasi semakin bertambah, ” tutur Karliansyah.

Ia memberikan, faedah EKUP salah satunya info kwalitas hawa, kemampuan serta daya saing kota dalam pengelolaan kwalitas hawa serta aplikasi transportasi berwawasan lingkungan. Diluar itu, ada referensi untuk pemerintah serta orang-orang kota untuk tingkatkan kwalitas hawa perkotaan.

Dalam pemilihan penerima penghargaan itu, diputuskan beberapa Tanda penilaian. Salah satunya penilaian dari kwalitas hawa akibat transportasi salah satunya uji emisi kendaraan, volume jalan raya, uji hawa ambien roadside, kwalitas bahan bakar, serta manajemen transportasi berkepanjangan.

Menanam Pohon

Tetapi, monitor info mengenai kwalitas hawa di Semarang telah tak ada lagi. Walau sebenarnya dahulu ada di tiga tempat, yaitu Jl Pemuda, Jl Setiabudi, serta Jl Abdur Rahman Saleh. Dari data Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan, tiga stasiun pemantau kwalitas hawa di Semarang juga tak aktif. Yaitu di Banyumanik, Pedurungan serta Desa Wates, Ngaliyan.

Kepala BLH Kota Semarang Gunawan Saptogiri memberikan, sampai kini, BLH sudah lakukan beberapa usaha, salah satunya penanaman pohon yang berperan sebagai penyerap polusi hawa, pengawasan pada emisi cerobong industri, uji emisi kendaraaan dengan cara berkala. ’’Kami juga memonitor kwalitas hawa ambien di 16 kecamatan, tujuh lokasi industri, dan 8 roadside (pinggir jalan raya), ’’ imbuhnya.

Pihaknya mengharapkan dengan diterimanya penghargaan itu, semua orang-orang bisa melindungi serta tingkatkan kwalitas hawa. Langkahnya dengan adanya banyak menanam pohon, menjaga kendaraan, serta lakukan kepatuhan perusahaan pada pemakaian bahan baku yang ramah lingkungan. Lalu memakai cerobong sesuai sama ketentuan yg berlaku.
0
8 Bermula dari Nama Gending Jawa
Puspanjolo yaitu sisi kecil dari banyak kampung di Semarang yang mempunyai histori. Sedikit yang tahu asal-usul nama Puspanjolo. Cuma dari mulut ke mulut beberapa tokoh orang-orang, tertutur histori mengenai kampung itu.

PEMBERIAN namanama kampung di lokasi Kota Semarang atau di kenal sebagai toponim, telah di kenal orang-orang mulai sejak awal keberadaannya. Toponim datang dari bhs Yunani, topos serta nomos. Topos bermakna tempat, sedang nomos bermakna nama. Jadi, pengertian toponim yaitu nama satu tempat.

Dalam perubahannya, pengertian toponim bukan sekedar pada nama satu tempat namun lebih luas, yakni pada usaha untuk mencari asal-usul, arti, pemakaian, serta tipologi nama satu tempat/daerah. Kajian mengenai toponim begitu erat dengan kajian histori. Seperti histori Puspanjolo, satu diantara kampung di lokasi Kelurahan Bojong Salaman, Kecamatan Semarang Barat.

Dari penelusuran Komune Hysteria Semarang, lantaran pada saat itu, daerah Puspanjolo ada di bibir pantai, beberapa nelayan di sekitaran berprofesi sebagai penjala (njolo : bhs jawa) serta mereka senantiasa temukan bunga (puspa) di sekitaran pantai. Jadi daerah itu diberi nama Puspanjolo. Sebelumnya kehadiran Laksamana Cheng Ho ke Semarang, daerah itu telah berpenghuni. Tetapi cuma ada satu orang bersama istrinya, yakni Mbah Srimpi. Ia di kenal sebagai orang pertama yang menghuni di daerah Puspanjolo sampai pada akhirnya wafat serta disemayamkan di daerah itu.

Beberapa warga yakini makam itu yaitu makam beliau serta setuju untuk menamakan ruang makam itu dengan nama Kuburan Mbapi, yakni penggabungan dari kata Mbah Srimpi. Dulu, warga memiliki satu acara spesial atau kebiasaan yang diselenggarakan tiap-tiap malam sura.

Acara itu yaitu menyembelih kambing serta mengarak kepala kambing yang lalu dibawa menuju makam Mbah Srimpi. tata cara sholat jenazah Sesudah berdoa berbarengan, beberapa warga yang ikuti acara arak-arakan makan berbarengan di kompleks makam. Tetapi sekarang ini, aktivitas itu telah tak dikerjakan lagi oleh warga, namun juru kunci Makam Mbapi masihlah lakukan acara itu walau bukanlah kambing tetapi ditukar dengan ayam.

Selalu Berkembang

Walau demikian, asal-usul nama Puspanjolo yang datang dari profesi penjala serta bunga puspa ”ditepis” oleh Staf Kesos Kelurahan Bojong Salaman, Agus Susanto (54). Nama Puspanjolo didapatkan dari Pemerintah Kota Semarang sebagai satu diantara nama gending Jawa. ‘’Dalam gending Jawa itu ada Puspowarno, Puspogiwang serta Puspanjolo. Sebab, lokasi Puspanjolo ini dahulu rimba serta sawah pada 1950-an, lalu jadi permukiman warga pindahan dari Atmodirono Pleburan, ’’ kata Agus, waktu didapati di kantornya, Jalan Puspanjolo Barat Raya 40, Rabu (14/12) siang.

Ia mengaku, saat datang kali pertama pada 1967 serta bermukim di Jl Puspanjolo Timur XII Nomer 20, lokasi itu masihlah berbentuk rimba. Bahkan juga, kantor Kelurahan Bojong Salaman waktu itu adalah makam Mbah Gadung, yang juga satu diantara tokoh babat alas lokasi Puspanjolo. ‘’Ketika bakal jadikan kantor, makam juga dipindah pada 1976. Termasuk juga penamaan Bojong Salaman, yang mempunyai arti ”mbujeng selamet” atau mencari keselamatan, lantaran terlebih dulu, kantor kelurahan jadi satu dengan tempat tinggal Pak Lurah saat itu, ’’ tuturnya.

Lokasi Bojong Salaman juga, tambah Agus, saat ini jadi permukiman padat masyarakat yang selalu berkembang. Terdiri dari sembilan RW serta 58 RTdengan jumlah masyarakat 9 beberapa ribu serta dua beberapa ribu keluarga. Lokasi Puspanjolo serta Bojong Salaman saat ini berdiri ruko, industri, instansi pendidikan, bengkel, serta unit usaha yang didirikan oleh warga dan pendatang.
0
9 Kondisi Terbatas Maria Lulus Predikat Cumlaude
SEMARANG – Keadaan serba terbatas tak menyurutkan semangat Maria Ida Widayanti untuk selalu meneruskan pendidikan hingga ke tingkat paling tinggi. Dilahirkan dari keluarga yang tidaklah terlalu berkecukupan dalam bagian ekonomi, anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Petrus Mujianto serta Cecilia Kartipah ini sukses mencapai predikat cumlaude dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3, 5 dari Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata.

“Ayah saya berprofesi sebagai tukang becak, tukang bangunan serta tukang pijat, serabutan lah. Ibu rumah-tangga umum. Pernah berhenti sekolah sesudah lulus SMP lantaran terbatasnya cost serta baru meneruskan ke SMA satu tahun selanjutnya, ” kata Maria pada wartawan di Semarang, tempo hari.

Dara kelahiran Grobogan 16 Juni 1990 itu baru meneruskan ke bangku kuliah sesudah tiga th. lulus dari SMA 1 Grobogan. Dua th. sesudah lulus, harga rak ia mengadu nasib ke Kota Semarang serta bekerja sebagai pelayan di Warung Makan Handayani di daerah Wonodri dekat RS Roemani.

Satu tahun bekerja ditempat itu, atas anjuran Dosen Unika Soegijapranata Kristina Ananingsih untuk meneruskan kuliah. Menurut Dekan Fakultas Tehnologi Pertanian itu ada beasiswa yang dapat membiayai kuliah Maria hingga semester tujuh dengan prasyarat nilai rapor minimala tujuh.

“Ayah saya kebetulan kenal dengan bu Kristina, dia yang merekomendasikan saya untuk meneruskan ke bangku kuliah, ” lebih hanya satu anak dikeluarganya yang dapat mencapai gelar sarjana.

Ia lalu di terima di Unika Soegijapranata lewat program beasiswa penuh (beasiswa duit kuliah serta gedung).

Walau telah terima beasiswa penuh, Maria tetaplah bekerja di Warung Makan Handayani untuk cost hidupnya keseharian. Terkecuali bekerja ditempat itu, Maria juga tinggal di Warung Makan punya Siti Rakidah itu.

Terkecuali kuliah serta bekerja, Maria juga aktif dalam aktivitas universitas salah satunya jadi Komandan KSR Unika Soegijapranata 2013-2014, Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi 2012-2013 serta pernah bekerja di Poliklinik Bunda Teresa di Unika Soegijapranata.

“Bersyukur saya dapat melalui perjuangan hidup. Saya kuliah lantaran miliki hasrat, yakin pada Tuhan serta Dia bakal memberi jalannya, ” papar perempuan yang pernah cuti kuliah pada semester delapan lantaran belum ada cost.

Sekarang ini Maria telah memperoleh pekerjaan sebagai Asisten Psikolog di Instansi Psikologi Terapan Persona di Pangkalpinang Propinsi Bangka Belitung. Ia telah diwisuda sebagai sarjana pada Wisuda periode III 2016 pada 17 Desember lantas.
0
10 Kota Semarang Peroleh Penghargaan karena Kualitas Udaranya Dinilai Baik
Semarang - Kota Semarang kembali peroleh penghargaan diakhir th. 2016. Kesempatan ini ada penghargaan Pelajari Kwalitas Hawa Perkotaan (EKUP) th. 2016, yang artinya Kota Semarang jadi satu diantara kota yang mempunyai hawa yang dinilai baik.

Penghargaan yang di terima Kota Semarang dari Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan itu masuk dalam kelompok Kota Metropolitan paling baik ke-2 menaklukkan beberapa kota di Indonesia.

Penghargaan diserahkan siang tadi (14/12) di hotel Shangrila Jakarta oleh Dirjen Ingindalian Pencemaran serta Rusaknya Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan, M. R Karliansyah pada Kepala Tubuh Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri yang mewakili Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang masihlah berkabung atas meninggal dunianya sang ibu.

Ada beragam tanda yang dinilai hingga Kota Semarang memperoleh penghargaan itu diantaranya kwalitas resep makanan cimol hawa akibat transportasi yang mencakup uji emisi kendaraan, traffic counting, uji hawa ambient roadside, kwalitas bahan bakar, dan manajemen transportasi berkepanjangan.

" Tak heran, lantaran sampai kini BLH sudah lakukan beberapa usaha salah satunya penanaman pohon yang berperan sebagai penyerap zat polusi hawa, pengawasan pada emisi cerobong industri, uji emisi kendaraan dengan cara berkala, pemantauan kwalitas hawa ambient di 16 kecamatan, 7 lokasi industri, dan 8 roadside, " kata Gunawan seperti dalam siaran pers yang di terima detikcom, Rabu (14/12/2016).

Ia mengharapkan kwalitas hawa Kota Semarang dapat dipertahankan atau lebih diperbaiki dengan adanya banyak menanam pohon, menjaga kendaraan, serta untuk perusahaan mesti perduli pada pemakaian bahan baku yang ramah lingkungan serta memakai cerobong sesuai sama ketentuan.

Disamping itu M. R Karliansyah menyampaikan faedah EKUP salah satunya ada info kwalitas hawa, kemampuan serta daya saing kota dalam pengelolaan kwalitas hawa serta aplikasi transportasi berwawasan lingkungan, serta terdapatnya referensi untuk pemerintah serta orang-orang kota untuk tingkatkan kwalitas hawa perkotaan.

" Dari data th. 2016 didapat satu parameter yang melampaui baku mutu hawa ambient yakni hidro carbon (HC) di Kota Medan, " tuturnya.

Dengan penghargaan itu, Kota Semarang memberi koleksi penghargaan yang didapat berturut-turut diakhir th.. Penghargaan itu diantaranya dari Ombudsman RI berkaitan predikat kepatuhan tinggi service umum, lalu dari Kementerian Pariwisata yakni peroleh peringkat tinggi untuk indeks Pariwisata, serta masihlah terdapat banyak penghargaan lain.
0
11 Angkutan Online, Antara Kebutuhan dan Regulasi
Permasalahan aplikasi tehnologi dalam system transportasi umum kembali mengemuka dikala nampak tindakan demo dari beberapa awak angkutan umum legal di depan Istana Negara 14 Maret lantas. Tindakan demo itu adalah akumulasi kekecewaan beberapa pengemudi angkutan umum atas menjamurnya pelayanan transportasi berbasiskan aplikasi tehnologi, baik untuk roda ataupun roda dua.

Hadirnya pelayanan angkutan berbasiskan tehnologi itu dirasa sudah menggerus penumpang angkutan umum ataupun penumpang ojek pangkalan. Keluhan ini sudah dirasa mulai sejak 2014.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Muhamad Akbar kala itu telah laksanakan razia pada taksi Uber. Pihak Organda DKI Jakarta juga sudah memprotes atas tambah ramainya Uber (serta lalu disusul oleh taksi Grab). Tetapi pelayanan Taksi Uber serta Grab masih jalan selalu.

Ramainya hadirnya taksi on-line tak lepas dari ada keperluan angkutan umum yang lebih aman, nyaman, serta terjangkau untuk kelas menengah. Penumpang Uber serta Grab yaitu mereka yang terlebih dulu naik taksi reguler atau mobil pribadi.

Mereka ganti ke pelayanan taksi on-line lantaran tarifnya lebih murah, gampang, serta cepat aksesnya. Diluar itu, menggunakan kendaraan pelat hitam dari sisi prestise lebih harga ban fdr prestisius. Terutama apabila mesti menjumpai rekanan yang terkadang perlu basa basi tampilan.

Untuk mereka yang pada mulanya naik mobil pribadi serta ganti ke taksi on-line, lantaran dari sisi cost lebih murah dengan tingkat kenyamanan serta keamanan yang sesuai. Sedangkan ojek on-line baru ramai pertengahan 2015, dikala seragam jaket serta topi Go-Jek tampak ramai di Ibu Kota Jakarta.

Tidak sama dengan penumpang taksi Uber serta Grab yang lebih segmented (group menengah serta mempunyai kartu credit), penumpang Go-Jek dengan semua turunannya (GrabBike, Blue-Jek, serta Lady Jek) lebih luas lagi : ada yang datang dari penumpang ojek konvensional (pangkalan), penumpang bajaj, serta banyak yang datang dari penumpang taksi atau mobil pribadi yang menginginkan keluar dari kemacetan.

Hal semacam itu bisa terdeteksi dari keluhan beberapa pengemudi taksi serta bajaj, yang mengeluhkan kalau penumpang mereka alami penurunan kian lebih 30 % sesudah ada ojek on-line.

Supaya langkah pandang kita pada persoalan terang serta terpilah, kita bedakan dengan cara terang pada taksi Uber serta Grab dengan ojek on-line (Go-Jek, GrabBike, Blue-Jek, serta Lady Jek).

Hadirnya taksi Uber serta Grab dengan cara fungsional merebut pasar taksi regular atau konvensional yang mempunyai izin (legal) usaha transportasi. Sesaat taksi Uber serta Grab tak mempunyai izin usaha transportasi.

Sedangkan hadirnya ojek on-line tak dapat di katakan merebut market share ojek pangkalan, lantaran ojek pangkalan juga bisa berhimpun di ojek on-line. Terkecuali itu, dengan cara yuridis, ojek pangkalan dengan ojek on-line keduanya sama tak ditata dalam UU No 22 Th. 2009 mengenai Lantas Lintas serta Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Beberapa entrepreneur taksi konvensional memiliki hak laksanakan memprotes pada hadirnya taksi Uber serta Grab yang sudah merugikan usaha mereka. Namun ojek pangkalan tak memiliki hak memprotes pada hadirnya ojek on-line, lantaran ibaratnya keduanya sama anak haram. Apabila mereka tidak mau tergusur dari profesinya sebagai pengojek, mereka dapat berhimpun di ojek on-line.

Dengan kata lain, pada masalah taksi konvensional versi taksi on-line, ada masalah legal serta ilegal, maka pemerintah bisa berpihak dengan cara terang. Namun, pada ojek pangkalan versi ojek on-line keduanya sama ilegal. Lantaran keduanya sama ilegal, jadi mempunyai hak hidup yang sama.
0
12 Semarang Segera Miliki Sirkuit Balap Motor
Kota Semarang, Jawa Tengah, selekasnya mempunyai sirkuit balap sepeda motor dengan dimulainya pembangunan sport centre di lokasi Mijen, Semarang, 2017 yang akan datang. " Sesungguhnya, rencana (pembangunan, red.) sirkuit di Mijen telah mulai sejak 2015, " kata Kepala Dina Tata Kota serta Perumahan (DTKP) Kota Semarang Agus Riyanto di Semarang, Jumat.

Menurutnya, sekarang ini DED (detil engineering design) pembangunan sirkuit di Mijen serta anggarannya juga telah siap hingga pada th. 2017 diawali pembangunannya dengan cara fisik. Ia menyampaikan kalau pembangunan sirkuit balap motor di Mijen memanglah akan tidak rampung cuma dalam 1 th. lantaran biaya yang diperlukan relatif begitu besar, yaitu Rp128 miliar.

" Pada th. 2017, dikerjakan pembangunan awal (sirkuit, red.) dengan biaya sekitaran Rp50 miliar. Bekas pekerjaannya bakal dikerjakan multiyears. jadwal sholat Optimal 2018 s/d 2019 rampung, " tuturnya. Kehadiran sirkuit yang didesain berkelas nasional itu, kata dia, begitu utama lantaran dapat digunakan untuk beragam perlombaan, seperti drag race.

" Pembangunan sport centre itu mencakup sirkuit, tribun, tribun mini, gedung, arena untuk paddock, serta track road, termasuk juga akses masuk menuju ke sirkuit, " tuturnya. Untuk keperluan lahannya, menurut Agus, telah disediakan tempat seluas 11 hektare yang bakal diperkembang untuk pembangunan sarana sport centre untuk orang-orang Kota Semarang.

Disamping itu, Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengapresiasi gagasan pembangunan sirkuit di Mijen oleh Pemerintah Kota Semarang lantaran keberadaannya benar-benar sangat diperlukan. Politikus PDI Perjuangan itu mengaku DED pembangunan sirkuit balap motor itu sesungguhnya telah lama jadi, namun baru dapat direalisasikan pelaksanaannya pada th. depan.

" Sekian kali (Pemkot Semarang, red.) telah memohon pertolongan ke pusat untuk pembangunan sirkuit, namun belum ada respon. Pada akhirnya, DPRD setuju untuk bangun sendiri, " tuturnya. Ia menyampaikan kalau sampai kini banyak anak muda yang balap liar di jalanan, lalu beragam kenakalan remaja yang lain yang telah harusnya difasilitasi untuk menyalurkan ekspresinya.

" Yang sukai trek-trekan (balap liar, red.) dapat diarahkan untuk berprestasi di arena resmi. Tetapi, keadaan sirkuit yang ada (Tawang Mas) 'kan telah tak representatif lagi, " tuturnya. Jadi, kata Supriyadi, kehadiran sirkuit itu dapat menolong kurangi tindak kenakalan remaja sekalian mempersiapkan bibit-bibit pembalap unggul yang bakal mengangkat prestasi Semarang.
0
13 Kocaknya Wali Kota Semarang Stand Up Comedy di Depan Cak Lontong
Petinggi daerah di Kota Semarang mengadakan acara ramah tamah mendekati akhir th. lewat cara tak umum, mereka beradu melawak ala stand up comedy. Tak diduga Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ahli ber-Stand Up Comedy sampai bikin pemirsa serta juri yakni Cak Lontong terbahak.

Berada di gedung Balai Kota lantai 8, Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu tampak pertama. Materi yang dibawakan juga sekitar masalah pemerintahan. Seperti masalah penyerapan biaya yang buat kurus fisik hingga jenis rambut mengembang.

" Penyerapan biaya bikin spaneng (tegang). Ada yang rambutnya awal mulanya rapi, saat ini jadi njebubuk (mengembang). harga hp oppo Yang semula gemuk lantaran penyerapan biaya jadi kurus. Oleh karena itu, saya dengan mbak Ita (wakil Wali Kota) setuju, butuh turunkan tensi agar th. 2017 kerja pemerintah serta Muspida jadi tambah baik, " kata Hendi diikuti tawa beberapa tamu, Jumat (31/12/2016) malam.

Hendi juga melemparkan guyonan mainstream masalah Indonesia melawan Thailand di final piala AFF 2016 lantas. Ia menyampaikan tak perlu kecil hati lantaran negara-negara yang sepak bolanya unggul seperti Brazil, Argentina, serta Inggris belum pernah juara AFF. Dengan karakter Hendi, candaan itu bikin pemirsa terbahak-bahak.

" Mereka juga belum pernah menang lawan Indonesia. Soalnya belum pernah ketemu, " candanya. Walau sekian ia mengapresiasi semangat Timnas yang mati-matian membela Indonesia di piala AFF.

Bukan sekedar Hendi, Dandim 0733/BS Semarang Kolonel (Inf) Zainul Bahar juga tidak ingin ketinggal jadi komika semalam. Lalu Kepala Kejaksaan Negeri Semarang Rizal Pahlevi tampak selanjutnya, Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, serta Danlanal Semarang Kol Laut (P) Harnarko Djodi Terakhir, bahkan juga hingga ke perwakilan camat.

Semuanya yang tampak nyatanya belum pasti dapat membawakan materi dengan baik. Hal semacam itu bahkan juga dikomentari sang juri, Cak Lontong. Dengan style candanya, pria bernama asli Lis Hartono itu menyampaikan takjub dengan ketabahan komika yang tampak kurang lucu.

" Bapak-bapak ini ada yang berkelanjutan lho. Umumnya itu dimuka saja tak lucu, ini dapat bertahan hingga akhir tak lucu, mengagumkan, " tutur Cak Lontong mengawali aksinya.

" Namun ini memanglah bukan bagiannya bebrapa ayah, bila saya kerjakan pekerjaan anda juga saya tidak dapat, " paparnya.

Tampilan Cak Lontong kian lebih 1 jam itu mengocok perut pemirsa. Mendekati akhir acara, Cak Lontong menginformasikan pemenang Stand Up yakni Kepala BKD Kota Semarang Bambang Sukono lalu Kajari Semarang Rizal Pahlevi, serta Kabag Pembangunan Setda Kota Semarang, Indriyasari. Wali Kota sendiri memperoleh juara favorite.

Masih tetap dalam situasi bercanda, Cak Lontong menghadiahkan yang buat kaget pada beberapa pemenang yakni berbentuk ember serta sapu. Acara yang berjalan sampai tengah malam itu berhasil mengocok perut beberapa anggota Muspida serta pemirsa.
0
14 Kota Semarang Perlu “Exclusive Area”
penerbangan di kenal arti KKOP, yakni lokasi keselamatan operasi penerbangan untuk mengatur ketinggian benda tumbuh serta pendirian bangunan di bandar hawa (bandara) serta sekitarnya.

Menurut Ketentuan Menteri Perhubungan Nomer KM 44 Th. 2005 mengenai Pemberlakuan Standard Nasional, KKOP yaitu lokasi daratan serta/atau perairan serta ruangan hawa di sekitaran bandara yang dipakai untuk aktivitas operasi penerbangan dalam rencana menanggung keselamatan penerbangan.

Syarat-syarat dalam pembuatan KKOPdi bandara yaitu : (1) Gagasan induk bandara atau gagasan pengembangan bandara ; (2) Gagasan pengembangan lokasi serta pengembangan kota periode panjang untuk tempat yang berkaitan ; (3) Gagasan prosedur serta pengatur jalan raya hawa ; (4) Peta topografi ; (5) Titik kerangka basic nasional.

Lokasi Keselamatan Operasi Penerbangan di sekitaran bandara mencakup : (1) Lokasi pendekatan serta terlepas landas ; (2) Lokasi peluang bahaya kecelakaan ; (3) Lokasi dibawah permukaan horizontal dalam ; (4) Lokasi dibawah permukaan horizontal luar ; (5) Lokasi dibawah permukaan kerucut ; (6) Lokasi dibawah permukaan transisi ; (7) Lokasi di sekitaran peletakan alat bantu navigasi penerbangan.

Manfaat KKOP diantaranya : (1) Sebagai pengatur serta ingindali ketinggian dari satu bangunan atau benda tumbuh yang diprediksikan bisa mengganggu keselamatan operasi penerbangan pesawat serta (2) Sebagai pengatur serta ingindali tata manfaat tempat di sekitaran bandara untuk pengaturan tata ruangan satu lokasi.

Oleh karenanya, butuh pertimbangan yang masak untuk mencari jalan keluar, supaya kota ini tak jadi ”kerdil” lantaran pembangunan terhalang, namun sekalian keselamatan penerbangan tetaplah terjamin. Rencana yang bisa dipertimbangan yaitu, niat puasa pembangunan dengan pengecualian KKOP, hingga mensupport rencana Kota Semarang sebagai aeropolis, yakni pengembangan lokasi terintegrasi, yang terbagi dalam perumahan, perkantoran, hotel, beberapa tempat komersial serta pengembangan ritel.

Pengecualian itu ditata dalam pasal 208 UU Nomer 1 Th. 2009 mengenai Penerbangan, Didalam UU itu tercatat bebrapa ketetapan : (a) Untuk membangun, merubah, atau melestarikan, dan menanam atau pelihara pohon-pohon didalam KKOP tak bisa melebihi batas ketinggian yang ada pada ketetapan KKOP yang diputuskan oleh menteri ; (b) Pengecualian pada ketetapan membangun, merubah, atau melestarikan bangunan seperti disebut pada (a) mesti memperoleh kesepakatan menteri serta penuhi ketetapan seperti berikut :

adalah sarana yang mutlak dibutuhkan untuk operasi penerbangan ; penuhi kajian spesial aeronautika, serta sesuai sama ketetapan tehnis Keselamatan Operasi Penerbangan. Bangunan yang melebihi batas seperti dalam (b), harus diberitakan lewat service info aeronautika (aeronautical information service). Jadi, ada pengecualian pada ketetapan KKOP, seperti ditetapkan dalam UU 1/2009 selama memperoleh kesepakatan Menteri Perhubungan dengan kajiankajian spesifik. Diluar itu, pengecualian ini dapat berkaitan dengan satu diantara kriteria KKOP, yakni sesuai sama pengembangan lokasi serta pengembangan kota periode panjang. Oleh karenanya, Pemkot Semarang bisa ajukan permintaan pada Menteri Perhubungan supaya diaplikasikan pengecualian KKOP, yang di kenal sebagai exclusive ruang.

Lokasi yang masuk dalam exclusive ruang adalah lokasi yang dengan cara ketentuan masuk kedalam alur penerbangan, namun dikecualikan, hingga tak dilewati penerbangan.

Untuk Kota Semarang, pengecualian itu bisa saja, lantaran menurut pengalaman saya sampai kini, semakin banyak pesawat yang bakal mendarat di AYani memakai jalur lewat laut dibanding pesawat yang mendarat lewat jalur diatas kota. Itu penyebabnya, sebagai Ketua Umum Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K) saya menginginkan, Wali Kota Semarang ajukan permintaan exclusive ruang itu.

Maksudnya, supaya laju pembangunan Kota Semarang semakin cepat, sekalian mensupport pengembangan rencana aeropolis. Kian lebih itu, pengecualian KKOP bisa diaplikasikan di lokasi ”Segi Tiga Emas”, yakni lokasi yang ada dalam lingkup Jalan Pandanaran, Jalan Pemuda, serta Jalan Gajahmada. Lokasi ini bisa diperkembang dengan cara maksimal sebagai ikon Kota Semarang (terkecuali Simpanglima), mendorong investasi serta pariwisata, diperkembang, seperti Champs- …lysÈes di Paris atau Orchard Road di Singapura.
0
15 Hendi Pastikan Tetap akan Membongkar Pasar Kobong
SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menyatakan bakal tetaplah membongkar Pasar Rejomulyo lama, atau lebih di kenal dengan nama Pasar Kobong.

Pembongkaran dikerjakan bila proyek pembangunan ruangan terbuka hijau (RTH) bakal dikerjakan.
Hendi, sapaan wali kota, sampai saat ini belum memperoleh memo pembongkaran Pasar Kobong.

" Pembongkaran sifatnya lantaran ada aktivitas proyek pembuatan RTH. Bila telah waktunya dikerjakan tentu mesti dibongkar, " katanya, Selasa (24/1).

Pemkot Semarang, kata Hendi, memiliki tujuan dalam pembangunan RTH di lokasi itu. Dengan pembangunan pasar baru, pedagang diinginkan masuk ke bangunan baru, hingga bangunan lama dapat dibongkar untuk RTH.

" Saya tidak mau ada grup orang-orang yang menghalangi program pembangunan. RTH untuk kebutuhan orang-orang terkecuali pedagang. Lantaran kebutuhan pedang telah diakomodir semestinya pedagang mengerti itu, " tuturnya.

Berkaitan dengan Dinas Perdagangan bakal menyerahkan ketentuan perpindahan pedagang pada wali kota, doa setelah adzan dan iqomah Hendi mengakui malas mengambil tanggung jawab itu.

" Bila diserahkan semuanya ke saya, bila gitu saya jadi kepala dinas saja. Saya telah ketemu dengan pedagang, mereka setuju geser September 2016, namun Agustus mereka memohon sarana diperbaiki. Saya lalu anggarkan Rp 200 juta di APBD Pergantian 2016 untuk perbaikan lantai licin serta lantai yang sangat tinggi untuk memasukkan ikan, " tuturnya.

Walau telah dikerjakan perbaikan, Hendi menyebutkan, pedagang tetaplah malas masuk sampai saat ini. Kekurangan perbaikan juga dijanjikan dikerjakan sesudah pedagang masuk, lantaran biaya cuma dapat di keluarkan Rp 200 juta.

" Namun mereka nawar lagi. Bila dilewatkan selalu begini bakal jadi preseden jelek untuk kami. Pemerintah kalah dengan demo, dengan yang lain yang bikin kebijakan akan tidak jalan, " tuturnya.

Hendi mengharapkan pedagang ingin bersinergi dengan pemerintah dengan mensupport pembangunan. " Masuk dahulu, kurangnya apa, perbaiki bareng-bareng. Dari pada buat demo, tambah baik swadaya melakukan perbaikan. Itu bila mereka ingin jalan beriringan dengan pemerintah, " katanya.
0
16 Daging Sapi Kota Semarang Aman Dikonsumsi
Ramai info virus antraks di Yogyakarta bikin Dinas Pertanian Kota Semarang siaga masuknya daging asal Yogyakarta.

Hal semacam ini untuk menghadapi penyebaran virus antraks supaya tdk menyerang warga Semarang.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusdiana meyakinkan sampai saat ini daging sapi di Semarang aman dikonsumsi.

Ia menyampaikan sudah memberi instruksi petugas pemeriksa daging di Klinik hewan serta di Tempat tinggal Pemotongan Hewan (RPH) Penggaron untuk lebih mewaspadai peredaran daging yang masuk ke Kota Semarang.

" Distribusi daging yang masuk ke Semarang datang dari daerah yang aman dari virus antraks yaitu dari Boyolali, Kota Salatiga harga donat jco serta Kabupaten Semarang. Bila untuk hewan ternak sapi datang dari Grobogan serta Kudus, " katanya, Jumat (27/1).

Selain siaga distribusi daging, Dinas Pertanian juga memberi sosialisasi pada beberapa peternak berkaitan pembelian ternak yang perlu dibarengi dengan surat info asal hewan ternak yang pasti serta langkah pemberian makan sampai perawatan kandang untuk mencegah hewan ternak diserang antraks.

" Tanda-tanda hewan ternak atau daging terserang antraks tdk dapat di lihat dengan cara kasat mata mesti lewat uji laboratorium. Kota Semarang sejauh ini belum ada masalah antraks,
0
17 Tol Bawen-Salatiga akan diujicoba Maret 2017
PT Trans Marga Jateng mengebut pembangunan ruas tol Bawen-Salatiga. Direktur Tehnik serta Operasional PT TMJ Ali Zainal Abidin menyampaikan, pekerjaan fisik ruas tol selama 17, 57 km. ini ditargetkan usai akhir Februari serta selekasnya dapat dilaksanakan uji kelayakan.

" Sampai 20 Januari 2017 ini, realisasi pekerjaan fisik menggapai 81, 623% dari tujuan 91, 601%. Hambatannya di pembebasan tempat serta cuaca, " kata Zaenal di sela sosialisasi gagasan pembangunan fisik ruas jalan tol Seksi IV Salatiga- Boyolali di Ungaran, Jumat (27/1/2017).

Setelah jembatan Tuntang terjalin, saat ini pekerjaan difokuskan untuk mengebut penyelesaian area yg yang pernah terlambat akibat molornya pembebasan tanah serta hambatan cuaca.

Hingga waktu ini, sistem pekerjaan fisik ruas tol Bawen-Salatiga tinggal tersisa 2, 5 km.. Masing-masing di 2 km. awal dari Bawen dan selama 500 mtr. menuju exit Tingkir, di Kota Salatiga.

Dia mengatakan, pekerjaan krusial waktu ini ada di 2 km. awal ruas Bawen- Salatiga. Pada titik ini sistem pengeprasan niat puasa rajab bukit belum seutuhnya rampung. Area yg dengan cara kewilayahan masuk Desa Kandangan, Kecamatan Bawen, ini dapat ada titik tanah labil.

Pihaknya sudah melaksanakan pemasangan 198 buah bore pile dengan kedalaman 43 mtr. untuk melindungi stabilitas tanah di area itu. Masing- masing bore pile ini punyai diameter 1, 5 mtr.. " Bore pile dipasang untuk menghadapi gerakan tanah, " paparnya.

Disamping itu, Direktur Tehnik PT Solo Ngawi Jawa (PT SNJ) Thory Hendarto menyampaikan, ruas tol Salatiga-Kartasura ditargetkan pada bln. September 2018 lain kesempatan telah dapat dioperasikan.

Saat ini, pihaknya tengah melaksanakan sistem pembersihan tempat yg bakal jadi rute jalan tol yg memiliki panjang lintasan 29, 02 km..

Beberapa desa di empat kecamatan di lokasi Kabupaten Semarang bakal dilewati rute tol ini, semasing di Kecamatan Tengaran, Suruh, Kaliwungu serta Kecamatan Susukan. Diinginkan, pada Lebaran 2018 ruas tol Salatiga-Kartasura ini bakal berperan.

" Sesuai sama tujuan yg diinginkan pada Lebaran 2018, dapat dioperasikan untuk kurangi kemacetan kala arus mudik di jalur paling utama Semarang-Solo' style='color : #428bca ; 'Semarang-Solo, " katanya.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Semarang yg juga Ketua Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Jalan Tol Semarang–Solo di Kabupaten Semarang, Benhard Sitanggang, menyebutkan, pembebasan tempat untuk seksi III Bawen-Salatiga sudah rampung 100 %.

Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha dalam peluang itu memohon beberapa Camat serta Kepala Desa yg wilayahnya dilalui pembangunan jalan tol untuk proaktif beri dukungan pengerjaannya, dari mulai sistem pembebasan tempat sampai menolong kondusivitas lokasi setempat sepanjang sistem pembangunannya.

" Camat mesti aktif memonitor keadaan setempat serta beberapa Kades mesti aktif membuat situasi kondusif wilayahnya semasing, "
0
18 Inilah tambahan kereta dari Semarang saat imlek
Dalam rencana hadapi libur Perayaan Th. Baru Imlek 2568 yang jatuh Sabtu (28/1) ini, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 memberikan tiga rangkaian kereta api. Tiga penambahan kereta api itu untuk perjalanan menuju Kota Jakarta serta Bandung.

Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang, Edy Kusworo, mengutarakan, kereta yang ditambah satu rangkaian kereta menuju Jakarta yaitu Kereta Argo Muria Kelas Eksekutif. Menambahkan itu untuk perjalanan hari Minggu (29/1). " Kereta diberangkatkan dari Stasiun Besar Semarang Tawang jam 18. 55 WIB, menuju Jakarta dengan Maksud Stasiun Gambir, " ungkap Edy tempo hari.

Dihari umum, Kereta Argo Muria memberangkatkan delapan rangkaian kereta serta dalam imlek ini ditambah satu rangkaian untuk menghadapi lonjakan penumpang yang tejadi. Terkecuali memberi satu doa berhubungan rangkaian kereta, pihaknya juga mengutarakan bakal mengoptimalkan rute kereta reguler dengan maksud Jakarta. " Terkecuali Kereta Argo Muria, kami akan optimalkan Kereta Harina serta Ciremai, " tuturnya.

Sesaat untuk maksud Kota Bandung, PT KAI Daop 4 Semarang memberi dua rangkaian kereta eksekutif serta usaha dari Kereta Ciremai. Kereta itu diberangkatkan dari Stasiun Besar Semarang Tawang. " Jika terlebih dulu ada empat kereta usaha serta tiga kereta eksekutif pada imlek kesempatan ini bakal kami lebih jadi lima usaha serta empat eksekutif, " ucapnya.

Dengan ditambahnya rangkaian kereta itu, Pihaknya mengharapkan akan menghadapi lonjakan penumpang dalam perayaan th. baru imlek kesempatan ini.
0
19 Kota Semarang dipilih jadi perwakilan Indonesia
Kota Semarang dipilih jadi perwakilan Indonesia jadi Kota Tangguh utk ikut serta dalam program 100 Resilient Cities (100 RC). Program yg didanai Rockefeller Foundation ini letakkan Semarang bersama-sama 67 Kota lain didunia.

Peluncuran sebagai kota tertangguh ini dilaksanakan oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu. Peluncuran ini dikunjungi perwakilan PMI pusat, perwakilan dari International Federation of Red Cross, Global Disaster Preparedness Centre, American Red Cross dan perwakilan USAID Korea Red Cross.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota menuturkan kalau predikat itu benar-benar membanggakan. Akan tetapi hal tersebut pasti juga mengakibatkan isyarat bertanya perihal syarat-syarat tangguh.

" Semarang Kota Tangguh? Tangguh sisi mana? Kami menanggapi sebagai kota yang wajib lebih tangguh dibandingkan terlebih dahulu, " kata Hevearita, Sabtu (4/3/2017).

Ita, sangat ia akrab di panggil, lantas menuturkan kalau siasat kota tangguh udah di luncurkan sejak mulai th. 2016. Siasat itu merupakan siasat ketahanan kota yg berdasarkan pada enam pilar yg berkata perihal air serta kekuatan sampai mobilitas serta penambahan kemampuan SDM.

Perihal ketangguhan, makin Ita, tdk selalu saja bicara bencana tetapi juga dimulai dari kepentingan basic, sosial ekonomi, mobilitas sampai sumber daya manusia. Seluruhnya sama sama tentang serta pengaruhi.

" Bagaimana kota ini dapat senantiasa berguna, bagaimana kota ini jadi tempat tinggal buat warganya, " kata Ita menuturkan sambutan Wali Kota Hendrar Prihadi yg dibacakannya.

Sekarang, kota-kota didunia miliki masalah yg nyaris sama. Macet, banjir, pengangguran, kekurangan air serta terdapat jumlah rakaat shalat tarawih banyak lagi. Dalam menyaksikan permasalahan itu, Semarang letakkan faktor kemampuan sebagai siasat ketahanan. Semua intervensi negara dalam masalah warganya bertumpu pada penambahan kemampuan.

Warga mesti beroleh kabar perihal apa yg berjalan di kota Semarang maka mampu lebih siap serta lebih tangguh. Semisal saja, kabar perihal kebencanaan mesti diperluas sampai warga lebih tahu bagaimana hadapi bencana. Penambahan sumber daya manusia juga dilaksanakan biar miliki daya saing. Demikianlah juga dengan inovasi technologi.

" Seluruh utk penuhi kepentingan basic warga yg tambah hari tambah beragam. Maka itu kita miliki bermacam penerapan yg memberi dukungan ke arah smart city, " kata Ita.

Dalam peluncuran itu juga didatangkan anak-anak SD biar mereka mendalami rancangan ketahanan satu buah kota sejak mulai awal. Menurut Ita, anak-anak itu tidak hanya sebagai pirsawan saja, akan tetapi mereka dilibatkan dengan cara aktif sama sesuai kapasitasnya. Hal tersebut berfaedah utk sama sama kuatkan sesama anak andaikan merasa anak yg butuh pemberian.

Disamping itu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dengan cara terpisah menuturkan terhadap Liputan6. com, sekarang di Semarang free wifi bertebaran di beberapa taman kota. Pengembangan penerapan layanan umum serta kabar juga sangat beraneka.

" Pengin tengok jadwal BRT, pengin lapor ketidakberesan layanan umum, atau perihal lain yg sifatnya membuat jadi lebih mudah menjawab kepentingan warga, kita siapkan. Ke depan kita hendaki seluruh terintegrasi, maka sungguh-sungguh dapat jadi kota tangguh, " kata Hendi, sapaan karibnya.
0
20 Tengah biaya pembangunan
Pemkot Semarang tengah menyiapkan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) untuk warga yang diserang dampak normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT). Kecuali yang sudah ada, bakal dibangun delapan twinblock lagi.

”Kami tengah menginventarisasi rusunawa yang ada di Semarang. Mana-mana yang masih tetap kosong akan didata. Kami menawarkan warga yang diserang dampak normalisasi BKT untuk geser ke rusunawa, ” papar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, kemarin.

Di Kota Semarang, ada tujuh tempat rusunawa, yakni di Pekunden, Bandarharjo, Plamongansari, Karangroto, Kaligawe, Kudu dan Jrakah. Rusunawa di Jrakah, khusus untuk buruh dan pekerja.

Pendataan dikehendaki dapat selesai secepatnya. Terkait normalisasi tiga sungai, yakni BKT, Sringin dan Tenggang, doa adzan pria yang akrab disapa Hendi ini mengemukakan, prosesnya senantiasa jalan. Lelang normalisasi Sringin dan Tenggang sudah ditangani akhir th. lalu. Tentang normalisasi BKT akan ditangani Agustus. Untuk PKL di sekitaran BKT, sambungnya, akan dipindahkan ke Pasar Klitikan Penggaron, dan daerah sekitaran pasar itu.

Pemkot telah menyiapkan cost Rp 18, 5 miliar untuk penyelesaian pembangunan Pasar Klitikan dan mempersiapkan doa iftitah daerah sekitaran. ”Secepatnya kami lakukan, pembebasan tempat dan relokasi PKL-warga. Harapannya, tidak menghambat normalisai yang akan jalan. Kami inginkan masalah rob dan banjir di Semarang segi timur dapat selekasnya terselesaikan, ” kata Hendi.

Pada 2016 lalu, pemkot juga sudah kemukakan keinginan pertolongan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk bangun delapan twinblock rusunawa.

Gagasannya, pembangunan rusun akan ditangani th. ini. Semasing twinblock itu berkapasitas 96 unit. Kelak akan dibangun di Genuk, Karangroto, Rowosari dan Mangkang. Rusunawa di Mangkang khusus untuk buruh. Tentang tiga yang lain, diperuntukkan untuk warga yang diserang dampak normalisasi BKT.

Hal sejenis itu juga sama seperti ide sistem BKT, poin peran pemerintah. Dalam persiapan permukiman untuk warga terkenda dampak proyek (WTD) BKT, pemkot bertanggungjawab siapkan tempat. Tengah biaya pembangunan rusunawa jadi tanggung jawab pemerintah pusat. ”Pada 2016 lalu, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) sudah mengusulkan ke pemerintah pusat. Pada Maret akan ada tim yang meninjau ke Semarang. Tentang pembangunan ditangani Oktober. Kelak akan menggunakan cost th. jamak, ” kata Kepala Dinas Penyusunan Ruang Kota Semarang, Agus Riyanto.

Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi memohon agar pemkot selekasnya menyelesaikan pembebasan tempat untuk proyek normalisasi BKT, Sringin, Tenggang. Jangan sampai, tuturnya, pembebasan tempat yang belum selesai, menghambat proyek normalisasi itu. Berkaca dari pengalaman sebelum-sebelumnya, pembebasan tempat jadi permasalahan yang menghambat proyek pembangunan di Kota Semarang.

Menurutnya, komunikasi yang ditangani pemkot pada beberapa orang kurang baik, sampai pembebasan tempat tidak jalan cepat. Supriyadi juga menduga ada oknum yang bermain.

Menurutnya, potongan di luar ketentuan, pungutan liar, tidak ada transparannya cost, jadi penghambat system pembebasan tempat. Warga merasa keberatan tentang ada banyak hal di luar ketentuan itu.
Re-Write Alternatif #2
SEMARANG – Pemkot Semarang tengah buat persiapan hunian susun simple sewa (rusunawa) utk warga yg di serang resiko normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT). Kecuali yg udah ada, dapat dibangun delapan twinblock lagi.

”Kami tengah menginventarisasi rusunawa yg ada di Semarang. Mana-mana yg masih kosong akan didata. Kami menawarkan warga yg di serang resiko normalisasi BKT utk geser ke rusunawa, ” ujar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, kemarin.

Di Kota Semarang, ada tujuh tempat rusunawa, yakni di Pekunden, Bandarharjo, Plamongansari, Karangroto, Kaligawe, Kudu dan Jrakah. Rusunawa di Jrakah, teristimewa utk buruh dan pekerja.

Pendataan diidamkan dapat selesai selekas-lekasnya. Berhubungan normalisasi tiga sungai, yakni BKT, Sringin dan Tenggang, pria yg akrab disapa Hendi ini memberikan, prosesnya tetap jalan. Lelang normalisasi Sringin dan Tenggang udah diselesaikan akhir th. maka. Perihal normalisasi BKT akan diselesaikan Agustus. Utk PKL di sekitaran BKT, sambungnya, akan dipindahkan ke Pasar Klitikan Penggaron, dan daerah sekitaran pasar itu.

Pemkot udah buat persiapan ongkos Rp 18, 5 miliar utk penyelesaian pembangunan Pasar Klitikan dan buat persiapan daerah sekitaran. ”Secepatnya kami laksanakan, pembebasan tempat dan relokasi PKL-warga. Harapannya, tdk membatasi normalisai yg akan jalan. Kami menghendaki permasalahan rob dan banjir di Semarang segi timur dapat selekasnya terlewati, ” kata Hendi.

Pada 2016 maka, pemkot juga udah utarakan permohonan pertolongan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) utk bangun delapan twinblock rusunawa.

Gagasannya, pembangunan rusun akan diselesaikan th. ini. Semasing twinblock itu berkapasitas 96 unit. Kelak akan dibangun di Genuk, Karangroto, Rowosari dan Mangkang. Rusunawa di Mangkang teristimewa utk buruh. Perihal tiga yg lain, diperuntukan utk warga yg di serang resiko normalisasi BKT.

Hal sama dengan itu juga seperti sama inspirasi sistem BKT, poin peran pemerintah. Dalam persiapan permukiman utk warga terkenda resiko proyek (WTD) BKT, pemkot bertanggungjawab siapkan tempat. Lagi tengah cost pembangunan rusunawa jadi tanggung jawab pemerintah pusat. ”Pada 2016 maka, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) udah mengusulkan ke pemerintah pusat. Pada Maret akan ada tim yg meninjau ke Semarang. Perihal pembangunan diselesaikan Oktober. Kelak akan memanfaatkan ongkos th. jamak, ” kata Kepala Dinas Penataan Area Kota Semarang, Agus Riyanto.

Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi memohon biar pemkot selekasnya menuntaskan pembebasan tempat utk proyek normalisasi BKT, Sringin, Tenggang. Jangan sempat, katanya, pembebasan tempat yg belum selesai, membatasi proyek normalisasi itu. Berkaca dari pengalaman sebelum-sebelumnya, pembebasan tempat jadi persoalan yg membatasi proyek pembangunan di Kota Semarang.

Menurutnya, komunikasi yg diselesaikan pemkot pada beberapa orang kurang baik, sampai pembebasan tempat tdk jalan cepat. Supriyadi juga menganggap ada oknum yg bermain.

Menurutnya, potongan di luar keputusan, pungutan liar, ga ada transparannya ongkos, jadi pencegah sistim pembebasan tempat. Warga merasa keberatan perihal terdapat banyak hal di luar keputusan itu.
Re-Write Alternatif #3
SEMARANG – Pemkot Semarang tengah menyiapkan hunian susun sederhana sewa (rusunawa) buat warga yang terkena dampak normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur (BKT). Kecuali yang sudah ada, dapat dibangun delapan twinblock lagi.

”Kami tengah menginventarisasi rusunawa yang ada di Semarang. Mana-mana yang masih tetap kosong akan didata. Kami menawarkan warga yang terkena dampak normalisasi BKT buat geser ke rusunawa, ” papar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, kemarin.

Di Kota Semarang, ada tujuh tempat rusunawa, yakni di Pekunden, Bandarharjo, Plamongansari, Karangroto, Kaligawe, Kudu dan Jrakah. Rusunawa di Jrakah, ekslusif buat buruh dan pekerja.

Pendataan diidamkan dapat selesai selekas mungkin. Bersangkutan normalisasi tiga sungai, yakni BKT, Sringin dan Tenggang, doa adzan pria yang akrab disapa Hendi ini mengemukakan, prosesnya selamanya jalan. Lelang normalisasi Sringin dan Tenggang sudah dilakukan akhir th. selanjutnya. Berkenaan normalisasi BKT akan dilakukan Agustus. Buat PKL di sekitaran BKT, sambungnya, akan dipindahkan ke Pasar Klitikan Penggaron, dan daerah sekitaran pasar itu.

Pemkot udah menyiapkan ongkos Rp 18, 5 miliar buat penyelesaian pembangunan Pasar Klitikan dan mempersiapkan daerah sekitaran. ”Secepatnya kami jalankan, pembebasan tempat dan relokasi PKL-warga. Harapannya, tdk halangi normalisai yang akan jalan. Kami mengidamkan kesulitan rob dan banjir di Semarang segi timur dapat selekasnya terpecahkan, ” kata Hendi.

Pada 2016 selanjutnya, pemkot juga sudah utarakan keinginan pertolongan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) buat bangun delapan twinblock rusunawa.

Gagasannya, pembangunan rusun akan dilakukan th. ini. Semasing twinblock itu berkapasitas 96 unit. Kelak akan dibangun di Genuk, Karangroto, Rowosari dan Mangkang. Rusunawa di Mangkang ekslusif buat buruh. Berkenaan tiga yang lain, diperuntukan buat warga yang terkena dampak normalisasi BKT.

Hal sejenis itu juga sama sesuai inspirasi sistem BKT, poin peran pemerintah. Dalam persiapan permukiman buat warga terkenda dampak proyek (WTD) BKT, pemkot bertanggungjawab siapkan tempat. Tengah biaya pembangunan rusunawa jadi tanggung jawab pemerintah pusat. ”Pada 2016 selanjutnya, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) sudah mengusulkan ke pemerintah pusat. Pada Maret akan ada tim yang meninjau ke Semarang. Berkenaan pembangunan dilakukan Oktober. Kelak akan pakai ongkos th. jamak, ” kata Kepala Dinas Penyusunan Tempat Kota Semarang, Agus Riyanto.

Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi memohon biar pemkot selekasnya menyelesaikan pembebasan tempat buat proyek normalisasi BKT, Sringin, Tenggang. Jangan sampai, ujarnya, pembebasan tempat yang belum selesai, halangi proyek normalisasi itu. Berkaca dari pengalaman sebelum-sebelumnya, pembebasan tempat jadi problem yang halangi proyek pembangunan di Kota Semarang.

Menurutnya, komunikasi yang dilakukan pemkot pada beberapa orang kurang baik, sampai pembebasan tempat tdk jalan cepat. Supriyadi juga menduga ada oknum yang bermain.

Menurutnya, potongan di luar ketentuan, pungutan liar, tiada transparannya ongkos, jadi penghambat sistim pembebasan tempat. Warga merasa keberatan berkenaan ada banyak hal di luar ketentuan itu.
0
21 Bonet = Bondo, Nekat, dan Kreatif
Bonek merupakan akronim bondo nekat. Itu dulu. Itu sudah menjadi masa lalu. Sekarang Bonek adalah bondo, nekat, dan kreatif. Suporter setia Persebaya Surabaya tersebut telah berubah. Penegasan wajah baru itu tersaji dalam laga persahabatan bertajuk Homecoming Game antara Persebaya kontra PSIS Semarang di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (19/3).

Diawali dari kata bondo. Kapasitas 55 ribu penonton di Gelora Bung Tomo yang penuh tanpa celah menjadi buktinya. Mereka semuanya bertiket. Sebab, tiket pertandingan terjual habis. Harga untuk kategori fans atau kita biasa mengenalnya dengan tiket tribun ekonomi mencapai Rp 35 ribu. Tiket superfans atau VIP dijual seharga Rp 200 ribu.

Mau bukti lainnya. Penjualan jersey pramusim Persebaya dan atribut lainnya adalah contoh lain. Jersey pramusim tim berjuluk Green Force itu diburu banyak penggemar Persebaya. Mereka juga antusias membeli merchandise yang dikeluarkan manajemen Persebaya. Bayangkan, pada pembukaan Kamis (16/3), harga rak barang yang dijual ludes terbeli hanya dalam kurun waktu empat jam. Bonek tidak pernah segan merogoh kocek untuk kesebelasan kebanggaannya.
Ratusan suporter Persebaya Surabaya atau bonek menyalakan flare saat pertandingan berjalan antara Persebaya Surabaya melawan PSIS Semarang pada Friendly Match di Stadion GBT, Minggu (19/3)

Ratusan suporter Persebaya Surabaya atau bonek menyalakan flare saat pertandingan berjalan antara Persebaya Surabaya melawan PSIS Semarang pada Friendly Match di Stadion GBT, Minggu (19/3) (DIPTA WAHYU/JAWA POS)

Lalu, nekat. Bonek membuktikan diri rela melakukan apa pun demi Persebaya. Yang paling romantis tentu saja mereka setia kepada Persebaya sekalipun kesebelasan yang dibelanya tidak berkompetisi. Tidak cukup setia, Bonek juga tidak pernah lelah berjuang mengembalikan hak Persebaya. Kurang nekat apa coba?

Saat Persebaya bertanding, mereka berbondong-bondong ke stadion. Apa pun halangan dan rintangannya mereka hadapi. Segala cara asal positif mereka jalankan. Misalnya, Bonek dari luar Kota Surabaya. Banyak di antara mereka yang urunan menyewa kendaraan demi bisa sampai stadion.

Nah, yang terakhir soal kreatif. Mereka kini hadir dengan beragam kreativitas. Tidak sekadar memasang spanduk dukungan untuk menggelorakan semangat para pemain. Mereka juga tidak lelah untuk terus bernyanyi. Lagu-lagu yang disuarakan jauh dari kata rasial. Bonek juga membuat koreografi. Ketika laga Persebaya versus PSIS, suporter di tribun selatan membentangkan bendera raksasa. Bendera itu bergambar logo wong mangap dengan latar warna hijau dan putih. Bendera tersebut digerakkan dari tribun bagian bawah ke atas, lalu kembali ke bawah.
0
22 Wali Kota Semarang Minta Lurah-Camat Ajak Warga Bayar Pajak Kendaraan
Kota Semarang memiliki potensi pendapatan daerah yang cukup tinggi dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). Potensi nilainya sekitar Rp 3 miliar dan bisa digunakan untuk pembangunan Kota Semarang.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dalam Rapat Koordinasi Camat Lurah di Ruang Loka Krida Gedung Moch. Ichsan Lt. 8, Kawasan Balai Kota Semarang. Hendrar mengatakan di Kota Semarang ada 4.640 unit kendaraan roda dua dan 1.220 unit kendaraan roda empat.

"Untuk kendaraan beroda dua di Kota Semarang berjumlah 4.640 unit dengan potensi pendapatan sebesar Rp 739 juta. Sedangkan kendaraan beroda empat di Kota Semarang sebanyak 1.220 unit dengan potensi pendapatan harga cat tembok sebesar Rp 2,2 miliar rupiah sehingga didapati total sebesar kurang lebih Rp 3 miliar yang mana pajak tersebut digunakan untuk pembangunan Jawa Tengah dan khususnya Kota Semarang," terang Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu, Rabu (22/3/2017).

Oleh sebab itu Hendi meminta kepada Camat dan Lurah se-Kota Semarang berkoordinasi dan mendorong warganya tertib membayar pajak kendaraan bermotor demi penerimaan pajak daerah yang digunakan untuk pembangunan.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah, Ihwan Sudrajat mengatakan di Jawa Tengah selama 2 tahun terakhir pajak memang tidak memenuhi target. Ia pun berharap Wali Kota Semarang mendorong tingkat kepatuhan membayar pajak warganya.

"Untuk itu dalam kesempatan ini, Saya meminta Walikota Semarang untuk mendorong tingkat kepatuhan masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor," pungkasnya.
0
23 Sugiyanto Masukkan Pendidikan Integritas dalam Mata Kuliah di Poltekes Semarang
SEMARANG - Ribuan poster bertuliskan antikorupsi dipamerkan di lapangan Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekes) Semarang, Poster-poster tersebut dilombakan pada kegiatan Dies Natalies yang bertajuk "Membangun Intergritas Mahasiswa Untuk Mencegah Korupsi"

Direktur Poltekes Semarang Sugiyanto mengatakan lomba poter tersebut berkaitan dengan adanya pembentukan sumber daya manusia (SDM) kesehatan mempunyai integritas. Sehingga saat terjun di masyarakat dapat memberikan pelayanan yang bagus. ucapan ramadhan "Sehingga dibentuk dari anak-anak mahasiswa. Kalau intergritas bagus maka pelayanan juga akan bagus," ujarnya.

Sugiyanto mengatakan pembentukan intergritas diterapkan pada mata kuliah Pendidikan Budaya Antikorupsi (PBAK) yang diberikan sejak semester dua. Mata kuliah tersebut telah diterapkan dari Poltekes sejak dua tahun yang lalu.

"Dosen dari internal Politekes dilatih terlebih dulu oleh KPK dan dari pusat. Saya berharap gencarnya integritas dapat mendorong mahasiwa maupun pengelola menuju kampus yang bebas korupsi," ujarnya.

Kepala pusat Pendidikan SDM kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan, Achmad Subagyo mengatakan di seluruh Poltekes di Indonesia terdapat mata kuliah wajib yaitu Pendidikan Budaya Anti Korupsi (PBAK).

"Keterlibatan mahasiswa dalam upaya pemberantasan korupsi tidak hanya pada penindakan tetapi lebih ke promotif preventif dengan melakukan edukasi dan pencegahan," ujarnya.

Achmad menuturkan selama ini badan PTSDM melalui Pusat Pendidikan SDM Kesehatan berupaya melakukan kegiatan yang sifatnya bimbingan teknis dengan membuat faisilitas penyusunan buku ajar PBAK. Hal ini bertujuan memberantasan korupsi di Poltekes.
0
24 Kampung unik berbentuk bangunan warna-warni
Kampung unik berbentuk bangunan warna-warni bukan sekedar dapat didapati di Kota Malang, Jawa Timur maupun di Kalicode, Yogyakarta.

Di pusat kota Semarang, kampung warna-warni dapat didapati di sekitaran lokasi Bukit Brintik, Kelurahan Kalisari, atau di belakang Pasar Kembang Semarang.

Inspirasi untuk pembuatan kampung warna-warni nampak diakhir th. 2016 lantas selesai peresmian Pasar Kembang oleh wali kota Semarang. Tetapi, baru bln. ini realisasi kampung unik itu diwujudkan.

Ada 391 tempat tinggal yang ada di bukit Brintik yang disebut lokasi padat masyarakat ini. Bangunan tempat tinggal warga rata-rata telah terbuat dari tembok. Jarak antarrumah sempit serta berundak. Perkampungan ini dapat tampak kumuh.

Ketua Rt 04, Dukuh Wonosari, Kelurahan Kalisari, Slamet Widodo, menyampaikan, kampung warna-warni di buat, satu diantaranya untuk ucapan berbuka puasa membuat cantik muka kampung. Warga setempat setuju tempat tinggal mereka di beri sentuhan seni supaya lebih indah.

Pengecatan juga mulai pada Sabtu (16/4/2017) tempo hari. Warga serta pekerja bahu-membahu mengecat tembok tempat tinggalnya. Di tembok yang telah dicat lantas di beri sentuhan seni berbentuk ukiran warna-warni.

“Nanti tidak cuma tembok yang dicat, semuanya gendeng juga. Semuanya lokasi ini kelak warna-warni, bila tembok saja (yang dicat) kelak tidak tampak, ” kata Slamet pada Kompas. com, Selasa (18/4/2017).

Slamet menyampaikan, sekarang ini pergantian memanglah belum tampak karna baru ditangani tiga hari. Tetapi dalam tiga minggu ke depan, muka kampung bakal beralih. Kampung yang awal mulanya kumuh bakal disulap jadi tempat tinggal yang indah serta kreatif.

“Warga semuanya telah mensupport. Bila ini telah indah, kelak tentu kesadaran bakal kebersihan bertambah, ” kata dia.

Untuk modal pengecetan ini, kata dia, semuanya disumbang dari dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Perusahaan pemberi CSR juga memberi pertolongan tenaga kerja untuk mengecat rumah-rumah warga.

Siang tadi umpamanya, ada beberapa puluh pekerja kenakan logo Gapensi meneruskan aktivitas pengecetan. Selama ini telah ada beberapa puluh tempat tinggal yang dicat warna-warni.

Pembangunan partisipatif

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan, kampung warna-warni yang dibuat di Kalisari adalah satu diantara kampung tematik yang ada di Semarang, terkecuali kampung batik, kampung seni, kampung bandeng, serta kampung jawi.

Semua kampung tematik di buat dengan melibatkan warga. Warga di ajak berperan serta dalam pembangunan kampung.

“Jadi warga turut aktif melakukan perbaikan lokasi. Warga tak bisa jadi pemirsa di lokasi sendiri, ” kata Hendrar.

Baca juga : 1. 000 Anggota Pramuka Ganti Kampung Temanggungan Jadi Warna-warni

Hendrar juga pada Sabtu lantas turut kerja bakti mengecat tempat tinggal warga. Partisipasi lain yang diperlihatkan warga umpamanya dengan mempersiapkan makanan untuk peserta kerja bakti. Ada teh, jajan sampai rokok.

Hendrar menyampaikan, keterlibatan orang-orang dalam pembangunan lokasi utama untuk menumbuhkan rasa mempunyai pada kampung. Bila telah nampak rasa mempunyai, warga bakal menjaga capaian baik yang telah di bangun.

“Rasa mempunyai ini utama, karna modal basic dalam pembangunan partisipatif, ” kata politisi PDI Perjuangan ini.
0
25 Penjualan daging sapi di Semarang merosot tajam
Jawa Tengah - bilangan ajakan daging sapi tatkala pertama Ramadan ini menyusut drastis. Penurunannya menggabai kurang lebih 50 prosen semenjak hri biasa.

Pedagang daging sapi di Pasar Karangayu, Semarang Abdul Khodir menyampaikan diwaktu ini beliau cuma sanggup jual kurang lebih 60 kilogram per hri. sedangkan terhadap hri wajar bilangan pembelian daging sapi menjangkau beberapa ratus kilogram.

telah tiga hri ini pembelinya menyusut amat tidak sedikit. alhasil ya keadaannya saat ini lesu. aku saja hanya sanggup jual 60 kilogram daging sapi," kata Khodir, Senin (29/5).

biarpun mengaku tidak resah dikarenakan demosi pembelian senantiasa berlangsung tiap-tiap perdana Ramadan, Khodir mengadili keadaan disaat ini lebih parah di banding th dulu. tiap-tiap thn dikala perdana Ramadan benar-benar ucapan idul fitri turun, tapi thn ini cuma pedagang yg umumnya membeli-beli. Sementara yg buat tanak di hunian sepi," jelasnya.

dirinya mengemukakan bayaran daging sapi sekarang condong seimbang, per kilogram dipasarkan rupiah 108 ribu sampai Rupiah 115 ribu. yg paling keren daging has dekat harganya rupiah 115 ribu," cetusnya.

stok daging sapi didapatnya permulaan hunian pembedahan satwa Penggaron Pedurungan. Diperkirakan sedang kastemer sejak mulai riuh dikala H -2 Lebaran.

Tikno Abdurahman, pedagang daging sapi yang lain semula mengemukakan keadaan mirip. dia berkeberatan sepinya konsumen menghasilkan dagangannya tertinggal tidak sedikit. justru, sekarang pembelinya surut hingga 30 prosen. hanya laku 20 sampai 30 kilogram," kata dia.

beliau melanjutkan tidak sedikit customer hunian ondak dan entrepreneur kedai minum yg mengundurkan pemesanan daging sapi. "Ya semoga saja H -7 Lebaran telah ribut pun, kata Tikno.
0
26 Segitiga Emas Kota Semarang akan Bebas Kabel
Kabel listrik, telpon, serta internet yang membentang di perkotaan seringkali buat satu kota tampak semrawut serta tidak rapi. Oleh karenanya Pemerintah Kota mulai lakukan langkah untuk wujudkan jaringan kabel bawah tanah.

Cara barusan diawali dengan dialihkannya kabel internet di tiang-tiang listrik ke jaringan bawah tanah. Hal tersebut diikuti dengan penandatanganan MoU pada Pemkot Semarang dengan Asosiasi Penyelenggara Layanan Internet Indonesia.

Nanti kabel internet bakal dipindahkan memakai rencana ducting berbarengan atau saluran berbarengan dibawah tanah. Akhirnya bakal diawali 2018 yang akan datang.

Aplikasi awal bakal dikerjakan di lokasi segitiga emas Kota Semarang yaity Jalan Pemuda, Jalan Gajah Mada, serta Jalan Pandanaran ditambah lokasi Kota Lama Semarang.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi menyebutkan bila langkah awal telah jalan, jadi nanti tidak tutup peluang semuanya kabel termasuk juga punya Asosiasi Penyelenggara Layanan Telekomunikasi (APJATEL), Telkom, bahkan juga PLN bakal diaplikasikan hal sama.

" Kita belum berjumpa PLN. Pernyataan PLN mensupport 2018 bebas kabel belum kami peroleh, " kata Hendi di tempat MoU, Ballroom Crowne Plaza Semarang, Selasa (13/6/2017).

" Kami semakin lebih intens lagi untuk dapat gayung bersambut dengan PLN, " paparnya.

Disamping doa sholat dhuha itu Ketua Umum APJII, Jamalul Izza menyepakati gagasan Hendi karna kabel yang membentang antar tiang mengganggu estetika kota. Diluar itu bila didalam tanah, perbaikan dapat juga lebih cepat.

" Kabel FO kan pada diatas, semrawut. Semarang ini smart city-nya makin bagus, estetikanya juga janganlah hilang, " kata Izza.
0
27 Keceriaan ratusan anak yatim di luar panti asuhan
Keceriaan beberapa ratus anak yatim di luar panti arahan terpancar dalam kesibukan share bertajuk Jateng Cinta Yatim yg di selenggarakan oleh Pemecahan Zakat Indonesia (SZI) Jawa Tengah. Kemeriahan acara jadi tambah sejalan dengan hadirnya orang no satu di Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Dalam info terdaftar Pemkot Semarang, Senin (19/6/2017), Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, berbaur tanpa ada sekat dengan anak-anak yatim. Bahkan juga Wali Kota Semarang itu berikan hiburan melalui beberapa pertanyaan.

" Apabila anda cita-citanya apa? " bertanya Hendi. " Pengin jadi masinis, " jawab Yahya.

Terhadap anak-anak, Hendi ceritakan seluruh yg besar berasal dari yg kecil. Orang yg berhasil berasal dari yg tak berhasil.

" Seluruh dambaan bagus, tetapi menuju kesana mesti dipikirkan. Kita jangan sampai jadi generasi yg patah semangat serta mesti penuh semangat, " kata Wali Kota, yg juga berikan semangat anak-anak utk laksanakan beberapa perihal biar jadi berhasil.

Hendi lantas berikan animo kepada stakeholder yg bersumbangsih mendukung mencermati anak-anak yatim, yg semestinya niat puasa arafah jadi area dari pembangunan. Lantaran, menurut dia, Semarang merupakan kota yg dinamis dengan jumlah masyarakat 1, 6 juta jiwa. Banyak 4, 8 prosen warganya menjadi grup kurang bisa.

Disamping itu, Direktur SZI Jateng Harjito mengatakan tiap tiap donasi yg disatuka dari warga pastinya disalurkan kembali utk arah yg baik. Salah satunya beasiswa sekolah utk anak dari tingkat SD hingga SMK.

" Sekarang kami juga bekerjasama dengan Stikubank utk program beasiswa di perguruan tinggi. Masihlah juga banyak kesibukan beda utk warga dari dana itu, " ujarnya.

Tim SZI buka program donasi dari warga. Warga dapat datang segera berfungsi dalam menyalurkan donasi yg dapat dilaksanakan di kantor Jalan Veteran 55, Semarang.

Terlepas 450 Pemudik

Di acara terpisah, Wali Kota Hendrar Prihadi melepas mudik 450 lebih pedagang Warmindo yg digemari banyak orang dengan sebutan warung makan indomi/burjo yg menyebar di Jateng serta Yogyakarta.

Mudik sebagai fasilitasi tahunan PT Indofood CBP Berhasil Makmur Tbk Divisi Noodle cabang Semarang itu sedia kan 10 bus gratis utk arah mudik ke Jawa Barat, Kuningan, Ciawi, Tasik, serta seputarnya.

Pria yg akrab disapa Hendi ini mengapresiasi PT Indofood CBP lantaran acara mudik gratis ini dapat terselenggara sama sesuai asa pedagang Warmindo.

" Terima kasih terhadap pihak Indofood yg udah memfasilitasi kawan-kawan Warmindo utk dapat pulang ke daerah Kuningan serta seputarnya, " jelasnya.

Mudik melalui langkah sesuai sama ini juga dapat meminimalisir jumlah kendaraan pribadi yg berseliweran di jalur selanjutnya lintas mudik. Lantaran transportasi yg dimanfaatkan lebih sedikit maka tak menambah kemacetan selanjutnya lintas.

Pemerintah Kota sendiri tak punyai cukup dana kalau mesti sedia kan semua kebutuhan masyarakatnya, lantaran minim tersedianya regulasi juga budget yg udah dialokasikan utk keperluan yang lain. Karenanya, mudik sesuai sama ini mampu dicontoh pihak swasta yang lain dalam mendukung Pemerintah Kota Semarang mengurai masalah kota.

Pihaknya berpesan terhadap kawan Warmindo kelak apabila kembali lagi Kota Semarang kembali biar menegaskan saudara yg akan dibawa ke Semarang punyai keahlian.

" Andaikan sanak saudara yg dibawa miliki kapabilitas, Pemkot Semarang siap terima. Akan tetapi apabila tak punyai kapabilitas, mampu mengakibatkan permasalahan baru di Semarang. Alangkah harusnya saudara panjenengan tak dibawa ke kota ini, " pungkasnya.

Ini dilaksanakan utk menjauhi permasalahan classic di Kota besar, yakni pengangguran. Tingginya angka pengangguran lantaran di antaranya dipicu terdapatnya saudara-saudara dari luar kota datang ke Semarang. Mereka tak punyai keterampilan tetapi tetap berkukuh tinggal di Kota Semarang.

Idul Fitri, Car Free Day Semarang Libur

Menyikapi kepadatan arus selanjutnya lintas saat sebelum sampai sehabis Idul Fitri, Pemerintah Kota Semarang lewat Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang memastikan penghentian sesaat Car Free Day. Lewat surat DLH no 660. 1/313/BIDIII/V/2017 tanggal 30 Mei 2017, di informasikan bahwa Car Free Day di selama Jalan Pahlawan, Jalan Pemuda, serta Simpang Lima diberhentikan sesaat pada tanggal 18, 25 serta 2 Juni 2017.

Dengan penetapan itu, kesibukan teratur minggu pagi Car Free Day libur sesaat sepanjang 3 minggu berturut-turut. Daerah Car Free Day yg kebanyakan dipadati banyak pejalan kaki, pedagang, serta warga utk melakukan olahraga privat diliburkan menjadi usaha utk menyikapi kepadatan arus mudik sampai arus balik Idul Fitri.

Kesibukan Car Free Day kembali bakal diberlakukan selesai libur Lebaran, ialah pada 9 Juli 2017, baik di Jalan Pahlawan, Simpang Lima, atau Jalan Pemuda.

Disamping itu, bertepatan dengan Idul Fitri 1438 Hijriah, Pemerintah Kota Semarang bakal menyelenggarakan salat Idul Fitri berjemaah pada hari Minggu (25/6/2017) di halaman Balai Kota Semarang mulai waktu 06. 00 WIB dengan imam serta penceramah Prof Dr KH Abdul Djamil, MA, dari Semarang.

Acara lantas dilanjutkan dengan open office berbarengan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi serta deretan Muspida Kota Semarang ditempat yg sama. Buat warga yg ikuti halalbihalal dengan Wali Kota, disajikan santapan gratis.
0
28 Terjadi Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang dan Mengakibatkan 1 Orang Meninggal Dunia
Kecelakaan beruntun berlangsung di KM 25. 400 tol Ungaran, Semarang. Satu orang tewas dalam kecelakaan itu.

Kecelakaan yang berlangsung sekitaran jam 18. 30 WIB itu serta melibatkan sekitaran 4 kendaraan. Kecelakaan itu melibatkan mobil Rush nopol H 27 B, Alphard nopol H 1 LG, Bus Rosalia Indah nopol AD 1602 AU, serta mobil Panther.

Sekarang ini perlakuan dan evakuasi masih tetap dikerjakan hingga berlangsung kemacetan di tol Bawen. Belum juga di ketahui tentu urutan peristiwa.
Tetapi dari photo yang didapat detikcom dari Basarnas, tampak mobil Alphard rusak kronis sampai separuh bodi sisi belakang hilang serta hancur.

" Baru perlakuan, mas, " kata Kasatlantas Polres Semarang, AKP Dwi Nugroho waktu dihubungi detikcom, Rabu (12/7/2017).

Sistem evakuasi masih tetap dikerjakan TV One serta hal tersebut pernah menyebabkan kemacetan di tempat yang menuju arah Kota Semarang. Sekarang ini arus telah berangsur normal.

" Iya barusan pernah macet, waktu evakuasi, " tandasnya.

Disamping itu Humas Basarnas Jateng, Zulhawary menyebutkan dianya kebetulan melintas serta menolong sistem evakuasi. Di ketahui ada 3 korban yang dilarikan ke RSUD Ungaran. Beberapa korban itu 2 luka-luka dari mobil Alphard serta 1 orang tewas dari mobil Rush.

" Bus ada penumpangnya namun semuanya selamat, " kata Zul panggilan akrabnya.
0
29 Hacked By //R3f71N

0
30 Warga Semarang Kini Bisa Sampaikan Uneg-uneg ke DPRD
SEMARANG-DPRD Kota Semarang ingin menangkap aspirasi dan harapan warga Kota Semarang secara cepat. E-Sarapan akronim dari Saran, Aspirasi, dan Harapan.

Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi secara resmi meluncurkan laman tersebut. DPRD menggandeng Dinustek untuk mewujudkan e-sarapan.

"Kami ingin menjadi parlemen modern. Ini terobosan dan inovasi DPRD Kota Semarang. Dan mendukung mewujudkan Semarang Smart City," ujarnya, Jumat (28/7).

Supriyadi mengatakan ucapan idul adha DPRD ingin mendekatkan diri dengan masyarakat tiap hari. Selama ini aspirasi disampaikan dalam reses tiga kali dalam setahun.

"Kalau hanya reses tidak semua aspirasi tidak tersampaikan. Jadi adanya sistem online ini masyarakat bisa menyampaikan keluhan secara cepat dan 24 jam," ujarnya.
0
31 Ayo Jalan-Jalan Ke Semarang
Bus dengan jenis bersusun atau yang sering dimaksud bus tingkat juga akan selekasnya ada di Kota Semarang, Jawa Tengah untuk memanjakan beberapa wisatawan dengan gratis. Gagasan hadirnya alat transportasi wisata itu di konfirmasi segera Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi lewat akun Instagramnya, @hendrarprihadi, Sabtu (29/7/2017).

Dengan memasukkan photo bus tingkat yang tetap dalam sistem pembuatan karoserinya, Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—mengabarkan juga akan selekasnya ada alat transportasi gratis untuk wisatawan di Kota Semarang. “Sedang disediakan Bus Wisata Tingkat untuk muter-muter Kota Semarang -Gratis! (agar cintamu tidak berat diongkos), ” catat sang wali kota.

Orang nomor satu di Kota Semarang itu juga mengungkap rute yang juga akan dilewati bus wisata itu. “Rute yang disediakan diantaranya : Museum Mandala – Gereja Blenduk – Simpang Lima – Pandanaran – Kampung Pelangi – Sampokong – Museum Mandala, ” tambah sang wali kota.

Berita tentang alat transportasi yang bisa digunakan wisatawan di Kota Semarang dengan gratis itu tidak pelak buat warganet bergembira. Mereka ramai mengungkap rasa tidak sabar untuk selekasnya nikmati menu buka puasa sarana gratis itu. “Bus tingkat yang ku tunggulah ku tunggulah. Cepetan datang. Kapan pak, ” catat pemakai akun Instagram @diana_deeana.

“Apik og he. Soknek wes dadi numpak geh pak! Teruskan pak e project e. Mantappp joss, ” catat pemakai akun Instagram @danii_widdi_wicaksono.

Disamping itu, beberapa netizen melemparkan pujian pada Hendi atas ada bus tingkat yang selekasnya ada itu. “Joss sekali mas @hendrarprihadi. Hore banyak inspirasi banyak perubahan. mudah-mudahan semarang makin hebat, ” ungkap pemakai akun Instagram @indrastwn1.

“Semarang lebih maju lebih hebat karena pak @hendrarprihadi, ” catat pemakai akun Instagram @latiefula.

Warganet mengharapkan hadirnya alat transportasi gratis itu bisa memancing ketertarikan wisatawan bertandang ke Kota Semarang. Dengan didukung transportasi gratis serta sebagian infrastruktur di Kota Semarang yang sudah disulap jadi lebih indah, menurut warganet, Kota Semarang bisa jadi kota yang akan buat kerasan wisatawan
0
32 Gubernur Minta PLN Serius Tangani Keluhan Masyarakat
Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta PT PLN mulai memperbaiki sistem penanganan terhadap keluhan masyarakat (complain handling system). Perbaikan itu bisa dilakukan PLN dengan menambah personel dan memberikan batas waktu maksimal dalam merespons keluhan masyarakat itu.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan sambutan pada acara PLN Multi Stakeholder Forum 2017 di Hotel Patrajasa, Semarang, Selasa (1/8/2017).

“Kalau dulu orang komplain tidak terpantau kapan selesainya, sekarang beliau [GM PLN Distribusi Jateng-DIY, Agung Nugraha] tambah personelnya bahkan dibatasi sampai waktu tertentu, 45 menit. Dalam waktu itu tidak selesai, di-handle langsung GM-nya. Artinya, di internal PLN membenahi pelayanan prima dan eksternal, ucapan idul adha penguna bisa mengoptimalkan apa yang ada di PLN, sehingga surplus yang ada benar-benar bisa optimal untuk industri maupun kebutuhan rumah tangga,” beber Ganjar dikutip laman Internet resmi Pemprov Jateng, Selasa.

Sementara itu, PLN memastikan akan memperbaiki layanan terkait keluhan pelanggan. Mereka bahkan telah membentuk divisi khusus yang menangani keluhan pelanggan melalui media sosial (medsos).

Dalam kesempata itu, PLN juga memastikan pasokan listrik di wilayah Jawa aman karena memiliki cadangan  mencapai 30%.Direktur Bisnis Regional PLN Jawa Bagian Tengah, Amir Rosidin, menyebutkan total beban listrik di Jawa saat ini mencapai 25.000 megawat.

Beban itu sudah bisa dipenuhi dengan kapasitas listrik sebesar 35.000 megawatt untuk wilayah Jawa. Terlebih lagi, saat ini di Jawa, khususnya di Jateng tengah dibangun tiga pembangkit listrik yang memiliki kapasitas besar, yakni PLTU lanjutan di Tanjung Jati, Jepara dengan kapasitas 2×1.000 megawatt, PLTU Batang dan PLTU Cilacap Ekspansi Fase II dengan kapasitas 1×1.000 megawatt.

“Kalau pembangkit itu sudah beroperasi pada 2019, maka suplai listrik di Jawa akan sangat berlimpah. Untuk itu, beberapa industri, contohnya di Kendal, kita siap membantu suplainya,” kata Amir.
0
33 Belanda-Indonesia Kerja Sama Membangun Bersama Alam
 Pendekatan 'Membangun Dengan Alam' atau Building with Nature jadi pendekatan partisipatif serta berkepanjangan untuk pengelolaan air serta pesisir di Indonesia. Ini jadi konsentrasi dalam kunjungan misi dagang Belanda ke Indonesia minggu ini.

Beberapa menteri dari Indonesia serta Belanda juga akan berkunjung ke tempat demonstrasi sebagian project di pantai utara Jawa yang sekarang ini alami persoalan besar, yakni erosi. Delegasi ke-2 negara akan mendiskusikan kerja sama selanjutnya untuk mengaplikasikan pendekatan tersebut di lokasi beda di Indonesia.

Misi dagang Belanda di pimpin Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Mereka mulai sejak awal minggu ini berkunjung ke Jakarta, Semarang, serta Demak. niat puasa arafah Aktivitas ini dibarengi oleh Menteri Infrastuktur serta Lingkungan Belanda, Schultz van Haegen dan pimpinan lebih dari 110 perusahaan, di mana 54 salah satunya beroperasi di sektor Air serta Maritim.

" Kami suka ketahui kalau bidang air Belanda berkemauan untuk memperluas kerja sama juga dengan Indonesia dalam soal proses rencana 'Membangun Dengan Alam' ini. Kami mengharapkan bidang air Belanda juga akan mengimplementasikan prinsip-prinsip keberlanjutan serta keterlibatan pemangku kebutuhan di negara-negara beda, " kata Koordinator Program dari Wetlands International, Femke Tonneijck pada Republika, Rabu (23/11).

Wetlands International serta Konsorsium Ecoshape bekerja bersama dengan Kementerian Kelautan serta Perikanan (KKP), dan Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat di Demak menggerakkan program ini. Semua partner Belanda, kata Tonneijk yaitu anggota Konsorsium Ecoshape. Ini yaitu kerja sama multipihak yang Aplikasi pendekatan 'Membangun Dengan Alam' di Indonesia punya potensi diaplikasikan, umpamanya untuk perlindungan pesisir dari banjir. Di Semarang, rencana ini dikaji aplikasinya untuk pengelolaan pesisir serta air di lokasi pedesaan serta perkotaan. Maksudnya mewjudkan lokasi pesisir yang searah dengan pembangunan berkepanjangan serta restorasi alami yang mensupport usaha perikanan.

Pesisir pantai utara Jawa menanggung derita karena subsidiensi tempat serta erosi kronis, bahkan juga di lokasi-lokasi jaraknya telah tiga km. ke daratan. Banyak tempat tergerus serta tanahnya terikut air laut.

Hal tersebut dipicu hilangnya pelindung alami, berpa rimba mangrove karena konversinya untuk budidaya perikanan serta infrastruktur pesisir. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruangan Laut KKP, Brahmantya Satyamurti Poerwadi menyebutkan rencana 'Membangun Dengan Alam' ini dapat menyeimbangkan kebermanfaatan ekosistem dengan berkepanjangan di satu bagian serta proses pembangunan di bagian yang lain.

" Di Indonesia rencana ini diterapkan untuk menangani erosi pesisir, serta menjaga populasi ikan juga budidaya perikanan, " katanya.

Belanda sendiri telah mengaplikasikan rencana serpa mulai sejak 2008 di beberapa project, seperti Sand Engine, Room for the River dan sebagian yang lain di kota-kota seperti Dordrecht serta Rotterdam. Pengelolaan pesisir hadapi tantangan untuk menyesuaikan kebutuhan pembangunan ekonomi serta perlindungan lingkungan.
0
34 Perpres Pengganti "Full Day School" Terbit Awal September
 Ketentuan Presiden (Perpres) mengenai Penguatan Ciri-khas yang juga akan menukar Ketentuan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan masalah kebijakan sekolah lima hari juga akan terbit pada awal September yang akan datang.

Hal tersebut di sampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan Didik Sunardi, di Jakarta, Jumat, (18/8/2017). " Perpresnya Insya Allah September awal (keluar) " kata Didik.

Sekarang ini, Perpres itu masih tetap selalu digodok Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia serta Kebudayaan dengan Kemendikbud, Kementerian Hukum serta HAM, dan Kementerian Sekretaris Negara.

" Senin di Kemenkumham harmonisasi, umumnya digodok sekian hari dahulu. Jadi tidak lama sekali lagi Insya Allah (di keluarkan), " kata Didik.

Terdapat banyak perubahan pada isi perpres. Tetapi, ia malas memaparkannya dengan detail.

" Isi perpres ya penguatan pendidikan ciri-khas. Yang pasti mengakomodasi sebagian aktivitas yang saat ini telah berada di lapangan. Jadi sekalipun untuk tidak mematikan beberapa aktivitas yang ada, " kata Didik.

Didik menyebutkan, berkaitan lama saat belajar dalam satu pekan dikembalikan sekali lagi ke sekolah.

" Jadi yang ingin 5 hari silahkan, 6 hari juga silahkan. Jadi, dua-duanya bisa, " kata Didik.

Terlebih dulu, Presiden Joko Widodo menyebutkan, ia juga akan selekasnya menerbitkan Ketentuan Presiden (Perpres) mengenai Penguatan Ciri-khas.

Perpres ini juga akan menukar Ketentuan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan masalah kebijakan sekolah lima hari.

Jokowi mengatakan, dalam Perpres itu, tak ada kewajiban untuk sekolah untuk mengaplikasikan sekolah lima hari satu pekan atau delapan jam satu hari.

Menurut Jokowi, pemerintah mengerti ada streaming liga 1 ketidakmerataan sekolah berkaitan kebijakan ini.

Ada sekolah yang telah siap lakukan kebijakan itu, tidak sedikit juga yang belum juga siap mengaplikasikannya.

Untuk sekolah yang telah siap, dapat menggerakkan kebijakan lima hari sekolah. Sesaat, untuk yang belum juga siap, diijinkan untuk tidak mengaplikasikannya.

Tentang kapan Perpres itu juga akan di keluarkan, Jokowi melempar keterangan rincinya untuk di tanyakan pada Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
0
35 Walikota Semarang Salut Semangat Berkurban Masyarakat
Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengaku salud atas semangat kurban warganya. Hal ini didasarkan pada gambaran perayaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban tahun ini yang semarak di mana pun pelosok Kota Semarang.

"Semoga semangat ini selalu mendasari pribadi warga Kota Semarang. Sehingga dengan penanaman jiwa ikhlas akan mempengaruhi semangat membangun Kota Semarang dengan keikhlasan pula", ungkap Walikota Semarang usai melaksanakan salat Id di halaman Balaikota Semarang, Jumat (1/9/2017).

Secara pribadi maupun kedinasan sebagai Walikota Semarang, Hendi, panggilan akrab Hendrar Prihadi menyatakan terima kasihnya kepada seluruh asyarakat Kota Semarang yang telah menunjukkan solidaritas dan dedikasinya dalam membangun Kota Semarang. Semarang bisa berbenah hingga seperti sekarang menjadi perhatian orang, menurutnya juga berkat perjuangan yang dilandasi semangat berkurban dan ikhlas. Karena itu, Hendi meminta agar hal tersebut terus dipupuk dan ditingkatkan.

Semarang yang belum lama ini juga meraih prestasi diantaranya Adipura sangat bergantung kepada warga masyarakatnya. Menurutnya, doa akhir dan awal tahun warga sangat mengerti pemerintah dalam mengatur dan merencanakan pembangunan. Oleh karena itu dukungan warga masyarakat, bahkan dengan pengorbanan yang tidak sedikit terbukti telah menghasilkan prestasi seperti yang telah dicapai.

Guru Besar UIN Walisongo Semarang Prof Dr KH Ahmad Rofiq MA selaku khatib Salat Id di Balaikota Semarang menekankan perlunya umat Islam memaknai pesan spiritual Hari Raya Haji atau idul Adha.
0
36 Mengeluh kelangkaan air bersih waktu musim kemarau
Beberapa ratus warga yang menetap di Kelurahan Deliksari, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang nyaris setiap th. mengeluh kelangkaan air bersih waktu musim kemarau.

Pada th. ini, kekeringan kembali berlangsung. Untuk memperoleh air, warga mesti merogoh kocek Rp 2. 000 per jerigen. Warga harus juga antre atau bergiliran dengan warga RT beda untuk memperoleh jatah air bersih.

Daryati, satu diantara warga Deliksari menyebutkan, kekeringan di wilayahnya telah berjalan sebagian bulan paling akhir. Parahnya, kekeringan ini berlangsung tiap-tiap th.. Hal semacam ini karena sebab pipa saluran PDAM tidak kunjung dipasang.

Warga yang berusaha mengebor tanah senantiasa tidak berhasil karena tidak memperoleh sumber air. " Saat kemarau gini. Kita beli Rp 8. 000 setiap hari, " ucapnya, Kamis (7/9/2017).

Daryati dengan beberapa puluh warga yang sholat dhuha lain juga tampak membawa ember untuk isi air. Sesudah terisi, mereka memanggulnya kedalam tempat tinggal.

Sampai kini, sambung Daryati, warga menggantungkan air bersih dari air sendang atau kolam di pegunungan. Tetapi waktu musim kemarau, air sendang menipis. Debet air tandon automatis menyusut hingga berimbas pada penggiliran pengambilan air.

" Pipa PDAM telah ada, namun air belum juga disalurkan kesini, " katanya.

Untuk menangani kekurangan ini, Pemerintah Kota Semarang kirim satu tangki air bersih setiap hari. Tangki disalurkan ke tandon untuk lalu diberikan ke warga sekitaran.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan, banyak daerah di Semarang sekarang ini mulai kekeringan air. Ada dua kelurahan di Kota Semarang terdaftar alami kekurangan air yakni Kelurahan Deliksari serta Rowosari, Kecamatan Tembalang.

Pada warga di dua kelurahan itu, Hendrar memberikan instruksi jajarannya untuk kirim tangki air setiap hari.

" Sebagian tempat alami kesusahan air karna kemarau. Saya minta saat ada permintaan warga supaya di kirim gratis. Deliksari setiap hari didrop air hingga keadaan normal. Rowosari juga sekali lagi didrop. Hari ini baru dua (kelurahan), mudah-mudahan tidak lebih, " tuturnya.
0
37 Pegiat Sejarah Kecewa Gedung Bekas Tan Malaka Tak Boleh Dipakai
Komune Pegiat Histori (KPS) Kota Semarang menyayangkan sikap Yayasan Balai Muslimin (Yabami) yang melarang pengunaan gedung sisa tempat Tan Malaka mengajar. Gedung punya Sarekat Islam (SI) yang sudah diputuskan jadi cagar budaya itu terlebih dulu pernah mangkrak, tetapi direvitalisasi oleh Pemerintah Propinsi Jawa Tengah pada 2015.

“Saya meyayangkan. Dahulu pernah mangkrak, kami kemukakan diselamatkan serta memperoleh kepedulian pemerintah. Saat ini jadi dilarang memakai, ” kata aktivis Komune Pegiat Histori Kota Semarang, Yunantyo Adi, Rabu 13 September 2017.

Yunantyo menilainya Yayasan Balai Muslimin sebagai penerima wakaf gedung yang dahulu dibuat Sarekat Islam pada masa cultuurstelsel harga tv led samsung serta masuknya industrialiasi di Semarang itu berniat diterlantarkan. Larangan pemakaian gedung juga tertulis di pintu masuk.

Larangan pemakaian sisa tempat Tan Malaka mengajar itu di posting Rukardi, aktivis KPS, baru saja ini. Tulisan yang diperlengkapi photo itu menyebabkan memprotes. “Ini dibuat memakai uang iuran serta sumbangan material dari beberapa buruh, petani, pedagang pasar, pegawai kecil, kusir dokar, babu, jongos, dan unsur rakyat jelata beda, ” kata Rukardi.

Menurutnya gedung Sarekat Islam dahulu menjelma jadi tempat tinggal gerakan yang bergemuruh. Tempat tinggal yang melahirkan pemimpin-pemimpin muda pemberani, yang gencar memperlancar perlawanan harga tiket pesawat lion air pada pemerintah kolonial. “Tapi saat ini, gedung tua yang sudah dikonservasi dengan biaya Rp 600 juta ini tampak sepi. Bukanlah karena tidak ada sekali lagi yang perduli, namun karna... Ah, silahkan baca pengumuman tersebut, ” catat Rukardi.

Pengelola Yayasan Balai Muslimin, Rifki Hasan Muslim, engan komentar waktu disuruhi konfirmasi Tempo. Penyebabnya, dia terasa tidak memiliki hak komentar pada larangan pemakaian gedung itu. “Saya tidak memiliki hak komentar, silahkan hubungi pengurus beda, ” kata Rifki.

Sikap yang sama saja di sampaikan oleh pengurus beda, Sjamsudin Hamidy. Ia ogah menerangkan argumen penutupan gedung wakaf dari penguasa darurat perang selesai meletusnya tragedi berdarah 1965 itu.
0
38 Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Harga Emas Naik
Harga emas turun nyaris 1 % ke tempat paling rendah dalam empat minggu paling akhir pada session perdagangan Jumat (22/9/2017) kemarin.

Harga emas tertekan cukup dalam sesudah ada tanda kenaikan suku bunga referensi The Fed pada Desember kelak.

Research Officer PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang, Puja Purbaya Sakti, menyebutkan kenaikan suku bunga berikan dorongan pada harga emas untuk tetaplah melanjutkan penguatan.

" Demikian sebaliknya, apabila kurs dolar AS menguat jadi juga akan menghimpit laju logam mulia termasuk juga emas untuk naik sekali lagi, " kata Purbaya, Senin (25/9/2017).

Dari sisi pasar komoditi dunia nama nama bayi kembali naiknya harga minyak mentah dunia sebesar 0, 09 % berikan tanda positif untuk emas untuk kembali menguat.

Mengenai harga emas batangan PT Bermacam Tambang (Antam) di Semarang turun tidak tebal pada Senin (25/9/2017) ini.

Harga terdaftar di angka Rp 618 ribu per gr, turun Rp 1. 000 dibanding Sabtu (23/9/2017) yang ditutup dengan harga Rp 619 ribu per gr.

Harga pembelian kembali (buyback) emas Antam di Semarang terdaftar Rp 568. 100 per gr.

Marketing Representative Butik nama bayi islami dan artinya lengkap Emas Logam Mulia (BELM) Semarang, Amir Kusmana, menyebutkan harga emas Antam ikuti harga emas dunia.

Diluar itu, harga juga sesuaikan keadaan paling baru nilai ganti rupiah pada dolar AS.

" Aspek politik serta perekonomian global juga memengaruhi ada penurunan ataupun kenaikan harga. Jadi sehari-hari beralih, " tuturnya.
0
39 Pembangunan Jalan Tol Semarang-Batang Sudah Capai 40 Persen
Sistem pembangunan Jalan Tol Semarang-Batang keseluruhannya telah menjangkau 40 %. Untuk pembebasan tempat, telah menjangkau 96 % tanah yang telah dibebaskan, bekasnya adalah tanah wakaf atau bangunan sekolah.

" Saat ini telah menjangkau 40 % keseluruhan keseluruhannya dari Batang hingga Semarang. Kita berharap, seperti barusan Pak Presiden berikan, akhir th. 2018 kita mesti telah operasi, " tutur Direktur Paling utama PT Layanan Marga Semarang-Batang Saut Situmorang di Gerbang Tol Salatiga, Jawa Tengah, Senin (25/9).

Menurut dia, presentase sistem pembangunan itu masih tetap on the trek. Bahkan juga, lebih cepat tiga % dari yang semestinya. Ia mengatakan, sebelumnya lebaran th. depan, semestinya jalan tol ini telah dapat dipakai jadi jalan tol fungsional.

" Lebih cepat jadi, harusnya 37 %. Sebelumnya lebaran mudik semestinya telah dapat, berarti bukanlah seperti tempo hari ya yang betonnya sesuai sama itu, namun telah dapat rigid walau belum juga lengkap operasionalnya, " kata Saut.

Ia menerangkan, sampai September pertengahan ini, sistem yalla shoot pengadaan tanah Jalan Tol Semarang-Batang telah menjangkau 96 %. Bekasnya, empat %, terbagi dalam tanah wakaf serta bangunan-bangunan sekolah yang perlu bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) serta Dinas Pendidikan.

" Empat prosentasenya itu terbagi dalam tanah wakaf, umpamanya mushola, masjid, makam, serta madrasah. Itu kan tanah-tanah wakaf yang perlu ada kesepakatan dari Kemenag. Lalu ada sekolah-sekolah yang perlu koordinasi dengan dinas pendidikan propinsi, kabupaten, atau kota, " tutur dia.

Sistem perbincangan tentang tanah wakaf itu selalu dikerjakan oleh pihak Saut. Tanah pengganti tanah wakaf itu telah ada, sekarang ini, pihaknya telah megajukan pada Kemenag untuk kesepakatan tanah pengganti itu.

" Nah, sistem itu yang tengah berjalan, tanah penggantinya di setujui atau tidak. Pasti tidak segera, namun kan melalui sistem dahulu, " kata dia.

Saut sebenarnya menginginkan akhir September ini sistem pembebasan tempat itu telah usai. Namun, lihat akhirnya, ia menilainya mungkin saja juga akan usai 100 % pada akhir Desember kelak.

" Saya sangka bertahap, 100 prosentasenya kelak di Desember. Namun ini tidak mengganggu pelaksanaan main roadnya, " tutur dia.

Tanah-tanah yang belum juga dibebaskan barusan, menurut Saut, menyebar di selama jalan tol itu. Namun, paling terdapat banyak di lokasi Kendal, Jawa Tengah. Ada banyak spot yang perlu diperlebar sekali lagi lahannya.

" Ini kan kita berencana, mendasain, serta konstruksinya itu jalan berbarengan. Nah, ini ada penambahan yang harus kita lepaskan juga, " kata dia.
0
40 Jadwal Mati Lampu di Kota Semarang dan Solo Hari Ini
Berikut agenda pemadaman listrik bergilir di sejumlah titik di kawasan PLN Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Kamis (28/9/2017).

1. PLN wilayah Kota Semarang Rayon Semarang Tengah : Jl. Petek, Purwosari Perbalan, Kakap, Purwogondo, Darat Lasimin, Dorang, doa sebelum tidur Kerapu, Boom lama dan sekitarnya. ( pemadaman dilakukan mulai pukul 09-16.00)

2. PLN Rayon Semarang Selatan: Komplek perumahan bukit sari ( Bukit Kahayaan, Bukit Putri, Bukit Kencana, Bukit Kartika, Bukit Sakti, Bukit Kopi, Bukit Merapi), Perum Citra Garden, dan sekitarnya. (09.00-16.00).

3. PLN wilayah Solo Raya Rayon Karanganyar:
Kel Bejen, Kel Tegalgede, Jln Lawu (Makam Pahlawan ke Timur) pukul (09.00-16.00).
0
41 Hasil Pertandingan Persita Tangerang vs PSIS Semarang Selesai 0-3
 Hasil kompetisi sesi 16 besar Liga 2 Group B pada Persita Tangerang vs PSIS Semarang di Stadion Singaperbangsa Karawang, pada Jumat (29/9/2017) selesai dengan score 0-3.

PSIS tampak menghimpit mulai sejak sesi pertama dengan mengerahkan empat penyerang sekalian Hari Nur, Melcior Majefat, Rifal Lastori, serta Sholihul Islam. Kiat racikan Subangkit ini berhasil, PSIS membuat kesempatan selama 15 menit sesi pertama.

Di menit ke-20, Ahmad Agung berhasil cetak gol ke gawang Persita. Gol berawal dari sepakan bebas dari Taufik. Bola memantul dari tiang serta pada akhirnya disambar oleh Agung, Duet pada Ahmad Agung serta Ruud Gullid di lini tengah berhasil membongkar pertahanan Persita Tangerang. Tetapi sampai sesi pertama selesai, score 0-1 untuk kemenangan PSIS.

Di sesi ke-2 Majefat buat kesempatan emas di menit ke-57 sesudah memperoleh umpang silang dari Hari Nur Yulianto. Majefat yang tinggal bertemu dengan penjaga gawang tidak berhasil memakai umpan masak itu jadi gol.

Gawang PSIS Semarang juga hampir dibobol Egy Melgiansyah di menit di menit ke-64, bola melebar tidak tebal di bagian kiri gawang Aji Bayu, Tiga menit berselang, PSIS menaikkan gol ke-2 lewat sepakan voli Rifal Lastori. puasa senin kamis Bola tentang tiang serta begulir melalui garis, Unggul dua gol, pelatih Subangkit selalu menaikkan daya serang. Hari Nur ditarik keluar serta digantikan dengan penyerang Albi Lanju.

Kiat tidak untuk mengendurkan serangan ini berhasil. PSIS Semarang menaikkan satu gol sekali lagi lewat Rifal Lastori yang cetak gol keduanya di menit ke-78. Gol berawal dari kecerobohan pemain Persita yang tidak berhasil mengamankan bola. Lastori memakai peluang itu dengan melepas sepakan keras dari pojok sempit.

Dengan kemenangan ini PSIS Semarang memimpin klassemen sesaat Group B dengan koleksi 7 point, unggul selisih point dari Persibat Batang yang menang 1-0 waktu menjamu PSMS pada hari ini.

Jadwal kompetisi setelah itu, 7 Oktober 2017 PSIS juga akan berkunjung ke Medan untuk melawan PSMS.

0
42 Hari Ini, E-Tilang CCTV Mulai Diberlakukan di 26 Persimpangan Kota Semarang
 Aplikasi tilang elektronik atau e-Tilang lewat CCTV di Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai diberlakukan hari ini, 25 September 2017. Ada 26 titik persimpangan sudah terpasang CCTV yang tersambungsi serta dapat dikendalikan segera memakai Automatic Traffic Control Sistem (ATCS) di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang.

Ke-26 titik persimpangan itu mencakup traffic light Krapyak, Kalibanteng, Abdulrahman Saleh, Tugumuda, Kyai Saleh-Pandanaran, MH. Thamrin-Pandanaran, Pahlawan-Polda Jateng, A. Yani-Kimangunsarkoro, Bangkong, Milo, Sam Poo Kong, serta Kaligarang.

Lalu di persimpangan dr. Kariadi, Peterongan, Karangayu, Majapahit (exit Tol Stylemsari), Gajah-Lamper, Majapahit-Supriyadi, Farmawati-Pedurungan, Kelinci, Tlogosari, Terboyo, Mangkang, Jrakah, Tambak Aji-Tugu, serta Soekarno-Hatta.

Pihak kepolisian serta Dishub Kota Semarang sudah lakukan sosialisasi aplikasi program e-Tilang itu mulai sejak 15 September. Kepala Dishub Kota Semarang Mukhammad Khadik menerangkan, Nonton tv online sebelumnya pemberlakuan aplikasi e-Tilang itu, sudah dibicarakan dengan Ditlantas Polda Jateng, Satlantas Polrestabes Semarang, Kejaksaan Negeri Semarang, Pengadilan Negeri Semarang, serta Satpol PP Kota Semarang.

Pemantauan lewat CCTV di 26 titik itu tersambungsi dengan ATCS di Kantor Dishub untuk merekam pelat nomor serta gambar pelanggar jalan raya. " Berdasarkan rekaman itu, Dishub meneruskan data ke Ditlantas dan Satlantas Polrestabes Semarang untuk penindakan. Maksudnya yaitu penambahan menuju terwujudnya budaya teratur jalan raya, " kata Kadishub Kota Semarang Mukhammad Khadik, Senin (25/9/2017).
0
43 Kota Semarang Antisipasi Wabah Difteri
 Hanya satu masalah difteri diketemukan di Semarang, Jawa Tengah pada September kemarin.

" Satu masalah Difteri ini diketemukan pada orang balita di Semarang, " ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KotaSemarang, Widoyono yang di konfirmasi di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (6/12).

Berdasar pada pencarian kisah pasien tersingkap balita pasien itu belum juga sempat memperoleh imunisasi difteri. Balita itu telah pulih sesudah melakukan perawatan dirumah sakit. Setelah itu, s/d minggu pertama Desember ini belumlah ada temuan baru difteri.

" Mudah-mudahan ini jadi hanya satu masalah yang diketemukan di Kota Semarang serta tak ada sekali lagi pasien difteri yang diketemukan sampai akhir th. serta di masa- masa mendatang, " imbuhnya.

Widoyono memberikan, bila di beberapa daerah beda di tanah air keluar peristiwa mengagumkan (KLB) difteri, Kota Semarang masih tetap cukup teratasi. Difteri adalah penyakit infeksi yang dikarenakan bakteri Corynebacterium diphtheria.

Ia juga mengemukakan, Dinkes Kota Semarang sudah memastikan beberapa langkah yang perlu di ambil bila masalah difteri kembali harga hp oppo diketemukan. Saat diketemukan tanda terjangkit penyakit ini, petugas Dinkes juga akan selekasnya lakukan penyelidikan epidemiologi, pengambilan swab tenggorokan kontak dan di kirim ke laboratorium di Yogyakarta untuk uji.

Spesial untuk perlakuannya, petugas Dinkes Kota Semarang juga akan memberi profilaksis pada kontak antibiotik eritromycin sepanjang tujuh hari. Beberapa langkah beda yang dikerjakan yaitu sosialisasi, edukasi dan penyuluhan mengenai difteri lewat service kesehatan orang-orang, pos service terpadu (posyandu) dan lingkungan orang-orang paling kecil.

Dengan klinis tanda penyakit difteri diikuti dengan sakit tenggorokan, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sampai lemas. Dengan khusus, tanda beda yang ikuti pasien tubuhnya merasa panas dingin serta gampang capek.

Waktu bernapas, merasa bising atau napa spendek, waktu berucap serak, otot lemas, ada pembengkakan kelenjar getah bening (pilek), sampai dibagian tenggorokan susah menelan makanan.

Usaha mencegahnya lewat vaksin DTaP. Penyembuhannya umumnya yaitu antibiotik. " Pada umumnya hal itu dikerjakan manfaat menetralisir racun difteri yang berada di pada badan pasien, " terang Widoyono.
0
44 Dengan Aplikasi yang Satu ini Warga Bisa Menghindari Kemacetan di Semarang
 Pengembang aplikasi ini yakni GDTech Indonesia serta Pemkot Semarang baru saja ini lakukan up-date pada 31 Maret 2016 lantas hingga sebagian mal peranan telah terbenahi. Untuk sekarang ini daerah yang dapat terpantau di ATCS Lalin Semarang yakni Abdurahman Saleh, Bangkong, Fatmawati, Kalibanteng Selatan, Kalibanteng Utara, Kaligarang, Karang Ayu, Karyadi, Kelinci, Ki Mangun Sarkoro, Krapyak, Kyai Shaleh-Pandanaran, Lamper-Gajah, Milo, Pasar Stylem, Peterongan, Polda, Soekarno-Hatta, Sam Po Kong, Supriyadi, Thamrin-Pandanaran, serta Tugu Muda.

Dalam keterangan aplikasi di Play Store, ATCS atau Ruang Traffic Control Sistem adalah aplikasi yang di buat untuk menolong pemakai jalan memonitor jalan raya hingga terlepas dari kemacetan. Pembuatnya juga berjanji selalu meningkatkan aplikasi itu termasuk juga menaikkan titik awasi.

Langkah mengaksesnya juga cukup gampang yakni cukup buka aplikasi serta tekan tombol " streaming click disini ", lalu tentukan persimpangan mana yang juga akan di awasi lantas click Play Video. Tunggulah sebagian waktu jadi pemakai dapat lihat kondisi jalan raya terbaru.

" Targetnya sudah pasti kalau inovasi-inovasi di Kota Semarang ini betul-betul bisa jalan untuk menolong orang-orang, tidak cuma jadi pelengkap saja, " kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Bila warga dapat memonitor lewat smartphone, jadi pihak berwajib dalam hal semacam ini Dishubkominfo Kota Semarang memonitor di control room di kantor Dishubkominfo Kota Semarang. Ruang itu diisi banyak monitor yang menghadirkan satu persatu live streaming CCTV.

Dishubkominfo Kota Semarang juga bekerja bersama dengan pihak beda yakni Dinas Sosial serta Satpol PP setempat dalam pemafaatan control room. Jadi umpamanya tampak ada pengamen, gelandangan, serta orang terlantar (PGOT), harga ban mobil jadi Dishubkominfo juga akan bekerjasama dengan Satpol PP serta Dinsos lewat Handy Talky.

" Saat semuanya system baik itu system kerja, pelaporan, pengendalian serta beda sebagainya sudah teruji serta dapat dibuktikan betul-betul jalan, jadi akan tidak ada sekali lagi yang di kuatirkan, karna semuanya telah on the right trek, " terang Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu.

Terkecuali di kantor Dishubkominfo Kota Semarang, nyatanya control room ada juga di gedung Pusat Info Umum (PIP) yang ada di kompleks Balai Kota Semarang persisnya di lantai dua. Menurut Hendi hal tersebut untuk pengaturan kota serta pembenahan system kerja yang tambah baik di Kota Samarang, terlebih dianya sempat peroleh Socrates Award 2014 jadi satu diantara Wali Kota Paling baik Dunia hingga mesti memegang prinsip.

Disamping itu Kepala Dishubkominfo Kota Semarang, Agus Harmunanto menyebutkan kehadiran CCTV selalu berkembang karna direncanakan sejumlah 200 camera.
0
45 Ini Daerah Rawan Bencana di Semarang yang Rawan Banjir dan Longsor
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi keluarkan surat edaran siaga bencana banjir serta longsor yang berlaku mulai 20 Juni sampai 19 Juli 2016. Langkah ini berkaitan tingginya curah hujan di Jawa Tengah, terutama di Kota Semarang.

Kepala Sisi Humas Pemkot Semarang Achyani menyebutkan, surat edaran itu di tandatangani pada 20 Juni 2016. Surat itu mengingatkan semua camat serta lurah untuk tingkatkan kewaspadaan serta menghadapi semua peluang terjadinya bencana.

" Langkah mencegah, kesiapsiagaan, serta antisipasi ini membuat perlindungan orang-orang dari bencana alam di wilayahnya semasing. Pemetaan lokasi riskan bencana yang telah dikerjakan supaya betul-betul dipahami oleh orang-orang untuk kewaspadaan, " kata Yani seperti diambil Tribun Jateng, Kamis (23/6/2016).

Camat serta lurah disuruh mengemukakan sosialisasi pada orang-orang yang tinggal di daerah riskan terjadinya bencana alam.

Beberapa pamong disuruh selekasnya lakukan mitigasi bencana serta ambil langkah menyelamatkan warga orang-orang, supaya jangan pernah ada korban jiwa.

Titik-titik evakuasi serta tempat penampungan korban bencana di semasing kelurahan riskan bencana supaya tv online indonesia dikerjakan pengecekan tentang kesiapannya. Untuk orang-orang yang lihat atau terserang bencana alam supaya menghubungi Posko BPBD Kota Semarang (024) 6730212, " kata Yani.

Berdasar pada data BPBD Kota Semarang, daerah riskan banjir mencakup Kecamatan Tugu, Semarang Barat, Semarang Timur, Semarang Utara, Semarang Tengah, Pedurungan, serta Stylemsari.

Mengenai daerah riskan longsor mencakup daerah tersebut :
- Kecamatan Gunungpati : Gunungpati, Nongkosawit, Sekaran, Sadeng, Sukorejo, Kandri, Pongangan, serta Kalisegoro
- Kecamatan Banyumanik : Tinjomoyo serta Jabungan
- Kecamatan Semarang Barat : Manyaran, Kembangarum, Bongsari, Gisikdrono
- Kecamatan Gajahmungkur : Gajahmungkur, Bendan Dhuwur, Lempongsari, Kecamatan Ngaliyan mencakup Wonosari, Tambak Aji, Purwoyoso
- Kecamatan Candisari : Tegalsari, Candi, Jomblang, Karanganyar Gunung, sedang Kecamatan Tembalang mencakup Kedungmundu, Tembalang, Sendangguwo, Rowosari.
0